Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ㅤTeleponWhatsappㅤ tokopedia toko lantai kayu shopee toko lantai kayu ☏ Office (022) 6078505

Apa Itu Lantai PU (Polyurethane)? Bandingkan Dengan Epoxy Disini!

Apa Itu Lantai PU Polyurethane

Apa itu lantai PU
- Kemajuan jaman seringkali membuat perkembangan terhadap arsitektur bangunan, tak terlepas dari jenis lantai yang digunakan. Lantai yang dulunya hanya menggunakan tanah sekarang berkembang menjadi beberapa jenis yang memiliki fungsi dan tampilan yang berbeda.

Hal tersebut memang dilakukan oleh manusia untuk membuat lantai memiliki kualitas serta daya tahan yang baik pada sebuah bangunan yang memiliki lalu lintas berbeda seperti rumah, toko, hotel atau industri.

Baca Juga: 5 Alternatif Material lantai Selain Keramik

Jenis lantai yang akan dibahas kali ini adalah lantai PU yang seringkali digunakan pada bangunan industri seluruh dunia. Lantai polyurethane ini banyak menjadi perbincangan orang karena memiliki kualitas yang baik untuk menahan beban berat. 

Penasaran dengan apa itu lantai PU? Berikut ini pembahasannya:

Apa Itu Lantai PU?

Apa Itu Lantai PU Polyurethane

Lantai PU atau singkatan dari Polyurethane ini merupakan jenis lantai beton yang kerap diaplikasikan pada bangunan industri, biasanya ditemukan pada jenis industri tugas berat seperti gudang, logistik, dan manufaktur umum.

Dalam sejarahnya, lantai polyurethane ini merupakan hasil dari pengembangan jenis lantai epoxy yang terlebih dahulu ditemukan. Dahulu lantai epoxy memang dikenal oleh masyarakat industri dalam beberapa waktu, tetapi karena memiliki banyak kekurangan soal kelembapan dan tidak tahan gores maka kepopuleran itu tidak bertahan lama.

Lantai poliuretan hadir dengan inovasi terbaru yang berhasil membuat lantai yang tahan terhadap kelembapan juga lebih tahan gores dari lantai sebelumnya.

Lantai PU atau lantai polyurethane ini memiliki sifat lembut, fleksibel dan tahan terhadap goresan, dan secara umum lantai ini juga dapat meredam benturan yang baik. 

Ketika sebuah bangunan industri tersebut menggunakan kendaraan pengangkut berat, maka pelapis lantai PU ini pasti diandalkan.

Dan karena sifat fleksibelnya itu, lantai PU menjadi pilihan yang baik untuk area yang memiliki pergerakan bangunan seperti tempat parkit multi-toko. Dan fleksibilitasnya ini juga menjadi lapisan kedap air untuk mencegah retakan betot substrat yang dapat menembus lapisan dan muncul pada permukaan.

Keunggulan Lantai PU (Poliuretan)

Lantai Polyurethane Vs Lantai Epoxy

Berikut ini beberapa keunggulan lantai polyurethane yang seringkali membuat orang tertarik untuk menggunakannya untuk bangunan industri mereka:

1. Tahan terhadap perubahan suhu ekstrim

Ketika perubahan suhu ekstrim terjadi pada suatu bangunan merupakan kegiatan yang normal dan menjadi bagian dari oprasional maka lantai PU sangat baik untuk digunakan.

Lantai polyurethane ini dapat bertahan dengan baik dengan perubahan suhu secara ekstrim tersebut. Kemampuan yang dimiliki lantai ini memang dapat mengembang dan berkontraksi pada tingkatan sama dengan substrat beton.

2. Tahan dengan kondisi lembab

Jenis lantai poliuretan ini sangat baik untuk beradaptasi dengan kelembaban. Bahkan dengan tingkat kelembaban yang tinggi, jenis lantai lain mungkin tidak akan bertahan, namun tidak dengan lantai PU.

Untuk bangunan dengan aktivitas yang berkaitan dengan air, jenis lantai ini meungkin akan menjadi rekomendasi yang baik.

3. Memiliki beragam variasi yang dapat disesuaikan

Lantai poliuretan tersedia dalam banyak pilihan yang dapat disesuaikan dan dekoratif tentunya, anda dapat menentukan sendiri bagaimana tampilan permukaan dan menyesuaikannya dengan ruangan.

Untuk solusi terbaik dalam hal ini, anda perlu menggunakan jasa lantai beton yang profesional dan berpengalaman.

Perbandingan Lantai PU (Polyurethane) Vs Lantai EP (Epoxy)

Lantai Polyurethane Vs Lantai Epoxy

Meskipun lantai epoxy sudah tidak sepopuler dulu sebelum ada lantai polyurethane, tetapi masih banyak orang yang tetap menggunakannya karena ada beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh lantai poliuretan.

Kedua jenis lantai ini memang unik dan menarik, memiliki keunggulan yang sebanding namun berbeda pada fungsinya.

