Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ㅤTeleponWhatsAppㅤ tokopedia toko lantai kayu shopee toko lantai kayu ☏ Office (022) 6078505

Kayu Glugu: Asal Usul, Karakteristik, Keunggulan & Manfaat

Apa itu kayu glugu

Kayu Glugu, Tokolantaikayu.net - Ada banyak jenis kayu yang tumbuh di Indonesia, kebanyak dari kayu-kayu itu merupakan kayu yang memiliki kualitas ekspor.

Negeri kita memang memiliki tanah yang subur sehingga tak susah untuk mendapatkan kayu yang berkualitas dengan harga yang relatif murah.

Berbicara mengenai murah dan berkualitas, ada salah satu kayu yang sesuai dengan kriteria tersebut.

Ya, kayu glugu!

Kayu ini merupakan jenis kayu yang cukup populer di kalangan pertukangan, produsen furnitur, bahkan hingga masyarakat umum.

Tanpa berlama-lama berikut asal- usulkayu glugu sebelum anda mengenalnya lebih jauh.

Asal-usul Kayu Glugu

kayu glugu dari pohon kelapa

Kayu glugu merupakan jenis kayu yang berasal dari pohon kelapa. Sebagaimana kita ketahui, pohon kelapa sering dan banyak dijumpai di berbagai daerah, apalagi di suatu kawasan dekat pantai. Kayu glugu didapat dari hasil pohon kelapa yang dibudidayakan maupun tumbuh secara liar.

Pohon kelapa atau nama ilmiahnya Cocos nucifera L. merupakan salah satu jenis pohon yang tumbuh di daerah dengan iklim tropis dan termasuk dalam keluarga palmaceae.

Jenis pohon ini memang sudah tak asing lagi, pasalnya banyak daerah di Indonesia yang menjadi habitatnya.

Karakteristik Kayu Glugu Kelapa

tekstur kayu kelapa setelah di finishing

Kayu glugu kelapa ini termasuk dalam jenis kayu kuat kelas II dengan berat jenis 0.6 sampai 0.9, dan kayu awet kelas III. Kekuatan kayu glugu ini hampir menyerupai kayu jati dan itu yang membuat orang menjadikannya alternatif pengganti yang lebih murah.

Kayu ini memiliki ciri warna yang beragam mulai dari kuning muda hingga cokelat kemerahan sesuai dengan bagian-bagian dair kayu yang didapat pada satu batang pohon kelapa. 

Umumnya kayu glugu ini diperoleh dari bagian paling dalam pohon kelapa atau pangkalnya, cirinya warna kayu yang didapat dari pangkal lebih gelap daripada kayu yang diambil dari bagian ujungnya.

Serat kayu ini terlihat searah dan tegas mengikuti arah sumbu batangnya, dan jika diraba serat kayu ini akan sangat terasa.

Keunggulan Kayu Glugu

kelebihan kayu glugu kelapa

Dengan kepopuleran si kayu kelapa ini, mestinya ada banyak alasan yang mendukungnya. Berikut keunggulan kayu glugu yang menjadi alasan orang memilihnya:

Serat yang eksotis

Jika anda perhatikan lebih jelas, kayu kelapa ini memiliki serat yang berbeda dengan jenis kayu lain. Serat kayu kelapa ini terlihat mencolok dengan alur serat yang tegas.

Banyak orang menilai serat dari kayu glugu kelapa ini memang indah dan mempesona. Karena keindahannya yang begitu eksotis, kayu ini sering dijadikan bahan untuk pembuatan kerajinan.

Struktur kayu kuat dan keras

Kayu glugu ini memiliki struktur yang terbilang cukup keras, hal itu akan lebih baik jika melalui proses pengawetan, dan kayu glugu akan mendapatkan struktur yang semakin kuat.

Dengan kekuatannya, kayu glugu ini dapat bekerja dengan baik jika dipergunakan untuk kontruksi bangungan, seperti pada rangka atap. Kayu glugu dapat bertahan dengan masa waktu yang lama karena memiliki daya tahan yang baik.

Mudah Didapat

Indonesia merupakan negara produsen sekaligus penghasil minyak kelapa terbesar di dunia, nah pada prosesnya industri-industri yang memproduksi minyak kelapa sering menghasilkan limbah berupa batang pohon kelapa.

