Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ㅤTeleponWhatsAppㅤ tokopedia toko lantai kayu shopee toko lantai kayu ☏ Office (022) 6078505

5 Urutan Kayu Terkuat di Indonesia Dengan Karakteristiknya

urutan kayu terkuat di Indonesia

Urutan Kayu Terkuat di Indonesia
- Tidak dapat dibantahkan bahwa kayu menjadi material yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Sifat kayu yang mudah dibentuk sedemikian rupa menjadikannya sangat bermanfaat di segala bidang seperti furnitur ataupun kontruksi. Namun tidak semua jenis kayu baik untuk digunakan karena memiliki kualitas yang berbeda.

Indonesia menjadi habitat dari banyak jenis kayu, dan terdapat beberapa kayu yang termasuk dalam jenis kayu terkuat di dunia. Namun semua jenis kayu yang berasal dari hutan Indonesia tidak menjamin kualitas yang baik, karena beberapa kayu dapat dengan mudah diserang oleh rayap ataupun jamur.

Untuk itu selektif dalam memilih jenis kayu merupakan hal yang penting, langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mempelajari karakteristik setiap jenis kayu. Disini anda dapat menemukan urutan kayu terkuat di Indonesia sebagai pertimbangan dalam memilih kayu.

Berikut pembahasan mengenai lima kayu terkuat di Indonsia:

#1 Kayu Ulin (Eusideroxylon zwageri)

urutan kayu terkuat di Indonesia

Urutan kayu terkuat di Indonesia yang pertama diduduki oleh kayu ulin dengan nama latinnya Eusideroxylon zwageri atau banyak orang menyebutnya dengan sebutan kayu besi. Ulin menjadi salah satu yang terkenal dan terkuat di habitatnya yaitu hutan Kalimantan dan bahkan menjadi kayu terkuat di Indonesia.

Kayu ulin memiliki karakteristik yang keras dan kuat, dengan warna yang gelap dan tahan terhadap air laut. Tinggi dari pohon kayu besi ini bisa mencapai 50 meter dengan diameternya bisa tumbuh hingga 120 cm. Pohon kayu besi ini biasanya banyak ditemuka di dataran rendah.

Ulin merupakan jenis kayu yang memiliki kelas kuat I dan kelas awet I, dengan berat jenisnya 1,04. Dengan kelas kayunya tersebut, sudah jelas bahwa ulin merupakan jenis kayu terkuat di Indonesia, pasalnya kayu ini juga tahan terhadap serangan rayap dan penggerek batang, tahan dengan kelembaban dan suhu ekstrim hingga tahan juga terhadap air laut. 

Dengan kekuatan dan ketahanannya tersebut, ulin menjadi kayu sepanjang masa dan kayu primadona banyak orang. Akan tetapi kayu ini sangat sukar untuk dipaku dan digergaji, namun tetap mudah jika dibelah.

#2 Kayu Bengkirai (Shorea laevis)

urutan kayu terkuat di Indonesia

Bengkirai menduduki posisi kedua pada urutan kayu terkuat di Indonesia, hal itu karena jenis kayu ini memiliki kelas kuat yang sama dengan kayu ulin, yaitu kayu kuat kelas I, II dan kayu awet kelas I, II, III. Perbedaan kelas kayu bengkirai biasanya bergantung pada usia tumbuh pohon tersebut.

Meskipun bengkirai merupakan kayu kuat dengan kelas kayu yang menyerupai ulin, jenis kayu ini tetap kalah dari kayu ulin karena beberapa faktor, namun kayu bengkirai tetap menjadi kayu terkuat di Indonesia dan menjadi primadona banyak orang untuk urusan furnitur, kontruksi berat hingga sebagai lantai kayu outdoor atau decking.

Pemanfaatan kayu bengkirai untuk urusan yang berat itu dikarenakan kekuatan dan durabilitasnya yang tinggi. Maka tak jarang kayu ini sering ditemukan pada area luar ruangan yang secara umum kayu tidak akan bertahan lama, namun tidak dengan jenis kayu ini.

Dari segi penampilannya, kayu bengkirai ini bisa dibilang cukup unik. Meski menjadi salah satu kayu terkuat di Indonesia, bengkirai tidak memiliki warna yang gelap seperti kayu ulin, namun cenderung lebih terang dengan warna semi kuning yang mendominasi.

