Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

☏ Office (022) 6078505 / (021) 5307273 ✆ Mobile 082144448887 Chat Via WA Klik disini

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Vinyl yang Wajib Diketahui Untuk Pertimbangan!

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Vinyl

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Vinyl - Vinyl adalah jenis lantai kayu sintetis yang paling terkenal karena perawatannya rendah, aman dari air, hemat, dan dapat diandalkan. Vinyl juga memiliki keseimbangan antara kekerasan dan teksturnya, yang berarti akan terasa saat Anda berjalan di atasnya untuk merasakan kenyamanan dibawah kaki. 

Baca Juga: Harga Produk Vinyl Jenis Lantai Praktis dan Berkualitas Tinggi

Selain itu karena kemajuan produsen yang berkembang, vinil saat ini hadir dalam cakupan luas dan berkualitas tinggi, serta finishing yang cantik nan beragam.

Bagaimanapun bagusnya, lantai vinil tetap memiliki kekurangan. Jadi apakah Anda berpikir untuk menggunakan lantai vinyl atau mempertimbangkan hal-hal lain untuk tidak memakai lantai vinyl. 

Dibawah ini kami memberikan informasi mengenai kelebihan dan kekurangan lantai vinyl dari mulai pemasangan hingga pelepasan, sehingga dapat mempertimbangan yang terbaik untuk rumah Anda.

Kelebihan: Lantai vinyl mudah dalam pemasangan

Kemajuan dalam industri lantai vinyl telah membuatnya lebih mudah dipasang oleh diri sendiri. Sementara vinyl dulunya hanya tersedia dalam lembaran besar dan kaku, keramik dan parket saat ini jauh lebih mudah dipasang tanpa menggergaji atau memalu. Sebagian besar merek saat ini menawarkan vinyl dengan perekat. Yang pada dasarnya cukup melepas penutup lem dan menempelkannya pada dasar lantai dengan benar.

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Vinyl

Berikut adalah beberapa contoh pemasangan lantai vinyl

  • Ratakan permukaan dasar (lapisan tempat vinyl akan menempel).
  • Jika Anda ingin memotong lapisan untuk di sesuaikan dengan ruangan, gunakan pisau khusus.
  • Lepaskan penutup perekat dan mulailah memasang lembar vinyl, pastikan lipatan yang rapat di antara vinyl untuk hasil terbaik.
  • Gunakan rol tangan untuk memperkuat ikatan lem setelah setiap papan diletakkan.

Kekurangan: Lantai vinil bisa sulit dilepaskan

Saat lapisan lem vinyl mengeras pada lapisan dasarnya, pasti akan sulit untuk melepasnya. Untungnya, melepaskan lantai vinyl tidak memerlukan alat atau cara yang profesional; semuanya berdasarkan pengetahuan.

  • Bersihkan ruangan dari perabotan dan lepaskan alas tiang.
  • Potong vinyl menjadi strip 12 inci, menggunakan pisau khusus. Tarik secara manual lapisan strip demi strip.
  • Jika masih sulit, gunakan alat pengikis atau paha untuk menghancurkan lem yang mengeras.
  • Untuk menghilangkan semua sisa lem dari lantai, campurkan satu sendok makan cairan pembersih piring ke dalam satu galon air dan oleskan ke lem yang tertinggal. Biarkan selama 30 menit untuk melunakkannya, lalu kikis dengan alat yang tadi disiapkan.

Tip: Gunakan pengering rambut untuk melunakan lem yang membandel, namun cukup lama untuk pengerjaanya.

  • Bersihkan semua puing-puing yang tersisa.

Kelebihan: Lantai vinyl lebih murah

Jika dibandingkan dengan jenis lantai kayu solid seperti parquet, decking, flooring, atau yang lainnya, lantai vinyl memiliki harga yang jauh lebih murah.

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Vinyl

Selain itu, dalam perawatannya lantai vinyl tidak memerlukan alat atau cairan khusus yang dapat memakan biaya berlebih. Hal ini menjadikan vinyl lantai yang murah dan praktis.

Kekurangan: Kualitas vinyl masih diragukan

Terlepas dari kelas "vinyl mewah", kualitasnya beragam, bahkan di antara merek papan atas seperti Vinyl Kendo, Golden Crown. Fokus pada ketebalan dan kontruksi untuk menentukan kualitas.

  • Vinyl memiliki ketebalan mulai dari 2 mm hingga 8+ mm. Vinyl lebih tipis lebih mudah rusak (dari kaki furnitur, misalnya). Vinil yang lebih tebal menawarkan bantalan yang lebih stabil dan berkualitas untuk area yang intens seperti dapur dan lorong.
  • Dalam segi kontruksi, vinyl plank lebih diandalkan dalam kekuatan. Ada beberapa jenis lantai vinyl yang berbeda seperti vinyl roll, vinyl plank, atau vinyl tile. Ketiga jenis vinyl tersebut memiliki kontruksi yang berbeda, seperti pada vinyl roll yang lebih tipis dan berbahan seperti karpet. Dalam hal ini, vinyl plank diandalkan karena memiliki kontruksi yang lebih padat dan daya tahan yang baik terhadap kelembapan dan panas.

Peringatan: Lantai vinyl terbuat dari material PVC yang secara umum diketahui bahan tersebut tidak ramah lingkungan dan dapat membuat kualitas udara yang buruk.

