Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ㅤTeleponWhatsAppㅤ tokopedia toko lantai kayu shopee toko lantai kayu ☏ Office (022) 6078505

5 Jenis Kayu Kelas II Berdasarkan Tingkat Kuat serta Manfaatnya

jenis kayu kelas II

Kayu merupakan salah satu bahan baku dari alam yang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia, dari zaman dulu hingga sekarang kayu tidak pernah lepas dari kehidupan manusia.

Kayu sendiri hingga saat ini masih diperlukan untuk semua jenis kebutuhan seperti kontruksi bangunan, bahan mebel, kontruksi, furnitur, lantai kayu dan banyak lainnya. Meskipun jaman semakin maju dan tak sedikit bahan baru ditemukan untuk menggantikan kayu, kayu akan tetap menjadi sebuah bahan baku yang perlukan manusia.

Untuk itu, penting mengetahui tingkatan atau kelas setiap jenis kayu agar tidak salah memilih jenis kayu untuk berbagai keperluan yang berbeda.

Dalam tingkatan, ada dua jenis tingkatan yang umum diketahui. Yaitu tingkat keawetan dan tingkat kekuatan kayu.

Yang akan menjadi fokus utama di artikel ini adalah tingkat kekuatan kayu, lalu bagaimana cara membedakan tingkat/kelas kekuatan dari setiap jenis kayu?

Menentukan Jenis Kayu Kelas 2 Berdasarkan tingkat Kuat

Untuk mengetahui tingkat kuat jenis kayu kelas 2 dilihat dari tiga faktor, yaitu kuat lentur, kuat desak, dan berat jenis kayu. Untuk lebih jelas lihat tabel berikut:

Pengukuran Daya Tahan
Kuat Lentur 725 kg/cm2
Kuat Desak 425 kg/cm2
Berat Jenis 0,6

Setelah mengetahui cara membedakan tingkat/kelas kekuatan jenis kayu, dibawah ini merupakan jenis kayu yang termasuk kedalam kayu kelas 2, dan apa saja manfaatnya? Berikut penjelasannya.

#1 Kayu Jati

kayu jati - kayu kelas 2

Siapa yang tak kenal dengan salah satu kayu kelas 2 ini, jati memang sangat populer di kalangan masyarakat umum hingga dunia mengakui kualitas luar biasa yang dimiliki kayu jati ini. Kayu jati memiliki banyak kegunaan dan manfaat dari berbagai furniture hingga kontruksi bangunan.

Jati atau nama latinnya Tectona grandis L.f ini merupakan tanaman yang termasuk dalam kelas Verbenacea.

Kayu jati memiliki karakteristik warna kuning emas keclokatan hingga putih ke abuan. Perbedaan warna tersebut di bedakan dari lapisan pohon jati itu sendiri. Jati memiliki tekstur yang sedikit kasar hingga kasar dan seratnya tidak rata, atau bergelombang namun searah.

Jati termasuk kedalam kayu kelas 2 berdasarkan tingkat kuat dan kelas 1-2 berdasarkan tingkat awetnya, dengan tingkatan tersebut kayu jati ini banyak digunakan sebagai bahan bangunan seperti rangka pintu, jendela, panel, perabot rumah tangga, bantalan rel kereta, dek kapal, dan banyak digunakan di industri kayu dalam negeri maupun mancanegara.

Jati yang memiliki nama lain kayu deleg, jate, jatos, kulidawa, dodolan ini merupakan pohon dengan tingkat pertumbuhan yang lambat, sehingga karena itu membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menunggu masa tebang.

Dengan berbagai karakter yang telah disebutkan tadi, jati menjadi salah satu bahan baku yang cocok untuk dijadikan furniture yang bernilai dan pastinya berkualitas.

Baca Juga : Jenis Lantai Kayu Jati dan Karakteristinya

#2 Kayu Sonokeling

kayu sonokeling - kayu kelas 2

Jenis kayu kelas 2 ini merupakan kayu yang banyak ditemukan dan tumbuh di Pulau Jawa.

Sonokeling atau nama ilmiahnya Dalbergia latifolia Roxb ini termasuk kedalam kelompok Fabaceae.