Limbah batang pohon kelapa tersebut jika di olah kembali akan menghasilkan kayu glugu yang bernilai cukup tinggi.

Jadi, selama industri minyak kelapa ini berjalan, masih banyak tersedia kayu kelapa yang dapat di olah menjadi kayu glugu.

Selain alasan itu, pohon kelapa juga banyak tumbuh di daerah pesisir pantai dan kawasan pemukiman penduduk, jadi tidak akan sulit untuk mendapatkan kayu glugu berkualitas dari pohon kelapa.

Kelemahan Kayu Glugu

kekurangan kayu kelapa

Setiap kayu memiliki kelemahannya masing-masing, termasuk kayu glugu ini. Berikut kelemahan kayu glugu yang bisa anda ketahui sebelum membelinya.

Memiliki serat yang tajam

Kayu glugu kelapa ini memiliki partikel yang berbeda dengan jenis kayu lain. Kayu lain memiliki partikel yang tersusun secara kuat dan rapat, sedangkan kayu glugu kelapa ini terdiri dari serpihan-serpihan kayu kecil.

Serpihan-serpihan tersebut membuat serat dari kayu glugu sangat tajam dan dapat melukai jika tidak berhati-hati.

Untuk itu perlu kewaspadaan dalam mengolah kayu ini, dan juga harus maksimal dalam tahap finsihing untuk mendapatkan permukaan yang halus.

Kurang tahan terhadap air

Kerusakan yang terjadi pada kayu glugu bukan dari serangan hama, melainkan air.

Kayu glugu memang memiliki kekurangan yang tidak tahan terhadap air, kayu ini akan cepat mengalami kerusakan apabila terkena air dengan waktu yang lama.

Struktur kayu glugu akan menjadi lemah dan menjadikannya cepat lapuk dan rusak secara perlahan, untuk itu hindari air yang menggenang, kelembaban yang berlebih agar menjaganya tetap baik.

Sulit diolah

Seperti yang kita tadi ketahui, kayu glugu atau kayu kelapa ini memiliki struktur yang berbeda dari kayu lainnya, yaitu dari serpihan-serpihan kayu kecil.

Hal itu membuat tekstur permukaan dari kayu ini tidak rata dan halus, diperlukan proses finishing yang baik untuk menghasilkan permukaan yang halus.

Jika tidak melakukan proses finishing dengan baik, kualitas dan mutu produk yang dihasilkan akan bernilai rendah.

Memang prosesnya cukup sulit dan memakan waktu lama jika dibandingkan dengan kayu lain yang memiliki tekstur halus alami.

Waktu pengeringan lama

Kelapa merupakan salah satu jenis pohon yang membutuhkan volume air yang besar untuk membantu pertumbuhannya, nah hal itu membuat kandungan air pada batang kelapa ini menjadi banyak.

Dalam proses pembuatan produk kayu glugu yang berkualitas, tentunya perlu proses pengeringan agar struktur kayu semakin kuat dan tidak mudah rusak. 

Dengan kadar air yang tinggi dari batang pohon kelapa itu akan membuat proses pengeringan membutuhkan waktu yang lama.

Pemanfaatan Kayu Glugu

manfaat kayu kelapa

Kayu glugu kelapa ini banyak memiliki manfaat, apalagi di bidang kontruksi, jenis kayu ini banyak dipergunakan untuk material pembuatan kontruksi rumah, dan bahan furnitur lainnya.

Berikut beberapa pengaplikasian kayu glugu yang dapat menjadi referensi:

Sebagai rangka atap

Dengan kelas awet yang baik dari kayu glugu, membuatnya diandalkan sebagai kontruksi rangka atap pada bangunan.

Kayu ini dapat bertahan lebih lama jika di gunakan pada tempat yang terlindungi seperti pada rangka atap.

Biasanya untuk rangka atap, kayu glugu yang dipergunakan berbentuk balok dengan ukuran beragam dengan bentang 4 sampai 5 meter.

Material pembuatan gazebo

Warna kayu glugu kelapa yang eksotis membuatnya tampil menarik jika dipergunakan untuk pembuatan gazebo.