Baca Juga: Daftar Harga Parket, Vinyl, Decking & Jasa Pasang 2022

Kelebihan: Lantai vinil memiliki tampilan visual yang indah dan menarik

Anda mungkin terkejut dengan contoh dari hasil pemasangan yang mencolok dan tidak biasa Anda dapatkan dari lantai lain. Finishing yang berkualitas membuat tampilan vinyl seperti kayu asli, selain itu permukaan dasarnya memiliki tekstur yang ketika di raba akan terasa seperti menentuh permukaan kayu asli.

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Vinyl

Kekurangan: Lantai vinyl dulu dibuat dengan asbestos

Jika vinyl di rumah Anda dibuat pada tahun 1980-an atau sebelumnya, mungkin mengandung asbestos yang telah dikaitkan dengan berbagai penyakit serius, termasuk kanker. Jika lantai Anda dalam kondisi baik (misalnya, tidak ada kerusakan atau goresan di permukaan), asbestos kemungkinan besar tidak akan menimbulkan resiko pada kesehatan. 

Meskipun demikian anda perlu memanggil seseorang yang profesional untuk menguji apakah ada asbestos yang ditemukan, jika memang ada tidak disarankan untuk melepasnya sendiri.

Kelebihan: Lantai vinil memiliki keawetan yang tahan lama jika dirawat dengan tepat

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Vinyl

Memang, lantai vinyl itu keras, tetapi Anda harus merawatnya dengan cermat untuk mempertahankan tampilannya yang indah. Untuk mencegah kerusakan, gunakan keset atau alas di area yang banyak pergerakan berat, dan pasang pelingdung pada kaki furnitur. Saat memindahkan perabotan, gunakan penggeser atau selembar kayu lapis.

Untuk membersihkan vinil, hindari gerusan kasar, bantal gosok, deterjen, lilin, pelarut, dan garam berbau dan segala sesuatu yang dapat membuat kusam dan merusak permukaan. Sebagai penggantinya, pel kering atau vakum untuk menghilangkan debu dan pasir. 

Baca Juga: 5 Alternatif Material lantai Selain Keramik

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan lantai vinyl yang menjadi pro kontra dalam masyarakat untuk mempertimbangkan lantai yang baik untuk rumah mereka.  

Semoga artikel ini menjadi wawasan baru dan selamat menikmati hunian nyaman dari lantai yang cantik dan aman.

OUR PRODUCK

Untuk Informasi atau Pemesanan Produk, bisa langsung menghubungi team marketing di Tisna Nugraha ✆ 0821-4444-8887 Chat Via WA ☎ (021) 5397273

Lantai kayu jati

Lantai Kayu Jati

salah satu produk Lantai Kayu yang terpopuler karena tingkat keawetan serta keindahan serat yang dimiliki, Harga Lantai Kayu jati mulai Rp 220.000,- per meter persegi Selengkapnya

Lantai kayu Merbau

Lantai kayu Merbau

Memiliki serat kayu minimalis dan tegas, memiliki tingkat keawetan yang sangat baik, cocok untuk gunakan untuk rumah rumah modern. Harga Lantai Kayu merbau mulai Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Vinyl

Lantai kayu Vinyl

Kelebihan Lantai Kayu Vinyl adalah sisitem pemasangan yang simple, serta biaya pasang yang murah, salah satu alternatif lantai kayu murah, Harga Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Kayu Laminated

Lantai kayu Laminated

Ragam corak Lantai Kayu Laminated banyak pilihan, bisa di bongkar pasang, cocok untuk penggunaan untuk apartement, pemasangannya mudah dan cepat. Harga Rp 210.000,-/ per meter persegi. Selengkapnya

Decking bengkirai

Decking kayu Bengkirai

Di luar negri di kenal dengan yellow ballau, penggunaan untuk area outdoor, memiliki sifat tahan terhadap kebusukan serta terpaan air hujan langsung. Harga Mulai Rp 380.000,- /meter persegi. Selengkapnya

Decking Ulin

Decking kayu Ulin

Termasuk 10 jenis Kayu terkuat di dunia, tingkat keawetan bisa seumur hidup.Apabila terkena air dalam jangka waktu lama, struktur kayu makin padat, tidak akan terjadi pembusukan. Harga Mulai Rp 730.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Decking Merbau

Decking kayu merbau

Kayu merbau memiliki karakteristik yang tahan untuk penempatan area outdoor, tidak perlu khawatir, meskipun terkena panas dan hujan langsung kayu akan rusak. Harga Decking kayu Merbau Mulai Rp 430.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Plafon kayu

Plafon kayu Lumberceiling

Selain untuk Plafon kayu, bisa juga digunakan untuk bahan dinding kayu, tersedia dari bahan kayu Bengirai dan bahan kayu Ulin. Harga mulai Rp 280.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Papan tangga Merbau

Papan tangga kayu Merbau

Ukuran telah di sesuaikan dengan tandar ukuran tangga, bisa custom ukuran.Tersedia papan tangga tanpa sambung dan sambung 2 layer, serta pilihan papan tangga polos atau dengan antislip. Harga mulai Rp 200.000,-/Pcs. Selengkapnya

London

Papan tangga kayu Jati

Papan tangga kayu jati salah satu produk yang cukup sulit, Karena ketersediaan bahan baku yang semakin susah. untuk pemesanan papan tangga jati tanpa sambung indent 1 bulan. Harga mulai Rp 400.000,-/Pcs. Selengkapnya

Produk Berkualitas, dan Bergaransi.Layanan pemesanan untuk seluruh wilayah Indonesia.