Spesialist Lantai Kayu

☏ Office (022) 6078505 / (021) 5307273 ✆ Mobile ✆ 0821-4444-8887 Chat Via WA Klik disini

Kayu Merbau Papua: Kualitas, Habitat, Status & Perbandingan

Kayu Merbau Papua

Merbau merupakan salah satu kayu khas Indonesia yang berkelas dunia, tersebar dibeberapa wilayah seperti pulau Sumatera (Sumut, Aceh, Riau, Palembang, Lampung, Jambi), Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Maluku, pulau Sulawesi, NTT, pulau Jawa, dan yang paling terkenal adalah kayu merbau Papua.

Kayu merbau atau nama latinnya Intsia bijuga ini adalah satu jenis kayu dari famili Caesalpiniaceae, subfamili Caesalpinoidae. Juga dalam dunia perdagangan, kayu ini terkenal dengan nama kwila atau ironwood (kayu besi).

Uniknya, dari banyak sebaran kayu merbau di Indonesia, yang paling terkenal dan memiliki kualitas terbaik adalah kayu merbau Papua. Hal tersebut bukan tanpa alasan, kayu merbau ini memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki kayu merbau dari daerah lain.

Sebelum membahas spesifik mengenai kayu merbau asal Papua, berikut kami berikan informasi mengenai kayu merbau secara umum:

Karakteristik Kayu Merbau

Kayu Merbau Papua

Kayu merbau ini umumnya memilik iberagam karakteristik yang menarik, sehingga ideal untuk digunakan dalam memenuhi beragam kebutuhan pada bidang kontruksi.

Dilihat dari tampilan fisiknya, kayu merbau memiliki bagian teras dengan warna coklat kelabu, coklat merah cerah, hingga coklat merah gelap. Sedangkan pada gubalnya memiliki warna kuning muda hingga pucat. Dari teksturnya, ketika disentuh kayu ini akan terasa cukup kasar namun dengan permukaan yang licin.

Berbeda dengan jenis kayu lain, kayu merbau memilik serat yang dominan lurus atau tidak bergelombang. Meski memiliki serat yang kurang menarik, kayu ini dapat memiliki kesan elegan karena warnanya.

Kayu Intsia ini juga termasuk kedalam jenis kayu keras, hal tersebut menjadikan merbau memiliki kepopuleran yang hampir sejajar dengan kayu ulin.

Merbau juga memiliki durabilitas tinggi terhadap wilayah dengan iklim tropis, tahan terhadap serangan jamur hingga rayap kayu.

Kayu ini juga diklaim memiliki tingkat penyusutan dan tingkat keretakan yang cukup rendah, sehingga tak salah jika merbau menjadi kayu yang berkelas dunia karena kualtas yang dimilikinya.

Habitat dan Sebaran Kayu Merbau Papua

Kayu Merbau Papua

Kayu bernama latin Intsia bijuga ini dapat dengan mudah dijumpai di daerah pantai dengan curah hujan lebih dari 2.000 mm/tahun. Umumnya, kayu ini tumbuh dan hidup di hutan tropis dataran rendah.

Menurut informasi yang didapat, kayu merbau hidup di habitat berpasir hingga berbatu, biasanya di tanah endapan hutan dataran rendah. Merbau juga dapat tumbuh di tanah lembab yang tergenang air dan juga dapat tumbuh pada tanah kering, tanah berpasir, tanah berbatu, baik itu pada wilayah tanah datar maupun tanah miring.

Di Papua sendiri, merbau dapat hidup secara alami bercampur dengan jenis pohon lain di hutan tropis basah. Di wilayah hutan Papua, kayu Intsia bijuga tersebar di beberapa daerah seperti; Daerah Kepala Burung yaitu Monokwari (Boutiga, Bobo, Bintuni, Orbansari, Prafi, Sidei, Wandoswaar, Wariki) dan Sorong.

