Spesialist Lantai Kayu

☏ Office (022) 6078505 / (021) 5307273 ✆ Mobile 08121001419 Chat Via WA Klik disini

4 Finishing Lantai Kayu Terbaik & Paling Banyak Digunakan!

finishing lantai kayu

Pada beberapa tahap pemasangan parket, finishing lantai kayu menjadi salah satu bagian paling penting yang perlu diperhatikan pengerjaannya, untuk mendapatkan hasil pemasangan yang diinginkan atau dengan tingkat kilap yang sesuai.

Bukan tanpa alasan mengapa tahap finishing lantai kayu sangatlah penting, hal tersebut dapat berdampak besar pada penampakan hasil akhir. 

Sedikit kesalahan atau kurang teliti dalam memilih jenis finishing, warna, ataupun tingkat kilap dapat menyebabkan tampilan yang kurang berkualitas atau tidak sesuai dengan keinginan awal.

Untuk itu, kami disini akan memaparkan informasi berupa pertimbangan, jenis finishing, hingga tahap pengaplikasian singkatnya. Simak ulasannya lengkapnya dibawah ini:

Seberapa Pentingkah Finishing Lantai Kayu?

coating lantai kayu

Lantai kayu saat ini terus berkembang sehingga menghasilkan variasi produk yang tidak terlalu sulit untuk dibedakan. Pada dasarnya jenis lantai kayu dapat dikelompokan menjadi dua golongan, yaitu lantai kayu solid dan lantai kayu sintetis.

Lantai kayu sintetis merupakan jenis lantai yang material utamanya sama sekali tidak menggunakan kayu, atau bahkan tidak ada campuran kayu sedikitpun. Lantai kayu sintetis yang paling populer ialah lantai vinyl, produk tersebut terkenal karena kemudahan pemasangan karena tidak perlu melakukan proses finishing dan tinggal pasang.

Sedangkan lantai kayu solid terbuat dari kayu alami yang dibentuk menggunakan mesin molding sehingga terciptalah potongan-potongan yang disebut parket. Nah, biasanya potongan-potongan parket tersebut tidak dilapisi finshing sebelum dipasangkan pada permukaan lantai, jadi anda perlu melapisi lapisan akhir pada proses finishingnya.

Lantai kayu unfinished biasanya ia disebut, tampilan produk mentahnya memang kurang menarik bahkan tidak mengkilap seperti yang biasa dilihat pada gambar-gambar artikel di tokolantaikayu.net.

Namun ketika proses finishing lantai kayu telah dilalui maka akan terlihat bagaimana permukaan lantai kayu sangat mengkilap dengan warna yang lebih kontras atau lebih hidup, bahkan beberapa finishing menjadikan permukaannya lebih tahan gores dan lebih awet masa pakainya.

Jenis Coating/Finishing Lantai Kayu Terbaik yang Paling Sering Digunakan


1. UPL (Ultran Parquet Lack)

finishing lantai kayu

UPL atau singkatan dari Ultran Parquet Lack dengan tipe UPL-77E merupakan cat berbahan dasar Poly Urethane (PU) yang dirancang khusus untuk jenis lantai kayu kualitas tinggi agar tahan pada kelembaban dan area lalu lintas tinggi.

Jenis finishing lantai kayu satu ini materialnya terbuat 100% dari Poly Urethane dengan jenis tertentu, sehingga membuat permukaan kayu dapat tahan pada abrasi dan juga lebih baik dari jenis PU lainnya.

Bahan finishing UPL ini juga dapat membuat lantai kayu lebih tahan pada goresan, dengan tampilan serat yang tidak tertutupi, bahkan dapat menahan bahan kimia rumah tangga yang kerap merusak kayu.

2. APL (Aqua Parquet Lack)

finishing lantai kayu

Bisa ditebak dari namanya, APL atau Aqua Parquet Lack ini merupakan bahan finishing lantai kayu yang menggunakan campuran air, meski begitu jenis finishing ini memiliki kualitas yang hampir sama dengan UPL.

Jika diaplikasikan pada permukaan lantai kayu, bahan finishing APL ini cenderung memiliki hasil yang sama dengan UPL, namun keduanya tetap memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing yang perlu anda pertimbangkan lagi.

3. Melamine 2 Komponen

finishing lantai kayu

Siapa yang tak mengenal salah satu jenis bahan finishing ini, melamine memang banyak dikenal oleh produsen furnitur karena menjadi standar finishing mereka untuk produk dalam ruangan seperti lemari, meja, kursi dan furnitur lainnya.

Selain dijadikan standar finishing pada furnitur interior, melamine juga saat ini bisa digunakan pada lantai kayu parket, meski memiliki kualitas mengengah dibawah UPL dan APL, jenis finishing ini cukup menghasilkan tampilan yang baik.

4. Ultran Wood Care

finishing lantai kayu

Ketiga jenis finishing lantai kayu diatas memang diperuntukan untuk lantai kayu dalam ruangan, karena untuk lantai kayu outdoor memerlukan bahan finishing yang lebih kuat menahan cuaca ekstrim dan suhu yang tinggi.

Ultran lasur dengan seri EL-501 menjadi salah satu bahan finishing lantai kayu outdoor yang cukup baik melindungi lapisan kayu dari iklim tropis dengan kekuatan osmotik.