#3 Kayu Jati (Tectona grandis)

urutan kayu terkuat di Indonesia

Siapa yang tak mengenal jenis kayu ini, jati menjadi salah satu urutan kayu terkuat di Indonesia yang hampir sejajar dengan kayu ulin dan bengkirai. Meski tak sekuat mereka, kayu jati menang dalam hal popularitas, banyak sekali yang mendambakan kayu ini untuk menjadi bagian dari bangunan atau kontruksi mereka karena daya tahan yang baik dengan tampilan yang indah.

Jati dikenal sebagai kayu kuat kelas I dan kayu awet kelas II, dan memang tidak perlu diragukan lagi soal kualitasnya. Kayu jati termasuk kayu yang ideal karena keawetan, kekuatan dan keindahan serat atau warna yang dimilikinya.

Kayu jati sangat tahan terhadap cuaca dan perubahan suhu, selain itu jati juga tahan dari serangan rayap maupun jamur perusak kayu. Namun dengan segala kelebihan dari kayu bernama latin Tectona grandis ini menjadikan harganya semakin mahal.

Baca Juga:
5 Jenis Kayu Kelas II Berdasarkan Tingkat Kuat serta Manfaatnya

Bicara soal harga, ternyata ada beberapa jenis kayu jati yang memiliki harga lebih murah. Hal tersebut dikarenakan kayu jati memiliki beberapa grade yang terpisah soal kualitasnya, dari mulai yang terendah dengan ketahanan yang buruk dan tampilan yang tidak terlalu menarik hingga grade tertinggi dengan durabilitas tinggi dan serat yang indah.

#4 Kayu Kamper (Cinnamomum camphora)

urutan kayu terkuat di Indonesia

Kayu kamper digadang-gadang menjadi kayu komersil yang paling banyak digunakan dan dapat menjadi alternatif kayu pilihan untuk pengganti kayu jati yang mahal. Jenis kayu ini biasa ditemukan pada daerah dengan iklim tropis, salah satu habitatnya adalah hutan Kalimantan.

Kayu yang memiliki nama latin Cinnamomum camphora ini menjadi salah satu urutan kayu terkuat di Indonesia sebab kualitas kayu yang hampir menyerupai kayu jati. Dengan kategori kayu kelas kuat I, II dan kayu kelas awet II dan III, kayu kamper menjadi kayu yang banyak diminati untuk urusan kontruksi.

Namun untuk urusan kualitas, banyak orang menyarankan untuk memilih kayu kamper yang berasal dari Samarinda karena dipercaya memiliki kualitas terbaik dibanding kayu kamper dari daerah lainnya di Kalimantan. Kayu kamper yang berasal dari Samarinda memiliki serat yang lebih indah, hingga tidak memerlukan finishing.

Sebagai salah satu kayu terkuat di Indonesia, kayu kamper memiliki daya tahan yang sangat baik meski tidak sekuat kayu jati belanda. Namun hal baiknya adalah kayu kamper bisa didapatkan dengan harga yang lebih murah tetapi kualitasnya hampir sama dengan kayu jati.

#5 Kayu Sonokeling (Dalbergia latifolia)

urutan kayu terkuat di Indonesia

Sonokeling menjadi penutup terakhir dari ke lima urutan kayu terkuat di Indonesia, kayu ini merupakan kayu terkuat dengan mutu yang tinggi. Sonokeling tergolong kedalam kayu keras dengan bobot sedang hingga berat.

Sebagai kayu yang termasuk dalam golongan kayu keras, sonokeling ini memiliki pori-pori yang rapat sehingga membuatnya tidak mudah lapuk atau selunak kayu lainnya. Selain itu kayu ini juga termasuk dalam kayu kuat kelas II dan kayu awet kelas I, tingkat keawetannya menjadi sangat di andalkan oleh banyak orang.

Meskipun kayu sonokeling tergolong dalam kayu keras, kuat dan awet, kayu ini cukup mudah untuk di olah dan di proses seperti dipotong, digergaji, diukir dan diampelas. Karakternya tersbut menjadikan kayu sonokeling banyak digunakan sebagai bahan baku produk olahan dengan kualitas yang cukup bagus.