Pada wilayah pantai utara Papua, merbau dapat ditemui di Kabupaten Jayapura, Serui, Biak dan Fakfak.

Kualitas Kayu Merbau dari Papua

Kayu Merbau Papua

Kayu yang dihasilkan dari pohon merbau papua ini menjadi primadona masyarakat sekitar, pasalnya kayu merbau dikenal sebagai kayu berkualitas terbaik di Asia Tenggara. Sehingga mereka banyak memanfaatkannya untuk pembangunan rumah, kontruksi jembarat, pintu, kusen, dan lain sebagainya.

Pemanfaatan lain secara tradisional, kayu merbau juga digunakan sebagai ukiran, perahu dan untuk bangunan rumah tradisional. Hal tersebut kembali menjadi alasan bagaimana kayu merbau Papua ini memiliki daya tahan cukup baik dan tahan di berbagai kondisi cuaca.

Kayu merbau dewasa dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 7 sampai 40 meter dengan pertumbuhan yang cukup besar hingga 1,5 meter pertahunnya. Namun merbau Papua juga memiliki pertumbuhan yang lambat ketika memasuki masa dewasa setelah berumur 75 dan 80 tahun.

Kelebihan Kayu Merbau Papua

  • Memiliki warna yang lebih gelap dari merbau di wilayah lainnya
  • Serat yang lurus dan lebih padat
  • Memiliki nilai jual yang lebih tinggi
  • Tingkat keawetan tinggi
  • Tingkat kekerasan yang tinggi
Keunggulan yang signifikan kayu merbau dari Papua daripada jenis kayu merbau di wilayah lain adalah warna dan nilai jualnya.

Perbandingan Kayu Merbau Papua dan Merbau Kalimantan

Kayu Merbau Papua

Kayu merbau dari kedua wilayah ini sebetulnya memiliki karakteristik yang hampir sama dan sulit untuk dibedakan. Namun, ada beberarapa hal yang bisa menjadi pembanding bagaimana kayu merbau papua memiliki kualitas yang lebih unggul/

Cara termudah untuk membandingkan kedua jenis kayu merbau dari wilayah berbeda ini adalah dengan melihat secara tampilan fisik. Dimana kayu merbau papua memiliki warna yang lebih gelap daripada kayu merbau kalimantan, dan serat dari kayu merbau ini lebih lurus dan padat.

Dari segi kualitasnya, kayu merbau asal Papua memiliki tingkat keras yang lebih tinggi, hal tersebut membuat kayu merbau dari Papua dikenal dengan sebutan kayu besi layaknya kayu ulin.

Selain itu, merbau dari papua memiliki nilai jual yang lebih tinggi daripada kayu merbau kalimantan. Memang kualitas dari merbau papua lebih unggul, jadi wajar jika memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

Status Kayu Merbau Papua

Kelebihan serta keunggulan kayu yang dihasilkan dari pohon merbau ini membuat daya minat yang tinggi, sehingga terjadi penebangan terus menerus yang membuat keberadaan Intsia bijuga ini semakin mencemaskan.

Bahkan badan internasional yang menangani tingkat keragaman biologis juga memasukan kayu merbau ini dalam kategori rawan (VU A1cd). Sampai, ada keinginan dari beberapa pihak untuk memasukannya dalam kategori tumbuhan yang dilindungi (APENDIKS III CITES).

Hal tersebut menunjukan bagaimana status kayu merbau Papua dan juga kayu merbau dari wilayah lain yang saat ini sedang diambang kepunahan. 

Sejumlah peneliti sampai menyarankan perlunya mengantisipasi kelangkaan tersebut dengan mengusulkan pembangunan hutan khusus tanaman Merbau.

Untuk itu sekarang langkah yang baik untuk meminimalisir hal yang tidak diinginkan terjadi dengan memillih alternatif kayu lain seperti Kayu Bengkirai untuk material pengganti dari kayu merbau.