Secara garis umum, pelais lantai epoxy memiliki daya rekat yang lebih baik dan tahan kimia jika dibandingkan dengan pelapis lantai poliuretan. Keduanya memiliki ketahanan terhadap lecet namun untuk urusan goresan, lantai poluretan lebih baik daripada lantai epoxy.

Selain itu, lantai polyurethane menawarkan ketahanan yang lebih baik terhadap efek dari sinar UV.

Material lantai beton polyurethane biasanya lebih cepat kering daripada lantai epoxy, jika waktu pengerjaan ingin lebih cepat, lantai polyurethane dapat menjadi pilihan yang lebih baik.

Karena lantai PU memiliki sifat yang lebih lembut, membuatnya kurang baik dalam menahan kuat tekan yang tinggi daripada lantai epoxy.

Kesimpulan

Ketika seseorang bertanya; Jadi, mana yang lebih baik digunakan? Jawabannya adalah gunakan kedua jenis lantai tersebut dalam lapisan yang sama untuk mendapatkan kinerja maksimal. Lantai epoxy dapat menjadi lapisan pertama lantai anda dan kemudian gunakan lantai polyurethande sebagai pelapis bening untuk melindunginya.

Namun jika anda memiliki budget terbata, gunakan lantai polyurethane yang memang sedari awal memang jenis lantai yang terbuat dari hasil pengembangan lantai sebelumnya, yaitu epoxy. Lantai PU diyakini memiliki karakteristik yang lebih baik.

***

Demikian informasi mengenai, apa itu lantai PU. Semoga semua informasi didalamnya dapat menjadi wawasan baru untuk semua pembaca.

Untuk anda yang membutuhkan informasi mengenai lantai kayu dari harga, jenis hingga biaya pasang dapat berkonsultasi bersama marketing kami secara gratis disini 0821-4444-8887

OUR PRODUCK

Untuk Informasi atau Pemesanan Produk, bisa langsung menghubungi team marketing kami Nurwahid ✆ 0821-4444-8887 Chat Via WA ☎ (021) 5397273

Lantai kayu jati

Lantai Kayu Jati

salah satu produk Lantai Kayu yang terpopuler karena tingkat keawetan serta keindahan serat yang dimiliki, Harga Lantai Kayu jati mulai Rp 220.000,- per meter persegi Selengkapnya

Lantai kayu Merbau

Lantai kayu Merbau

Memiliki serat kayu minimalis dan tegas, memiliki tingkat keawetan yang sangat baik, cocok untuk gunakan untuk rumah rumah modern. Harga Lantai Kayu merbau mulai Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Vinyl

Lantai kayu Vinyl

Kelebihan Lantai Kayu Vinyl adalah sisitem pemasangan yang simple, serta biaya pasang yang murah, salah satu alternatif lantai kayu murah, Harga Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Kayu Laminated

Lantai kayu Laminated

Ragam corak Lantai Kayu Laminated banyak pilihan, bisa di bongkar pasang, cocok untuk penggunaan untuk apartement, pemasangannya mudah dan cepat. Harga Rp 210.000,-/ per meter persegi. Selengkapnya

Decking bengkirai

Decking kayu Bengkirai

Di luar negri di kenal dengan yellow ballau, penggunaan untuk area outdoor, memiliki sifat tahan terhadap kebusukan serta terpaan air hujan langsung. Harga Mulai Rp 380.000,- /meter persegi. Selengkapnya

Decking Ulin

Decking kayu Ulin

Termasuk 10 jenis Kayu terkuat di dunia, tingkat keawetan bisa seumur hidup.Apabila terkena air dalam jangka waktu lama, struktur kayu makin padat, tidak akan terjadi pembusukan. Harga Mulai Rp 730.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Decking Merbau

Decking kayu merbau

Kayu merbau memiliki karakteristik yang tahan untuk penempatan area outdoor, tidak perlu khawatir, meskipun terkena panas dan hujan langsung kayu akan rusak. Harga Decking kayu Merbau Mulai Rp 430.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Plafon kayu

Plafon kayu Lumberceiling

Selain untuk Plafon kayu, bisa juga digunakan untuk bahan dinding kayu, tersedia dari bahan kayu Bengirai dan bahan kayu Ulin. Harga mulai Rp 280.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Papan tangga Merbau

Papan tangga kayu Merbau

Ukuran telah di sesuaikan dengan tandar ukuran tangga, bisa custom ukuran.Tersedia papan tangga tanpa sambung dan sambung 2 layer, serta pilihan papan tangga polos atau dengan antislip. Harga mulai Rp 200.000,-/Pcs. Selengkapnya

London

Papan tangga kayu Jati

Papan tangga kayu jati salah satu produk yang cukup sulit, Karena ketersediaan bahan baku yang semakin susah. untuk pemesanan papan tangga jati tanpa sambung indent 1 bulan. Harga mulai Rp 400.000,-/Pcs. Selengkapnya

Produk Berkualitas, dan Bergaransi.Layanan pemesanan untuk seluruh wilayah Indonesia.