Spesialist Lantai Kayu

☏ Office (022) 6078505 / (021) 5307273 ✆ Mobile ✆ 0821-4444-8887 Chat Via WA Klik disini

Cara Menghitung Kubikasi Kayu Balok Tunggal & Gabungan

cara menghitung kubikasi kayu

Cara Menghitung Kubikasi Kayu, Tokolantaikayu.net - Pernahkah kamu mendengar hitungan kubikasi saat akan memeriksa atau membeli sebuah kayu? Nah saat pertama kali mendengarnya tentu akan terasa asing, sebab orang awam terbiasa dengan hitungan meter persegi untuk mengukur volume.

Dalam industri kayu, hitungan kubikasi tentu menjadi sangat penting difahami oleh setiap orang yang berada di lingkungannya. Kubikasi kayu merupakan salah satu bentuk pengukuran jumlah volume yang digunakan untuk menentukan nilai jual, harga, dan biaya pengirimannya.

Ingin mengetahui lebih detail mengenai rumus yang digunakan seperti apa, dan hitungan yang benar dalam situasi yang berbeda? Yuk kita pelajari sama-sama dalam artikel yang akan tokolantaikayu.net bahas kali ini..

Bagaimana Cara Menghitung Kubikasi Kayu Balok Tunggal?

cara menghitung kubikasi kayu

Kembali diingat, bahwa perhitungan kubikasi dapat berbeda tergantung pada kondisinya. Saat ini kita akan mempelajari cara menghitung kubikasi kayu balok tunggal.

Rumusnya terhitung sederhana, sebab digunakan untuk menghitung volume kayu tunggal atau potongan kayu berbentuk kubus atau balok. Kamu cukup mengukur Panjang, lebar dan tinggi atau tebal kayu.

Panjang, lebar, dan tebal harus diukur dalam satuan yang sama. Jika ukurannya dalam cm, maka kita harus mengkonversinya terlebih dahulu menjadi meter.

Misalnya, kita punya balok kayu bengkirai dengan ukuran 6 x 12 x 400 (cm)

  • Panjang kayu 400cm = 4 meter
  • Tebal kayu 6cm = 0,06 meter
  • Lebar kayu 2cm = 0,12 meter

Jadi, dengan menggunakan rumus kubikasi tunggal, kubikasi kayu dalam contoh tersebut adalah:

  • Volume kayu tunggal = panjang x lebar x tinggi
  • Volume kayu tunggal = 4 x 0,12 x 0,06 meter
  • Volume kayu tunggal = 0,0288 m3

Jadi, kubikasi pada 1 batang kayu ukuran 6 x 12 x 400 cm adalah 0,0288 meter kubik.

Bagaimana Cara Menghitung Kubikasi Kayu Gabungan?

cara menghitung kubikasi kayu

Berbeda dengan mengukur kubik kayu tunggal yang sederhana dan mudah, rumus menghitung kubikasi kayu gabungan sedikit lebih sulit karena memerlukan beberapa perhitungan berbeda.

Rumus kali ini digunakan untuk mengukur volume kayu yang terdiri dari beberapa atau banyak potongan kayu dengan ukuran yang sama rata.

Metode Pertama: Berapa batang kayu dalam 1 kubik?

Untuk kita mengetahui ada berapa jumlah batang dalam 1 m3 atau 1 kubik pada ukuran tertentu, kita ambil contoh ukuran kayu daiatas 6 x 12 x 400 cm.

Sekarang kita menggunakan rumus 1 kubik di bagi volume kayu tunggal. Seperti yang sudah kita hitung di awal, bahwa kubikasi 1 batangnya adalah 0,0288 m3. Sekarang dibagi 1 kubik.

1 /  0,0288 = 34,7222

Maka jika dibulatkan 1 kubik kayu ukuran 6 x 12 x 400 cm terdapat 35 batang.

Metode Kedua: 1 kubik berapa batang kayu

Metode pengukuran kali ini mirip dengan yang pertama, namun lebih singkat. Untuk kita ketahui jumlah batang dalam 1 kubik kayu 6 x 12, kita langsung mengalikan 6 x 12 x 4 (400cm dihitung dalam satuan meter). Karena dalam 1 kubik itu merupakan 10.000 meter maka 10.000 / (T x L x P) kayu.

10.000 / (6 x 12 x 4) = 34,7222 dan di bulatkan menjadi 35 batang kayu

Saat ini sudah ada banyak alat bantu untuk menghitung kubikasi kayu, salah satu yang lebih modern ialah kalkulator kubikasi kayu yang pengukurannya lebih lengkap dan tentunya membantu pengukuran otomatis lebih cepat dan lebih tepat.

Bagaimana Cara Menghitung Harga Kayu Kubikasi?

cara menghitung kubikasi kayu

Bagi kamu yang ingin mengetahui nilai jual kayu yang berpatokan pada volume kubikasi tentunya akan sangat terbantu dengan cara kali ini.

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengetahui berapa harga kayu ukuran tertentu dalam 1 m3? Misalkan harga kayu balok bengkirai dengan ukuran 6 x 12 x 400 cm adalah Rp 9.500.000

Lalu rumus yang digunakan ialah tebal x lebar x Panjang x jumlah batang x harga perkubik

Dalam rumus ini kita perlu mengubah satuannya dari centimeter menjadi meter.

0.06 x 0.12 x 4 x 35 x 9.500.000 = 9.576.000

Perbedaan harga diatas disebabkan 35 batang kayu balok ukuran 6 x 12 x 400 menjadi 1.008m3, tentunya dari pembulatan yang kita lakukan di awal.

Baca Juga:
Kayu Bengkirai VS Ulin: Mana Yang Paling Dapat Diandalkan?

