Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

☏ Office (022) 6078505 / (021) 5307273 ✆ Mobile 082144448887 Chat Via WA Klik disini

Mengenal Istilah PARKET, FLOORING, LAMINATED pada Lantai Kayu

apa itu parket, flooring, laminate kayu
Apa itu parket, flooring, laminate? - Pada saat ingin membeli bahan bangunan rumah, khususnya untuk lantai kayu, kita akan melihat banyak nama jenis produk yang berbeda.

Orang awam pasti akan jarang sekali mendengarnya. Setiap jenis produk lantai kayu dibedakan dengan istilah parket, flooring dan laminated.

Jika nama produk tersebut membuat anda bingung, kali ini kita akan sedikit membedah penjelasan dan arti dari parket, laminated, flooring pada lantai kayu.

Parket

apa itu parket

Parket merupakan nama lain dari lantai kayu, orang lain sering menyebut lantai kayu dengan nama parket, parquet, parkit dan sejenisnya.

Parket kayu ini terbuat dari olahan kayu yang di bentuk dan di pres sedemikian rupa hingga membentuk kepingan-kepingan kayu yang di susun untuk dijadikan alas lantai.

Baca artikel populer terkait : Ragam Produk Parket Terlengkap 

Flooring 

apa itu flooring

Tidak berbeda jauh dengan parket, flooring kayu ini sering digunakan untuk penamaan lantai kayu yang berukuran lebih besar dari parket. 

Setiap perusahaan lantai kayu memiliki kriteria tersendiri dalam menggunakan penamaan produk lantai kayunya. Perbedaan ukuran dari flooring dan parket akan dijelaskan dibawah.

Flooring sendiri diambil dari bahasa inggris yaitu floor (lantai), biasanya pada lantai kayu sering menggunakan penamaan Wood Flooring, Flooring Kayu, dan lainnya.

Laminated

laminate flooring

Laminate merupakan jenis lantai kayu yang materialnya tiruan dari lantai kayu solid.

Dimana lantai kayu solid terbuat dari kayu asli, sedangkan laminated flooring merupakan jenis lantai kayu yang terbuat dari serbuk kayu.

Bukan sembarang serbuk kayu yang digunakan, melainkan jenis serbuk kayu yang dikategorikan kedalam HDF (High Density Fiberboard).

HDF merupakan jenis serbuk kayu yang memiliki kualitas terbaik dari ketiga jenis jenis kayu yang berbeda (LDF, MDF, HDF).

Laminate memiliki ketebalan yang berbeda dengan lantai kayu solid, ketebalan yang dimiliki laminate flooring ini lebih tipis dari parket ataupun flooring.

Apa bedanya Parket dengan Flooring ?

perbedaan parket dan flooring

Jika anda sering berkunjung ke situs kami lalu banyak melihat nama produk parket dan flooring dalam list yang sama terkhusus pada daftar produk kami.

Sebetulnya nama parket dan flooring ini untuk mempermudah saja membedakan antara lantai kayu berukuran kecil dan ukuran besar.

Untuk ukuran lantai kayu 1,2 x 5 x panjang 20-25 dan 30 cm kita menyebutnya parket, untuk lantai kayu berukuran 1,5 x 9 x 30-90 cm kita menyebutnya flooring, dan untuk lantai kayu berukuran 1,2 x 7 x 30-90 cm kita menyebutnya mini flooring.

Untuk lebih jelasnya lihat tabel berikut :
Ukuran Produk Kategori
1,2 x 5 x 20-30 cm Parket
1,5 x 9 x 30-90 cm Flooring
1,2 x 7 30-90 cm Mini Flooring

Pertanyaan Terkait...

1. Apa bedanya jati, merbau, sonokeling pada lantai kayu?

perbedaan jati, merbau dan sonokeling pada lantai kayu

Kayu jati warnanya kuning kecoklatan dengan serat kembang, kayu merbau warnanya kemerahan dengan serat garis kecil-kecil. Kayu sonokeling warnanya hitam dengan serat mirip jati.

Ketiganya termasuk dalam kategori kayu berkualitas tinggi juga kayu keras (hard wood) tahan lama dan tahan rayap.

Kayu sonokeling paling mahal karena termasuk kayu hutan dan susah didapat. Kayu jati harganya di bawah Sonokeling karena mudah didapat dan banyak yang membudi dayakan. Sedangkan kayu merbau, kualitas dan ketahanannya sama dengan dua jenis diatas, hanya harganya lebih murah karena tampilannya tidak sebagus Jati dan sonokeling.