Ada yang unik dari tampilannya, kayu sonokeling memiliki campuran warna gelap yang unik, yaitu hitam keclokatan, semi ungu dan ada juga warna coklat yang menjadi motif indah pada permukaan kayu ini. Sehingga bisa disebut kayu ini sebagai kayu yang eksotis, dan banyak orang tertarik akan hal tersebut untuk dijadikan sebuah produk olahan yang berkarakter.

***

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait urutan kayu terkuat di Indonesia yang sering menjadi pertanyaan banyak orang untuk urusan perkayuan. Terimakasih telah membaca hingga usai dan semoga menjadi wawasan baru untuk anda seputar dunia kayu!

Untuk informasi pembelian produk kayu interior yang mewah seperti lantai kayu, plafon kayu, kisi-kisi, hingga panel kayu dapat berkonsultasi dengan kami berupa harga produk, biaya pemasangan secara gratis dengan menghubungi kami disini.

OUR PRODUCK

Untuk Informasi atau Pemesanan Produk, bisa langsung menghubungi team marketing kami Nurwahid ✆ 0821-4444-8887 Chat Via WA ☎ (021) 5397273

Lantai kayu jati

Lantai Kayu Jati

salah satu produk Lantai Kayu yang terpopuler karena tingkat keawetan serta keindahan serat yang dimiliki, Harga Lantai Kayu jati mulai Rp 220.000,- per meter persegi Selengkapnya

Lantai kayu Merbau

Lantai kayu Merbau

Memiliki serat kayu minimalis dan tegas, memiliki tingkat keawetan yang sangat baik, cocok untuk gunakan untuk rumah rumah modern. Harga Lantai Kayu merbau mulai Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Vinyl

Lantai kayu Vinyl

Kelebihan Lantai Kayu Vinyl adalah sisitem pemasangan yang simple, serta biaya pasang yang murah, salah satu alternatif lantai kayu murah, Harga Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Kayu Laminated

Lantai kayu Laminated

Ragam corak Lantai Kayu Laminated banyak pilihan, bisa di bongkar pasang, cocok untuk penggunaan untuk apartement, pemasangannya mudah dan cepat. Harga Rp 210.000,-/ per meter persegi. Selengkapnya

Decking bengkirai

Decking kayu Bengkirai

Di luar negri di kenal dengan yellow ballau, penggunaan untuk area outdoor, memiliki sifat tahan terhadap kebusukan serta terpaan air hujan langsung. Harga Mulai Rp 380.000,- /meter persegi. Selengkapnya

Decking Ulin

Decking kayu Ulin

Termasuk 10 jenis Kayu terkuat di dunia, tingkat keawetan bisa seumur hidup.Apabila terkena air dalam jangka waktu lama, struktur kayu makin padat, tidak akan terjadi pembusukan. Harga Mulai Rp 730.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Decking Merbau

Decking kayu merbau

Kayu merbau memiliki karakteristik yang tahan untuk penempatan area outdoor, tidak perlu khawatir, meskipun terkena panas dan hujan langsung kayu akan rusak. Harga Decking kayu Merbau Mulai Rp 430.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Plafon kayu

Plafon kayu Lumberceiling

Selain untuk Plafon kayu, bisa juga digunakan untuk bahan dinding kayu, tersedia dari bahan kayu Bengirai dan bahan kayu Ulin. Harga mulai Rp 280.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Papan tangga Merbau

Papan tangga kayu Merbau

Ukuran telah di sesuaikan dengan tandar ukuran tangga, bisa custom ukuran.Tersedia papan tangga tanpa sambung dan sambung 2 layer, serta pilihan papan tangga polos atau dengan antislip. Harga mulai Rp 200.000,-/Pcs. Selengkapnya

London

Papan tangga kayu Jati

Papan tangga kayu jati salah satu produk yang cukup sulit, Karena ketersediaan bahan baku yang semakin susah. untuk pemesanan papan tangga jati tanpa sambung indent 1 bulan. Harga mulai Rp 400.000,-/Pcs. Selengkapnya

Produk Berkualitas, dan Bergaransi.Layanan pemesanan untuk seluruh wilayah Indonesia.