Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ㅤTeleponWhatsappㅤ tokopedia toko lantai kayu shopee toko lantai kayu ☏ Office (022) 6078505

7 Tahapan Finishing Ulang Lantai Parket - Toko Lantai Kayu

finishing ulang lantai parket

Melakukan finishing ulang pada lantai parket lama merupakan cara terbaik untuk merenovasi rumah sehingga akan terlihat lebih fresh dan kembali baru.

Akan tetapi, proses ini memerlukan waktu yang lama dan berbagai kesulitan yang akan dihadapi. Jika anda mengetahui tahapan secara detail mungkin akan lebih membantu.

Untuk itu kami menulis artikel ini khusus untuk anda yang ingin memperbarui tampilan lantai parket lama yang sudah kusam itu.

Langsung saja, simak cara-cara nya berikut ini:

Baca Juga: Menghitung biaya pemasangan lantai kayu

Persiapkan Alat-alat dan Bahan

Berikut alat dan bahan yang perlu anda persiapkan sebelum melakukan tahap finishing ulang pada lantai kayu lama anda.
  • Amplas
  • Sander
  • Tang
  • Terpal plastik
  • Linggis
  • Kape scrapper
  • Pelindung mata atau masker khusus
  • Vakum
  • Rol Busa
  • Bahan finishing
Setelah semua alat dan bahan tersebut dirasa cukup dan tersedia, selanjutnya mulai praktekan tahapan-tahapan yang telah disediakan berikut ini:

1. Persiapkan ruangan pekerjaan

siapkan ruangan sebelum finishing ulang lantai parket

Pada langkah pertama ini anda diharuskan untuk membersihkan ruangan dari berbagai furnitur seperti kursi dan meja, tirai jendela, karpet dan segala bentuk yang menghalangi pengerjaan proses finishing ulang ini.

Setelah itu tutup lubang ventilasi dan tempat kabel dengan menggunakan selotip atau bahan lain untuk mencegah debu dan kotoran lain masuk kedalam saluran atau lubang tersebut.

Jika pengerjaan finishing ulang ini hanya pada satu ruangan, mungkin anda bisa menutup pintu menggunakan terpal plastik agar memudahkan keluar masuk tanpa menciderasi proses pengerjaan oleh pintu yang tertutup-buka.

Untuk pengerjaan maksimal, anda dapat melepas plint atau penutup antara lantai dengan dinding tersebut dengan menggunakan linggis kecil yang tidak terlalu tajam sehingga tidak merusak permukaan lantai parket.

Tips : Gunakan pensil dan tandai menggunakan angka pada setiap bagian plint dengan tempat semulanya agar dapat dipasang kembali dengan presisi.
Setelah dirasa ruangan sudah dibersihkan dan dirapihkan, lanjut pada proses berikutnya.

2. Perbaiki dan Tambal lantai kayu yang berlubang

tambal lantai kayu

Periksa dengan detail pada setiap ujung parket, apakah terlihat lubang kecil atau retakan. Jika dirasa ada retakan pada lantai parket anda bisa memperbaiknya dengan menggunakan wood filler (bahan finishing untuk menutupi pori kayu) dan di ratakan menggunakan kape atau scrapper.

Jika kerusakan tersebut lebih berat, sebaiknya menggunakan trowel filler. Trowel filler merupakan jenis finishing untuk menutupi pori kayu yang menyebar dan menutupi area yang lebih luas. Namun jika kerusakan atau retakannya kecil, baiknya gunakan wood filler hanya dibeberapa titik.
 
Setelah semua retakan atau lubang sudah ditambal dengan baik, tunggu wood filler hingga mengering sempurna, setelah itu lap lantai dengan lap basah untuk menghilangkan debu dan kotoran yang tersisa. Lalu kembali biarkan kering hingga dapat di amplas.

3. Amplas lantai 

amplas lantai parket lama

Pada proses ini, baiknya anda menggunakan alat amplas mesin atau sander drum untuk mengerjakannya. Pekerjaan akan terasa lebih sulit jika anda baru pertama menggunakan alat ini, resikonya jika dipakai dengan tidak baik maka akan merusak permukaan lantai parket.

Untuk itu bila tidak mengetahui cara mengoprasikannya, lebih baik berikan pada pekerja profesional untuk masalah ini agar tidak terjadi masalah yang tidak diinginkan.

Atau bila anda memaksa, sebaiknya prakterkan dahulu kerja mesin pada selembar kayu bekas hingga anda mendapatkan kenyamanan dalam melakukannya.

Dengan mesin yang berjalan, mulailah mengamplas permukaan lantai perlahan kedepan dan ulangi terus menerus dengan berhati-hati dan searah sampai semua permukaan lantai selesai dan halus.