Kayu sonokeling memiliki karakteristik warna gelap merah keclokatan, sehingga kayu ini sangat terlihat eksotis dan sangat cocok untuk dijadikan furniture yang mewah, bahan baku alat musik, barang ukiran, patung, dan kayu ini juga sering digunakan sebagai produk lantai kayu.

Sonokeling yang memiliki nama jawa sonosungu ini merupakan jenis kayu dengan kelas awet I, dan kelas kuat tingkat II. Level yang dimiliki kayu sonokeling ini hampir sama dengan jenis kayu jati diatas, namun memang memiliki karakter yang berbeda.

Kayu sonokeling memiliki tekstur kayu agak halus, serat yang bergelombang dan permukaan yang mengkilap dan licin.

Pohon sonokeling dapat tumbuh hingga ketinggian 20 sampai 40 meter, dengan diameternya mencapai 1,5 meter.

Uniknya, pohon ini dapat di panen atau di tebang sebanyak dua kali sebelum ia behenti tumbuh.

Sonokeling memiliki kadungan getah alami yang bermanfaat untuk menangkal jamur dan rayap yang menyebabkan pembusukan dan kerusakan pada kayu tersebut.

Baca Juga : Lantai Kayu Sonokeling

#3 Kayu Sungkai

kayu sungkai - jenis kayu kelas 2

Sungkai merupakan salah satu pohon yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat lokal.

Sungkai memiliki nama latin Peronema canescens atau nama lainnya yaitu jati sabrang, sekai, ki sabrang dan lainnya termasuk kedalam kelompok  famili Verbenaceae.

Sungkai dapat tumbuh di hutan sekunder dengan berbagai jenis karakter tanah. Umumnya, sungkai tumbuh di tanah yang mengandung air yang cukup. Hingga pohon ini dapat ditemukan dan tumbuh di kawasan yang rendah.

Pohon sungkai dapat ditemukan di kawasan Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sumatera Selatan dan Jawa Barat. Pohon sungkai ini dapat tumbuh mencapai ketinggian 30 meter dengan diameternya hingga 60 cm.

Kayu sungkai memiliki warna cokelat muda, dan bagian pinggirnya berwarna lebih terang daripada bagian tengah kayu tersebut. Namun bagian pinggiran tersebut akan berubah warna menjadi kekuningan setelah di keringkan.

Kayu sungkai memiliki kelas awet tingkat III dan termasuk dalam kayu kelas II-III berdasarkan tingkat kuat, memang jenis kayu ini tidak lebih baik dari kedua jenis kayu diatas, namun kayu sungkai memiliki kualitas yang cukup baik dengan harga yang lebih ekonomis dan terjangkau.

Banyak orang memanfaatkan kayu ini sebagai alternatif pengganti kayu jati untuk membuat furniture, perabotan rumah seperti kursi, meja, lemari baju. Itu karena sifat kayu sungkai yang kuat namun lebih ringan.

#4 Kayu Akasia

kayu akasia - jenis kayu kelas 2

Akasia merupakan jenis kayu yang berasal dari Afrika dan Australia. Tersebar di seluruh dunia dan di perkirakan terdapat kurang lebih 1300 spesies dengan 960 spesies diantaranya merupakan akasia Australia.

Di Indonesia sendiri, akasia pertama kali tumbuh dan di perkenalkan di Kepulauan Maluku pada tahun 1970-an. Dan sekarang banyak juga ditemukan di daerah Yogyakarta.

Akasia atau nama ilmiahnya Acacia auriculiformis ini termasuk kedalam kelompok famili leguminosae atau fabaceae.

Pohon akasia dapat tumbuh mencapai ketinggian 30 meter, dengan batangnya bebas cabang, atau lurus ke atas. 

Kayu akasia memiliki karakteristik warna yang agak coklat, keras, kuat dan tahan terhadap suhu dalam ruangan. Serat kayu akasia ini sendiri lurus hingga bertautan dengan teksturnya yang agak halus, sampai halus.

Karena bebagai karakteristik yang dimiliki kayu akasia tersebut, jenis kayu ini tentunya multifungsi dan banyak di manfaatkan sebagai perabot rumah tangga, kertas, papan dan bahan baku mebel lainnya.

Memang kayu akasia tidak sekuat kayu lainnya, namun hal tersebut memberi kemudahan kayu akasia untuk di bentuk sedemikian rupa untuk menjadi sebuah produk bermanfaat.

