Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ㅤTeleponWhatsAppㅤ tokopedia toko lantai kayu shopee toko lantai kayu ☏ Office (022) 6078505

Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Lantai Kayu Sebelum Beli!

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Kayu - Kayu merupakan bagian dari tumbuhan yang memiliki batang ranting yang telah mengeras, karena telah melalui proses pengayuan.kayu dapat digunakan untuk membuat perabotan rumah, hiasan-hiasan rumah tangga, bisa juga untuk bahan konstruksi. 

Kayu yang keras dan kokoh seperti kayu dari pohon kelapa dapat dimanfaatkan sebagai pondasi rumah. Jenis kayu seperti jati dimanfaatkan untuk pembuatan perabotan rumah tangga seperti lantai, lemari, kursi, meja dan banyak lagi bahkan alat masak dapur seperti talenan, mangkok, piring, sendok, sendok sayur dan lain-lain.

lantai kayu

Kayu memiliki dua tipe yang berbeda, yaitu kayu kelas dan kayu lunak. Kayu keras atau yang disebut hardwood digunakan sebagai tiang bangunan seperti untuk membuat pondasi rumah, atau sebagai lantai pijakan.

Kelemahan dari kayu keras dan memiliki kerapatan yang rendah dibandingkan kayu lunak, kayu lunak atau yang disebut softwood merupakan kayu yang dihasilkan oleh tumbuhan yang berbiji terbuka memiliki daun yang kecil-kecil seperti jarum atau bisa juga bersisik.

Kayu jenis hardwood merupakan kayu yang digunakan untuk membuat funitur rumah seperti unfinished hardwood floor, finished hardwood floor, solid hardwood floor dan engineered hardwood flooring. Secara kebetulan, pada kesempatan kali ini juga akan membahas seputar kelebihan dan kekurangan lantai kayu.

Baca Selengkapnya:
4 Jenis Lantai Parket Lengkap Dengan Karakteristiknya

Kelebihan Dan Kekurangan Lantai Kayu

kelebihan & kekurangan lantai kayu

Dengan banyaknya minat terhadap lantai kayu, pastinya tak luput dari kelebihan serta keunggulan yang dimiliki lantai kayu dari jenis lantai lainnya. Berikut kelebihan dan kekurangan lantai kayu yang perlu anda ketahui.

Kelebihan Lantai Kayu :

  • Memiliki banyak varian corak: Lantai kayu memiliki banyak corak sesuai dengan sifat alamiah dari kayu itu sendiri, tersedia warna, corak, serat yang beragam murni dari alam.

  • Memberikan kesan Natural dan hangat: Kayu memang menjadi salah satu elemen penting untuk menumbuhkan kesan naturan dan hangat untuk sebuah ruangan.

  • Pada saat musim dingin atau musim penghujan rumah hunian tidak akan terlalu dingin: Sifat alami yang dimiliki adalah menyesuaikan suhu terhadap cuaca disekitarnya, ketika cuaca sedang dingin maka kayu akan menyetabilkan suhu ruangan menjadi hangat. Begitupun sebaliknya ketika cuaca sedang panas.

  • Mudah dalam pembersihan: Anda hanya perlu melakukan perawatan standar seperti jenis lantai lainnya, namun ada beberapa jenis lantai kayu yang beda dalam jenis perawatannya.

  • Kokoh dan Tahan Lama: Lantai kayu solid merupakan jenis lantai kayu yang memiliki tingkat ketahanan serta kekuatan yang cukup tinggi, jenis lantai kayu ini dapat bertahan hingga puluhan tahun lamanya.

  • Harga yang Cukup terjangkau karena memiliki banyak jenis bahan kayu: Memang ada sebagian lantai kayu yang memiliki harga yang mahal karena memang harga menentukan kualitas, namun ada banyak lantai kayu yang memiliki harga ekonomis dengan kualitas yang tak kalah bagus.

  • Ramah terhadap kesehatan dan berbahan Non Alergen: Kayu memiliki senyawa alami seperti ion negatif, yang dimana jika ion tersebut tersebar di udara maka akan membuat udara lebih sehat ketika kita hirup.

Kekurangan Lantai Kayu :

  • Lama kelamaan menimbulkan bunyi: Lantai kayu yang pemakaiannya sudah berumur lama apalagi dengan perawatan yang salah akan menimbulkan suara yang tidak enak didengar.

  • Lantai bisa saja menjadi licin bila perawatan jarang sekali dilakukan: Dengan perawatan yang jarang akan membuat lantai menjadi licin dan beresiko untuk penggunannya.