2. Apa yang di maksud dengan jati Grade A, B dan C?

perbedaan jati grade a, b dan c

Jenis Kayu jati ini memang cukup unik karena dibedakan menjadi beberapa Grade, yaitu A, B dan C.

Grade A merupakan jenis kayu Jati kualitas terbaik dengan serat paling padat dan warna coklat,

Grade B kualitasnya menengah dengan serat lumayan padat dan warnanya mulai tercampur coklat cerah

Grade C dengan kualitas terendah dibandingkan kayu Jati A atau B dengan serat mulai kurang padat dan warna dominan coklat cerah.

3. Apakah kayu ini ada kemungkinan kena rayap?

lantai kayu rayap

Untuk Jenis kayu keras kelas 1 seperti jati, Merbau, kayu besi/ulin, atau sonokeling. rata-rata didalam kayu tersebut terdapat senyawa tektikuinon, sebagai senyawa anti rayap, sehingga dalam pemakaiannya bisa tahan lama, bahkan bisa berumur ratusan tahun.

Bisa kita lihat kalau di daerah kalimantan banyak jembatan yang terbuat dari kayu ulin,dan umurnya sudah ratusan tahun. Dan bisa kita lihat juga seperti bantalan kereta api, sampai sekarang di beberapa titik masih menggunakan bantalan dari kayu.

Sedangkan untuk jenis lantai kayu laminated, rata-rata menggunakan bahan anti rayap buatan, dan ini sifat pemakaiannya temporer.



OUR PRODUCK

Untuk Informasi atau Pemesanan Produk, bisa langsung menghubungi team marketing di Tisna Nugraha ✆ 0821-4444-8887 Chat Via WA ☎ (021) 5397273

Lantai kayu jati

Lantai Kayu Jati

salah satu produk Lantai Kayu yang terpopuler karena tingkat keawetan serta keindahan serat yang dimiliki, Harga Lantai Kayu jati mulai Rp 220.000,- per meter persegi Selengkapnya

Lantai kayu Merbau

Lantai kayu Merbau

Memiliki serat kayu minimalis dan tegas, memiliki tingkat keawetan yang sangat baik, cocok untuk gunakan untuk rumah rumah modern. Harga Lantai Kayu merbau mulai Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Vinyl

Lantai kayu Vinyl

Kelebihan Lantai Kayu Vinyl adalah sisitem pemasangan yang simple, serta biaya pasang yang murah, salah satu alternatif lantai kayu murah, Harga Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Kayu Laminated

Lantai kayu Laminated

Ragam corak Lantai Kayu Laminated banyak pilihan, bisa di bongkar pasang, cocok untuk penggunaan untuk apartement, pemasangannya mudah dan cepat. Harga Rp 210.000,-/ per meter persegi. Selengkapnya

Decking bengkirai

Decking kayu Bengkirai

Di luar negri di kenal dengan yellow ballau, penggunaan untuk area outdoor, memiliki sifat tahan terhadap kebusukan serta terpaan air hujan langsung. Harga Mulai Rp 380.000,- /meter persegi. Selengkapnya

Decking Ulin

Decking kayu Ulin

Termasuk 10 jenis Kayu terkuat di dunia, tingkat keawetan bisa seumur hidup.Apabila terkena air dalam jangka waktu lama, struktur kayu makin padat, tidak akan terjadi pembusukan. Harga Mulai Rp 730.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Decking Merbau

Decking kayu merbau

Kayu merbau memiliki karakteristik yang tahan untuk penempatan area outdoor, tidak perlu khawatir, meskipun terkena panas dan hujan langsung kayu akan rusak. Harga Decking kayu Merbau Mulai Rp 430.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Plafon kayu

Plafon kayu Lumberceiling

Selain untuk Plafon kayu, bisa juga digunakan untuk bahan dinding kayu, tersedia dari bahan kayu Bengirai dan bahan kayu Ulin. Harga mulai Rp 280.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Papan tangga Merbau

Papan tangga kayu Merbau

Ukuran telah di sesuaikan dengan tandar ukuran tangga, bisa custom ukuran.Tersedia papan tangga tanpa sambung dan sambung 2 layer, serta pilihan papan tangga polos atau dengan antislip. Harga mulai Rp 200.000,-/Pcs. Selengkapnya

London

Papan tangga kayu Jati

Papan tangga kayu jati salah satu produk yang cukup sulit, Karena ketersediaan bahan baku yang semakin susah. untuk pemesanan papan tangga jati tanpa sambung indent 1 bulan. Harga mulai Rp 400.000,-/Pcs. Selengkapnya

Produk Berkualitas, dan Bergaransi.Layanan pemesanan untuk seluruh wilayah Indonesia.