#5 Kayu Meranti Merah

kayu meranti merah - jenis kayu kelas 2

Kayu meranti di bedakan menjadi 3 jenis berbeda, yaitu; Meranti merah, Meranti putih dan Meranti kuning. Namun dari tiga jenis tersebut, kayu meranti merahlah yang termasuk dalam jenis kayu kelas II berdasarkan tingkat kekuatannya.

Kayu meranti merah termasuk kedalam golongan kayu keras berbobot ringan, sedang hingga berat, berat jenisnya berkisar antara 0,3 hingga 0,86 pada kandungan air 15%.

Jenis kayu meranti merah memiliki kelas kuat II-IV (hingga 15 tahun), dan untuk tingkat ketahanannya, akasia ini tergolong kelas III (hingga 10 tahun)

Kayu akasia merupakan jenis kayu yang kuat dan anti rayap, itu karena kayu ini memiliki stukrur yang kuat dan keras. Juga tidak mudah rusak dan lapuk meski terendam air dengan waktu yang cukup lama.

Kekuatannya tersebut membuat kayu ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan kontruksi bangunan dan beragam furnitur.

OUR PRODUCK

Untuk Informasi atau Pemesanan Produk, bisa langsung menghubungi team marketing kami Nurwahid ✆ 0821-4444-8887 Chat Via WA ☎ (021) 5397273

Lantai kayu jati

Lantai Kayu Jati

salah satu produk Lantai Kayu yang terpopuler karena tingkat keawetan serta keindahan serat yang dimiliki, Harga Lantai Kayu jati mulai Rp 220.000,- per meter persegi Selengkapnya

Lantai kayu Merbau

Lantai kayu Merbau

Memiliki serat kayu minimalis dan tegas, memiliki tingkat keawetan yang sangat baik, cocok untuk gunakan untuk rumah rumah modern. Harga Lantai Kayu merbau mulai Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Vinyl

Lantai kayu Vinyl

Kelebihan Lantai Kayu Vinyl adalah sisitem pemasangan yang simple, serta biaya pasang yang murah, salah satu alternatif lantai kayu murah, Harga Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Kayu Laminated

Lantai kayu Laminated

Ragam corak Lantai Kayu Laminated banyak pilihan, bisa di bongkar pasang, cocok untuk penggunaan untuk apartement, pemasangannya mudah dan cepat. Harga Rp 210.000,-/ per meter persegi. Selengkapnya

Decking bengkirai

Decking kayu Bengkirai

Di luar negri di kenal dengan yellow ballau, penggunaan untuk area outdoor, memiliki sifat tahan terhadap kebusukan serta terpaan air hujan langsung. Harga Mulai Rp 380.000,- /meter persegi. Selengkapnya

Decking Ulin

Decking kayu Ulin

Termasuk 10 jenis Kayu terkuat di dunia, tingkat keawetan bisa seumur hidup.Apabila terkena air dalam jangka waktu lama, struktur kayu makin padat, tidak akan terjadi pembusukan. Harga Mulai Rp 730.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Decking Merbau

Decking kayu merbau

Kayu merbau memiliki karakteristik yang tahan untuk penempatan area outdoor, tidak perlu khawatir, meskipun terkena panas dan hujan langsung kayu akan rusak. Harga Decking kayu Merbau Mulai Rp 430.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Plafon kayu

Plafon kayu Lumberceiling

Selain untuk Plafon kayu, bisa juga digunakan untuk bahan dinding kayu, tersedia dari bahan kayu Bengirai dan bahan kayu Ulin. Harga mulai Rp 280.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Papan tangga Merbau

Papan tangga kayu Merbau

Ukuran telah di sesuaikan dengan tandar ukuran tangga, bisa custom ukuran.Tersedia papan tangga tanpa sambung dan sambung 2 layer, serta pilihan papan tangga polos atau dengan antislip. Harga mulai Rp 200.000,-/Pcs. Selengkapnya

London

Papan tangga kayu Jati

Papan tangga kayu jati salah satu produk yang cukup sulit, Karena ketersediaan bahan baku yang semakin susah. untuk pemesanan papan tangga jati tanpa sambung indent 1 bulan. Harga mulai Rp 400.000,-/Pcs. Selengkapnya

Produk Berkualitas, dan Bergaransi.Layanan pemesanan untuk seluruh wilayah Indonesia.