Kayu ini biasanya digunakan untuk tiang utama pada kontruksi gazebo, lantai , dinding hingga rangka atapnya.

Produk Lantai Kayu

Lantai kayu memang sedang menuju kepopulerannya, dimana banyak orang mulai melirik dan menjadikanya sebagai lantai utama mereka.

Banyak sekali keunggulan yang didapat dengan menggunakan lantai kayu seperi suhu ruangan yang hangat, kenyamanan pijakan, motif indah yang alami, dan banyak lainnya.

Nah, kayu glugu ini merupakan salah satu material yang sering digunakan sebagai produk lantai kayu seperi flooring, decking hingga parquet.

Akan tetapi sangat disayangkan kami belum menyediakan lantai kayu dari jenis kayu ini, tetapi dengan permintaan konsumen, kami dapat mengabulkannya suatu saat.

Jika anda tertarik untuk melihat produk lantai kayu dari jenis material yang beragam, silahkan kunjungi artikel berikut ini:


Terimakasih telah mengunjungi artikel ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan baru. Selamat bertemu di artikel berikutnya!

OUR PRODUCK

Untuk Informasi atau Pemesanan Produk, bisa langsung menghubungi team marketing kami Nurwahid ✆ 0821-4444-8887 Chat Via WA ☎ (021) 5397273

Lantai kayu jati

Lantai Kayu Jati

salah satu produk Lantai Kayu yang terpopuler karena tingkat keawetan serta keindahan serat yang dimiliki, Harga Lantai Kayu jati mulai Rp 220.000,- per meter persegi Selengkapnya

Lantai kayu Merbau

Lantai kayu Merbau

Memiliki serat kayu minimalis dan tegas, memiliki tingkat keawetan yang sangat baik, cocok untuk gunakan untuk rumah rumah modern. Harga Lantai Kayu merbau mulai Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Vinyl

Lantai kayu Vinyl

Kelebihan Lantai Kayu Vinyl adalah sisitem pemasangan yang simple, serta biaya pasang yang murah, salah satu alternatif lantai kayu murah, Harga Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Kayu Laminated

Lantai kayu Laminated

Ragam corak Lantai Kayu Laminated banyak pilihan, bisa di bongkar pasang, cocok untuk penggunaan untuk apartement, pemasangannya mudah dan cepat. Harga Rp 210.000,-/ per meter persegi. Selengkapnya

Decking bengkirai

Decking kayu Bengkirai

Di luar negri di kenal dengan yellow ballau, penggunaan untuk area outdoor, memiliki sifat tahan terhadap kebusukan serta terpaan air hujan langsung. Harga Mulai Rp 380.000,- /meter persegi. Selengkapnya

Decking Ulin

Decking kayu Ulin

Termasuk 10 jenis Kayu terkuat di dunia, tingkat keawetan bisa seumur hidup.Apabila terkena air dalam jangka waktu lama, struktur kayu makin padat, tidak akan terjadi pembusukan. Harga Mulai Rp 730.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Decking Merbau

Decking kayu merbau

Kayu merbau memiliki karakteristik yang tahan untuk penempatan area outdoor, tidak perlu khawatir, meskipun terkena panas dan hujan langsung kayu akan rusak. Harga Decking kayu Merbau Mulai Rp 430.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Plafon kayu

Plafon kayu Lumberceiling

Selain untuk Plafon kayu, bisa juga digunakan untuk bahan dinding kayu, tersedia dari bahan kayu Bengirai dan bahan kayu Ulin. Harga mulai Rp 280.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Papan tangga Merbau

Papan tangga kayu Merbau

Ukuran telah di sesuaikan dengan tandar ukuran tangga, bisa custom ukuran.Tersedia papan tangga tanpa sambung dan sambung 2 layer, serta pilihan papan tangga polos atau dengan antislip. Harga mulai Rp 200.000,-/Pcs. Selengkapnya

London

Papan tangga kayu Jati

Papan tangga kayu jati salah satu produk yang cukup sulit, Karena ketersediaan bahan baku yang semakin susah. untuk pemesanan papan tangga jati tanpa sambung indent 1 bulan. Harga mulai Rp 400.000,-/Pcs. Selengkapnya

Produk Berkualitas, dan Bergaransi.Layanan pemesanan untuk seluruh wilayah Indonesia.