Penting : Pada proses ini sebaiknya anda menggunakan masker penutup wajah untuk melindungi pernapasan dan mata dari debu yang dihasilkan mesin tersebut.

 Gunakan ukuran amplas kasar nomor 40 pada awal proses pengamplasan, itu adalah kertas amplas yang sangat kasar dan dapat melakukan pekerjaan untuk menghilangkan goresan tajam, bantingan benda, dan lapisan lama, akan tetapi permukaan yang dihasilkan setelahnya tetap terasa kasar.

Baca Juga:

Untuk itu ulangi proses pengamplasan dengan menggunakan ukuran yang lebih besar seperti amplas 60, lalu 80, dan seterusnya hingga dirasa permukaan lantai parket sampai dengan kehalusan yang diinginkan.

4. Mengkilapkan permukaan lantai parket

kilapkan permukaan lantai parket

Setelah proses pengamplasan selesai dikerjakan hingga kehalusan yang didapatkan, tetapi tetap saja permukaanya terlihat berdebu dengan warna yang redup, langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah mengkilapkan lantai parket tersebut.

Menggosok lantai terus menerus dapat menghilangkan bekas pengamplasan kecil dan hasilnya dapat terlihat lantai parket yang benar-benar halus.

Anda dapat menggunakan alat pengamplas tiang (pole sander) yang merupakan pilihan bagus. Menggunkan alat tersebut memang sedikit memakan waktu, namun akan lebih mudah digunakan daripada produk murah lain yang sulit digunakan.

Gunakan amplas halus ukuran 120 lebih, dan gosok lantai parket setiap papannya mengikuti alur motif kayu, dan hasilnya anda akan mendapatkan permukaan lantai yang mengkilap.

5. Persiapan untuk sanding sealer dan cat warna

semprot alkohol untuk lantai parket

Pada tahap ini, pastikan lantai parket pada ruangan anda benar-benar bersih dari pasir, rambut, atau bahkan kotoran kecil apapun yang dapat mempengaruhi hasil akhir dari pengerjaan ini.

Bersihkan juga dinding untuk mencegah debu yang menempel jatuh ke lantai saat lapisan mengering, gunakan vakum agar dapat membersihkan secara mudah dan menyeluruh.

Setelah aman dari debu dan partikel kecil lain, selanjutna gunakan cairah alkohol khusus untuk membuat sealer atau car warna menempel dengan sempurna.

Gunakan pompa air kecil untuk menyemprotkan cairan alkholol tersebut keseluruh permukaan lantai parket, setelahnya anda dapat menggunakan lap atau pel untuk meratakannya dan tunggu sampai kering selama kurang lebih 30 menit.

6. Gunakan cat warna kayu (Opsional)

cat warna lantai parket

Lantai parket sekarang siap untuk di lapisi dengan cat warna atau sealer. Jika anda ingin mengubah warna kayu, gunakan cat warna yang berbasis minyak khusus kayu.

Pastikan ruangan berventilasi baik dan gunakan masker khusus agar tidak tercium aroma yang dapat membuat anda pusing, cat kayu biasanya mengeluarkan uap berbahaya.

Gunakan roll untuk mengoleskan cat warna kayu pada permukaan lantai parket, celupkan roll dan lapisi permukaan lantai parket secara perlahan hingga merata. 

Untuk bagian ujung atau tepian yang tak dapat dijangkau dengan baik oleh roll cat, gunakan busa atau spons dan celupkan kedalam cat, lalu oleskan pada permukaan yang tak dapat dijangkau tersebut dengan hati-hati agar tidak mengotori dinding ataupun bagian yang tidak perlu.

Jangan tinggalkan cat yang menggenang, karena itu dapat membuat warna kayu tak terlihat sempurna dan merata.

Setalah cat kayu selesai melapisi seluruh permukaan lantai parket, tunggu hingga kering sempurna (biasanya membutuhkan waktu kurang lebih 24jam dengan keaadan dalam ruangan).

Mungkin anda membutuhkan lapisan kedua agar warna cat kayu terlihat lebih mencolok dan sempurna.

7. Tahap finishing menggunakan sealer

finishing lantai parket kayu

Setelah proses pengecatan warna atau tanpa merubah warna kayu, jangan lewatkan tahap akhir yang penting ini.

Sealer merupakan lapisan permukaan lantai yang dapat melindunginya dari kerusakan yang diakibatkan air, benturan, goresan, juga dapat menambah kilau yang menonjolkan keindahan dari motif kayu.

Gunakan bahan finishing sealer yang berkualitas, biasanya anda dapat menemukan produk tersebut di toko bahan bangunan yang lengkap. Pilih jenis sealer yang memiliki kepercayaan baik untuk bertahan pada air dan goresan lain, dahulukan kualitas daripada harga yang murah tapi kualitas rendah.