  • Sensitif terhadap air, karena daya serap yang tinggi: Untuk lantai kayu solid memang rentan rusak dan berjamur ketika terkena air. Namun ada lantai kayu sintetis (vinyl) yang di desain tahan terhadap air.

  • Lantai bila tidak di rawat dapat berubah bentuk atau menyusut: Perubahan bentuk pada kayu memang merupakan sifat alami dari kayu tersebut, namun jika kasusnya tidak dirawat, perubahan bentuk yang disebutkan akan tidak enak lagi dipandang.

  • Berpotensi cepat rusak bila anda kurang memahami cara perwatannya, jadi sebelum anda mengganti lantai menjadi lantai kayu pelajari dulu cara perawatannya: Setiap produk memiliki kelebihan dan kekurang, tergantung pemeliharaannya jenis lantai apapun akan tetap awet bila di rawat sebaik mungkin, namun pada lantai berbahan kayu anda harus merawatnya secara rutin karena kayu tetaplah kayu bisa membusuk maupun lapuk.
***

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan lantai kayu yang perlu anda ketahui sebelum mulai membeli dan memasangnya. 

Pada dasarnya keawetan lantai kayu akan meningkat jika anda merawatnya dengan benar, jadi pastikan mengetahui cara merawat lantai kayu dengan benar dibawah ini:

OUR PRODUCK

Untuk Informasi atau Pemesanan Produk, bisa langsung menghubungi team marketing kami Nurwahid ✆ 0821-4444-8887 Chat Via WA ☎ (021) 5397273

Lantai kayu jati

Lantai Kayu Jati

salah satu produk Lantai Kayu yang terpopuler karena tingkat keawetan serta keindahan serat yang dimiliki, Harga Lantai Kayu jati mulai Rp 220.000,- per meter persegi Selengkapnya

Lantai kayu Merbau

Lantai kayu Merbau

Memiliki serat kayu minimalis dan tegas, memiliki tingkat keawetan yang sangat baik, cocok untuk gunakan untuk rumah rumah modern. Harga Lantai Kayu merbau mulai Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Vinyl

Lantai kayu Vinyl

Kelebihan Lantai Kayu Vinyl adalah sisitem pemasangan yang simple, serta biaya pasang yang murah, salah satu alternatif lantai kayu murah, Harga Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Kayu Laminated

Lantai kayu Laminated

Ragam corak Lantai Kayu Laminated banyak pilihan, bisa di bongkar pasang, cocok untuk penggunaan untuk apartement, pemasangannya mudah dan cepat. Harga Rp 210.000,-/ per meter persegi. Selengkapnya

Decking bengkirai

Decking kayu Bengkirai

Di luar negri di kenal dengan yellow ballau, penggunaan untuk area outdoor, memiliki sifat tahan terhadap kebusukan serta terpaan air hujan langsung. Harga Mulai Rp 380.000,- /meter persegi. Selengkapnya

Decking Ulin

Decking kayu Ulin

Termasuk 10 jenis Kayu terkuat di dunia, tingkat keawetan bisa seumur hidup.Apabila terkena air dalam jangka waktu lama, struktur kayu makin padat, tidak akan terjadi pembusukan. Harga Mulai Rp 730.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Decking Merbau

Decking kayu merbau

Kayu merbau memiliki karakteristik yang tahan untuk penempatan area outdoor, tidak perlu khawatir, meskipun terkena panas dan hujan langsung kayu akan rusak. Harga Decking kayu Merbau Mulai Rp 430.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Plafon kayu

Plafon kayu Lumberceiling

Selain untuk Plafon kayu, bisa juga digunakan untuk bahan dinding kayu, tersedia dari bahan kayu Bengirai dan bahan kayu Ulin. Harga mulai Rp 280.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Papan tangga Merbau

Papan tangga kayu Merbau

Ukuran telah di sesuaikan dengan tandar ukuran tangga, bisa custom ukuran.Tersedia papan tangga tanpa sambung dan sambung 2 layer, serta pilihan papan tangga polos atau dengan antislip. Harga mulai Rp 200.000,-/Pcs. Selengkapnya

London

Papan tangga kayu Jati

Papan tangga kayu jati salah satu produk yang cukup sulit, Karena ketersediaan bahan baku yang semakin susah. untuk pemesanan papan tangga jati tanpa sambung indent 1 bulan. Harga mulai Rp 400.000,-/Pcs. Selengkapnya

Produk Berkualitas, dan Bergaransi.Layanan pemesanan untuk seluruh wilayah Indonesia.