***

Demikian pembahasan yang dapat kami sampaikan mengenai kayu merbau Papua, semoga penjelasan diatas dapat dimengerti dan menjadi wawasan baru untuk anda seputar kayu. Terimakasih telah membaca hingga selesai dan selamat bertemu di artikel informatif selanjutnya!

Untuk anda yang membutuhkan informasi seputar furnitur interior premium seperti lantai parket, dinding kayu, lantai vinyl, lantai laminate, dan kisi-kisi kayu dapat berkonsultasi dengan marketing terbaik kami disini 0821-4444-8887

OUR PRODUCK

Untuk Informasi atau Pemesanan Produk, bisa langsung menghubungi team marketing kami Nurwahid ✆ 0821-4444-8887 Chat Via WA ☎ (021) 5397273

Lantai kayu jati

Lantai Kayu Jati

salah satu produk Lantai Kayu yang terpopuler karena tingkat keawetan serta keindahan serat yang dimiliki, Harga Lantai Kayu jati mulai Rp 220.000,- per meter persegi Selengkapnya

Lantai kayu Merbau

Lantai kayu Merbau

Memiliki serat kayu minimalis dan tegas, memiliki tingkat keawetan yang sangat baik, cocok untuk gunakan untuk rumah rumah modern. Harga Lantai Kayu merbau mulai Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Vinyl

Lantai kayu Vinyl

Kelebihan Lantai Kayu Vinyl adalah sisitem pemasangan yang simple, serta biaya pasang yang murah, salah satu alternatif lantai kayu murah, Harga Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Kayu Laminated

Lantai kayu Laminated

Ragam corak Lantai Kayu Laminated banyak pilihan, bisa di bongkar pasang, cocok untuk penggunaan untuk apartement, pemasangannya mudah dan cepat. Harga Rp 210.000,-/ per meter persegi. Selengkapnya

Decking bengkirai

Decking kayu Bengkirai

Di luar negri di kenal dengan yellow ballau, penggunaan untuk area outdoor, memiliki sifat tahan terhadap kebusukan serta terpaan air hujan langsung. Harga Mulai Rp 380.000,- /meter persegi. Selengkapnya

Decking Ulin

Decking kayu Ulin

Termasuk 10 jenis Kayu terkuat di dunia, tingkat keawetan bisa seumur hidup.Apabila terkena air dalam jangka waktu lama, struktur kayu makin padat, tidak akan terjadi pembusukan. Harga Mulai Rp 730.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Decking Merbau

Decking kayu merbau

Kayu merbau memiliki karakteristik yang tahan untuk penempatan area outdoor, tidak perlu khawatir, meskipun terkena panas dan hujan langsung kayu akan rusak. Harga Decking kayu Merbau Mulai Rp 430.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Plafon kayu

Plafon kayu Lumberceiling

Selain untuk Plafon kayu, bisa juga digunakan untuk bahan dinding kayu, tersedia dari bahan kayu Bengirai dan bahan kayu Ulin. Harga mulai Rp 280.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Papan tangga Merbau

Papan tangga kayu Merbau

Ukuran telah di sesuaikan dengan tandar ukuran tangga, bisa custom ukuran.Tersedia papan tangga tanpa sambung dan sambung 2 layer, serta pilihan papan tangga polos atau dengan antislip. Harga mulai Rp 200.000,-/Pcs. Selengkapnya

London

Papan tangga kayu Jati

Papan tangga kayu jati salah satu produk yang cukup sulit, Karena ketersediaan bahan baku yang semakin susah. untuk pemesanan papan tangga jati tanpa sambung indent 1 bulan. Harga mulai Rp 400.000,-/Pcs. Selengkapnya

Produk Berkualitas, dan Bergaransi.Layanan pemesanan untuk seluruh wilayah Indonesia.

ă…¤TeleponWhatsAppă…¤ tokopedia toko lantai kayu shopee toko lantai kayu ☏ Office (022) 6078505