Biasanya finishing sealer ini muncul dengan dua jenis berbeda, yaitu glossy dan matte. Kedua jenis tersebut memiliki perbedaan pada hasil akhir, glossy membuat tampilan permukaan terlihat mengkilap dan matte membuat tampilan permukaan cenderung tidak mengkilap tetapi lebih mewah.

Keputusan ada ditangan anda, agar tidak bingung coba lihat contoh hasil sealer glossy dan matte pada sebuah papan kayu untuk mencocokan mana yang lebih cocok.

Sama seperti mengecat dinding, proses pelapisan finishing sealer ini menggunakan roll dan celupkan pada minyak sealer lalu lapisi permukaan lantai parket secara merata dengan perlahan dan searah.

Jika tahap akhir tersebut telah selesai, selanjutnya anda tinggal menunggu untuk proses pengeringan sealer ini selama 24 jam sebelum berjalan diatasnya, dan setidaknya tunggu 72 jam sebelum menyimpan kembali furnitur yang sebelumnya dipindahkan.

Anda telah menyelesaikan proses finishing ulang pada lantai parket lama, sekarang anda memiliki rumah yang indah dengan lantai parket mengkila.

Jaga lantai parket agar tetap terlihat baru dengan merawatnya secara rutin, perawatan tersebut bisa anda lihat di artikel berikut ini:

OUR PRODUCK

Untuk Informasi atau Pemesanan Produk, bisa langsung menghubungi team marketing kami Nurwahid ✆ 0821-4444-8887 Chat Via WA ☎ (021) 5397273

Lantai kayu jati

Lantai Kayu Jati

salah satu produk Lantai Kayu yang terpopuler karena tingkat keawetan serta keindahan serat yang dimiliki, Harga Lantai Kayu jati mulai Rp 220.000,- per meter persegi Selengkapnya

Lantai kayu Merbau

Lantai kayu Merbau

Memiliki serat kayu minimalis dan tegas, memiliki tingkat keawetan yang sangat baik, cocok untuk gunakan untuk rumah rumah modern. Harga Lantai Kayu merbau mulai Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Vinyl

Lantai kayu Vinyl

Kelebihan Lantai Kayu Vinyl adalah sisitem pemasangan yang simple, serta biaya pasang yang murah, salah satu alternatif lantai kayu murah, Harga Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Kayu Laminated

Lantai kayu Laminated

Ragam corak Lantai Kayu Laminated banyak pilihan, bisa di bongkar pasang, cocok untuk penggunaan untuk apartement, pemasangannya mudah dan cepat. Harga Rp 210.000,-/ per meter persegi. Selengkapnya

Decking bengkirai

Decking kayu Bengkirai

Di luar negri di kenal dengan yellow ballau, penggunaan untuk area outdoor, memiliki sifat tahan terhadap kebusukan serta terpaan air hujan langsung. Harga Mulai Rp 380.000,- /meter persegi. Selengkapnya

Decking Ulin

Decking kayu Ulin

Termasuk 10 jenis Kayu terkuat di dunia, tingkat keawetan bisa seumur hidup.Apabila terkena air dalam jangka waktu lama, struktur kayu makin padat, tidak akan terjadi pembusukan. Harga Mulai Rp 730.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Decking Merbau

Decking kayu merbau

Kayu merbau memiliki karakteristik yang tahan untuk penempatan area outdoor, tidak perlu khawatir, meskipun terkena panas dan hujan langsung kayu akan rusak. Harga Decking kayu Merbau Mulai Rp 430.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Plafon kayu

Plafon kayu Lumberceiling

Selain untuk Plafon kayu, bisa juga digunakan untuk bahan dinding kayu, tersedia dari bahan kayu Bengirai dan bahan kayu Ulin. Harga mulai Rp 280.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Papan tangga Merbau

Papan tangga kayu Merbau

Ukuran telah di sesuaikan dengan tandar ukuran tangga, bisa custom ukuran.Tersedia papan tangga tanpa sambung dan sambung 2 layer, serta pilihan papan tangga polos atau dengan antislip. Harga mulai Rp 200.000,-/Pcs. Selengkapnya

London

Papan tangga kayu Jati

Papan tangga kayu jati salah satu produk yang cukup sulit, Karena ketersediaan bahan baku yang semakin susah. untuk pemesanan papan tangga jati tanpa sambung indent 1 bulan. Harga mulai Rp 400.000,-/Pcs. Selengkapnya

Produk Berkualitas, dan Bergaransi.Layanan pemesanan untuk seluruh wilayah Indonesia.