Alat-Alat Pengukur Kubikasi Kayu

Untuk memudahkan pekerjaan, beberapa peralatan tradisional hingga modern kini telah tersedia untuk mengukur kubikasi kayu.

Mulai dari alat konvensional seperti penggaris yang digunakan untuk mengukur panjang dan lebar kayu dengan akurat, hingga meteran yang digunakan untuk mengukur dimensi yang lebih besar dan fleksibel.

Selain itu, beberapa alat modern kini hadir untuk perhitungan yang lebih cepat dan akurat seperti kalkulator kubikasi. Alat tersebut tersedia dalam aplikasi atau perangkat yang memungkinkan penggunanya menghitung volume kubik berdarasarkan dimensi yang diukur sebelumnya.

Ada juga teknologi RFID (Radio-Frequency Identification) yang digunakan dalam beberapa kasus untuk mengidentifikasi kayu secara otomatis.

Fungsi & Manfaat Perhitungan Kubikasi Kayu

Selain digunakan dalam proyek kontruksi dan industri pengrajin kayu, memahami cara menghitung kubikasi juga penting untuk difahami orang-orang yang berada dalam sektor kehutanan dan perdagangan kayu.

Pada industri kehutanan, pengukuran kubikasi kayu berperan penting dalam proses pemanenan kayu. Mereka menggunakan teknik pengukuran kubikasi untuk memperkirakan berapa jumlah kayu yang tersedia di huan dan juga untuk menghitung hasil panennya.

Di sisi lain perdaganan kayu, rumus-rumus kubikasi kayu juga membantu dalam penentuan harga dan penilaian kualitas kayu yang diperdagangkan.

Termasuk Toko Lantai Kayu yang menjadi salah satu spesialis lantai kayu, sangat merasakan dampaknya perhitungan kubikasi dalam kelancaran jual beli dan penentuan volume kayu yang tersedia di gudang.

Dengan memahami cara menghitung kubikasi kayu tentunya kamu tidak akan ragu lagi untuk menghitung volume dan menilai harga kayu per kubiknya. 

Semoga pembahasan kali ini dapat difahami dengan mudah dan menjadi informasi yang bermanfaat bagi semua orang dan khususnya konsumen kami tercinta.

Terimakasih telah berkunjung dan selamat bertemu di artikel informatif selanjutnya!

OUR PRODUCK

Untuk Informasi atau Pemesanan Produk, bisa langsung menghubungi team marketing kami Nurwahid ✆ 0821-4444-8887 Chat Via WA ☎ (021) 5397273

Lantai kayu jati

Lantai Kayu Jati

salah satu produk Lantai Kayu yang terpopuler karena tingkat keawetan serta keindahan serat yang dimiliki, Harga Lantai Kayu jati mulai Rp 220.000,- per meter persegi Selengkapnya

Lantai kayu Merbau

Lantai kayu Merbau

Memiliki serat kayu minimalis dan tegas, memiliki tingkat keawetan yang sangat baik, cocok untuk gunakan untuk rumah rumah modern. Harga Lantai Kayu merbau mulai Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Vinyl

Lantai kayu Vinyl

Kelebihan Lantai Kayu Vinyl adalah sisitem pemasangan yang simple, serta biaya pasang yang murah, salah satu alternatif lantai kayu murah, Harga Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Kayu Laminated

Lantai kayu Laminated

Ragam corak Lantai Kayu Laminated banyak pilihan, bisa di bongkar pasang, cocok untuk penggunaan untuk apartement, pemasangannya mudah dan cepat. Harga Rp 210.000,-/ per meter persegi. Selengkapnya

Decking bengkirai

Decking kayu Bengkirai

Di luar negri di kenal dengan yellow ballau, penggunaan untuk area outdoor, memiliki sifat tahan terhadap kebusukan serta terpaan air hujan langsung. Harga Mulai Rp 380.000,- /meter persegi. Selengkapnya

Decking Ulin

Decking kayu Ulin

Termasuk 10 jenis Kayu terkuat di dunia, tingkat keawetan bisa seumur hidup.Apabila terkena air dalam jangka waktu lama, struktur kayu makin padat, tidak akan terjadi pembusukan. Harga Mulai Rp 730.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Decking Merbau

Decking kayu merbau

Kayu merbau memiliki karakteristik yang tahan untuk penempatan area outdoor, tidak perlu khawatir, meskipun terkena panas dan hujan langsung kayu akan rusak. Harga Decking kayu Merbau Mulai Rp 430.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Plafon kayu

Plafon kayu Lumberceiling

Selain untuk Plafon kayu, bisa juga digunakan untuk bahan dinding kayu, tersedia dari bahan kayu Bengirai dan bahan kayu Ulin. Harga mulai Rp 280.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Papan tangga Merbau

Papan tangga kayu Merbau

Ukuran telah di sesuaikan dengan tandar ukuran tangga, bisa custom ukuran.Tersedia papan tangga tanpa sambung dan sambung 2 layer, serta pilihan papan tangga polos atau dengan antislip. Harga mulai Rp 200.000,-/Pcs. Selengkapnya

London

Papan tangga kayu Jati

Papan tangga kayu jati salah satu produk yang cukup sulit, Karena ketersediaan bahan baku yang semakin susah. untuk pemesanan papan tangga jati tanpa sambung indent 1 bulan. Harga mulai Rp 400.000,-/Pcs. Selengkapnya

Produk Berkualitas, dan Bergaransi.Layanan pemesanan untuk seluruh wilayah Indonesia.

ă…¤TeleponWhatsAppă…¤ tokopedia toko lantai kayu shopee toko lantai kayu ☏ Office (022) 6078505