Biasanya bahan finishing ini digunakan pada decking kayu yang ditempatkan pada proyek-proyek seperti resort, dermaga, kapal layu, dan proyek lain yang beresiko tinggi pada material kayu.

Perhatikan Hal ini Pada Proses Finishing Lantai Kayu

coating lantai kayu

Seperti yang telah kami singgung diatas, proses finishing pada lantai kayu memang sangat penting, apalagi anda perlu teliti dalam beberapa bagian dalam proses tersebut. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses finishing lantai kayu:
  • Pemilihan Warna: Beberapa bahan finishing memiliki warna yang berbeda, pastikan untuk memilih warna yang tepat agar sesuai dengan warna kayu tersebut. Pemilihan warna yang tepat dapat menciptakan suasana yang lebih nyaman.
  • Tingkat Kilap: Jenis finishing juga memiliki beberapa tingkat kilap atau pantulan sinar seperti satin, high gloss, semi gloss, dan matte. Tingkatan tersebut dapat membuat permukaan lantai kayu akan terlihat sangat kilap atau bahkan lebih rendah. Sesuaikan pemilihan ini dengan selera anda sendiri.
  • Penggunaan Sealer: Sealer banyak memiliki fungsi untuk kayu, biasanya sealer dibutuhkan pada lantai kayu merbau yang kerap mengeluarkan getah jika belum kering. Getah yang keluar biasanya akan berdampak pada tumbuhnya jamur sehingga merusak tampilan lantai kayu.
Beberapa poin diatas dapat anda perhatikan terlebih dahulu sebelum memulai proses finishing lantai kayu, sehingga diharapkan hasil akhinya akan lebih maksimal.

Akan tetapi lebih baik pengerjaan tersebut dilakukan oleh tenaga atau jasa yang sudah ahli dibidangnya agar semua urusan lebih mudah atau mendapatkan hasil yang memang terjamin.

Hubungi kami untuk berkonsultasi seputar pemasangan lantai kayu, dari produk bergaransi hingga jasa pasang yang profesional siap melayani anda!

OUR PRODUCK

Untuk Informasi atau Pemesanan Produk, bisa langsung menghubungi team marketing kami Nurwahid ✆ 0821-4444-8887 Chat Via WA ☎ (021) 5397273

Lantai kayu jati

Lantai Kayu Jati

salah satu produk Lantai Kayu yang terpopuler karena tingkat keawetan serta keindahan serat yang dimiliki, Harga Lantai Kayu jati mulai Rp 220.000,- per meter persegi Selengkapnya

Lantai kayu Merbau

Lantai kayu Merbau

Memiliki serat kayu minimalis dan tegas, memiliki tingkat keawetan yang sangat baik, cocok untuk gunakan untuk rumah rumah modern. Harga Lantai Kayu merbau mulai Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Vinyl

Lantai kayu Vinyl

Kelebihan Lantai Kayu Vinyl adalah sisitem pemasangan yang simple, serta biaya pasang yang murah, salah satu alternatif lantai kayu murah, Harga Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Kayu Laminated

Lantai kayu Laminated

Ragam corak Lantai Kayu Laminated banyak pilihan, bisa di bongkar pasang, cocok untuk penggunaan untuk apartement, pemasangannya mudah dan cepat. Harga Rp 210.000,-/ per meter persegi. Selengkapnya

Decking bengkirai

Decking kayu Bengkirai

Di luar negri di kenal dengan yellow ballau, penggunaan untuk area outdoor, memiliki sifat tahan terhadap kebusukan serta terpaan air hujan langsung. Harga Mulai Rp 380.000,- /meter persegi. Selengkapnya

Decking Ulin

Decking kayu Ulin

Termasuk 10 jenis Kayu terkuat di dunia, tingkat keawetan bisa seumur hidup.Apabila terkena air dalam jangka waktu lama, struktur kayu makin padat, tidak akan terjadi pembusukan. Harga Mulai Rp 730.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Decking Merbau

Decking kayu merbau

Kayu merbau memiliki karakteristik yang tahan untuk penempatan area outdoor, tidak perlu khawatir, meskipun terkena panas dan hujan langsung kayu akan rusak. Harga Decking kayu Merbau Mulai Rp 430.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Plafon kayu

Plafon kayu Lumberceiling

Selain untuk Plafon kayu, bisa juga digunakan untuk bahan dinding kayu, tersedia dari bahan kayu Bengirai dan bahan kayu Ulin. Harga mulai Rp 280.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Papan tangga Merbau

Papan tangga kayu Merbau

Ukuran telah di sesuaikan dengan tandar ukuran tangga, bisa custom ukuran.Tersedia papan tangga tanpa sambung dan sambung 2 layer, serta pilihan papan tangga polos atau dengan antislip. Harga mulai Rp 200.000,-/Pcs. Selengkapnya

London

Papan tangga kayu Jati

Papan tangga kayu jati salah satu produk yang cukup sulit, Karena ketersediaan bahan baku yang semakin susah. untuk pemesanan papan tangga jati tanpa sambung indent 1 bulan. Harga mulai Rp 400.000,-/Pcs. Selengkapnya

Produk Berkualitas, dan Bergaransi.Layanan pemesanan untuk seluruh wilayah Indonesia.

ă…¤TeleponWhatsAppă…¤ tokopedia toko lantai kayu shopee toko lantai kayu ☏ Office (022) 6078505