Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ㅤTeleponWhatsappㅤ tokopedia toko lantai kayu shopee toko lantai kayu ☏ Office (022) 6078505

Kayu Trembesi: Karakteristik, Kelebihan, Kekurangan & Manfaatnya

Kayu Trembesi

Indonesia sebagai negara kepulauan juga memiliki wilayah hutan hijau yang luas, dan menjadi tempat bagi berbagai macam jenis kayu tumbuh. Salah satu kayu yang seringkali menjadi material perabot yaitu kayu trembesi atau banyak orang menyebutnya kihujan.

Penamaan kihujan tersebut dikarenakan pohon trembesi ini memiliki ukuran kanopi yang lebih besar dibanding dengan tinggi pohon, memiliki bentuk seperti payung dan itu yang menjadikan orang menamainya dengan kihujan atau pohon hujan.

Baca Juga: 7 Jenis Kayu Kelas 1 Yang Populer & Bagus Untuk Furnitur

Kayu trembesi atau nama ilmiahnya Samanea saman atau Albizia saman ini merupakan spesies pohon berbunga dalam keluarga kacang polong. Trembesi berasal dari Amerika tropik namun pada saat ini sudah tersebar di seluruh daerah tropika, salah satunya yaitu Indonesia.

Di Indonesia sendiri, kayu yang memiliki nama lain kayu meh dari bahasa jawa ini sangat potensial digunakan dalam industri woodworking. Memang orang disana melihat kayu trembesi ini mirip dengan kayu jati maka banyak orang yang menggunakannya sebagai alternatif kayu selain jati.

Mengenal Karakteristik Kayu Trembesi

Sebagai salah satu jenis kayu yang banyak digunakan dalam industri woodwoorking seperti mebel, kau trembesi memiliki beberapa karakteristik yang membuatnya prospektif untuk digunakan dalam industri tersebut.

Kayu Trembesi

Berikut ini beberapa karakteristik menarik dari kayu trembesi:

Memiliki tampilan yang menarik

Seperti yang telah disebutkan diatas, kayu trembesi merupakan jenis kayu yang memiliki tampilan layaknya kayu jati. 

Kemiripan dengan jati ini membuat trembesi terlihat sangat menarik, pasalnya kayu jati sendiri merupakan kayu yang dikenal memiliki estetika yang baik dengan alur yang cantik.

Stok yang melimpah

Di Indonesia sendiri, pohon hujan sebagai penghasil kayu trembesi masih banyak ditemukan di alam. Kayu ini tidak sesulit menemukan kayu jati dan kayu lainnya seperti merbau atau ulin. 

Dengan bentuk pohon yang besar membuat material kayu lebih banyak dan dimanfaatkan sebagai pembuatan mebel dari kayu solid tersebut. Nilai jual yang dihasilkan dari mebel tentu sangat tinggi.

Trembesi dijual dengan harga murah

Ketersediaan stok kayu yang melimpah membuatnya masih tergolong dalam kayu terjangkau atau murah. Banyak produsen-produsen yang menggunakan kayu ini untuk menggantikan kayu jati yang lebih mahal.

Tentu dengan harga yang lebih murah dari kayu jati namun memiliki hasil produk yang menyerupai jati akan menjadi keuntungan yang besar.

Dapat diolah dengan baik

Perlu anda ketahui, tidak semua jenis kayu dapat digunakan dalam industri woodworking seperti mebel. Setiap produsen memiliki standar untuk memilih jenis kayu yang tepat untuk produk mereka.

Kayu trembesi sendiri tergolong sebagai kayu yang memiliki karakteristik cukup baik untuk digunakan dalam pembuatan beragam jenis furnitur dan mebel.

Perhatikan Kekurangan Kayu Trembesi Ini

Kayu Trembesi

Meskipun trembesi memiliki beragam keunggulan, anda perlu mengetahui beberapa kelemahan dari jenis kayu ini.

Salah satu kekurangan yang menjadi pertimbangan produsen kayu untuk tidak menggunakannya adalah kayu ini memiliki kelas keawetan yang rendah. Kayu trembesi tergolong dalam kayu kelas IV dari tingkat keawetannya. Meskipun tidak terlalu buruk, namun keawetan tersebut perlu menjadi pertimbangan yang baik.

Dengan tingkat keawetan yang rendah, trembesi seringkali menjadi incaran dari berbagai hama perusak kayu seperti rayap atau jamur. Sehingga jika digunakan dalam pembuatan mebel, perlu untuk menggunakan berbagai cara untuk meningkatkan kualitas keawetan kayu tersebut.

Kekurangan lain dari trembesi adalah pada kekuatannya, jika kayu jati memiliki tingkat kuat kelas I, kayu ini hanya memiliki kelas awet III. Tingkat kuar seringkali menjadi standar pembuatan mebel yang penting, namun untungnya sama seperti keawetan diatas, kekuatan dari kayu trembesi bisa diatasi dengan berbagai macam cara seperti:
  • Memilih jenis kayu dari pohon yang sudah benar-benar tua
  • Memastikan kekokohan rangka mebel
  • Memilih kayu dengan kondisi lebih baik dan kuat dibanding dengan yang lain
  • Menggunakan alat dan bahan penyambung yang baik

Manfaat Kayu Trembesi

Kayu Trembesi

Trembesi merupakan pohon yang memiliki ukuran sangat basar, tentu dari situ akan ada banyak manfaat yang dihasilkannya. Beberapa manfaat tersebut seringkali menjadi kebutuhan manusia dalam sehari-harinya.

1. Batang trembesi dijadikan perabot rumah tangga

Secara umum, pohon trembesi seringkali dimanfaatkan sebagai pohon peneduh untuk memberikan suasana asri pada suatu area. Namun ada banyak juga manfaat dari pohon ini, salah satunya adalah dijadikan sebagai material perabot rumah tangga.

Kayu ini seringkali dijadikan bahan pembuatan kursi, meja, lemari dan perabot lain yang berbahan dasar kayu.

2. Bijinya dijadikan makanan ringan

Sama seperti bunga matahari, biji yang dihasilkan dari pohon trembesi ini juga dapat dijadikan sebagai olahan makanan ringan berupa camilan biji atau kerupuk.

Cemilan ini memang terbilang unik dan tidak banyak orang mengetahuinya, dari segi rasa memang tidak seenak cemilan lain yang lebih terkenal, namun anda perlu mencobanya.

3. Obat dari daun trembesi

Tak hanya menjadi material furnitur dan makanan ringan, pohon trembesi juga menghasilkan manfaat berupa obat herbal yang berasal dari daunnya.

Daun yang ada pada pohon trembesi dapat dijadikan obat untuk berbagai maca penyakit. Daun ini dipercaya banyak orang dapat mengobati sakit kepala, flu, radang usus hingga penyakit kulit.

Caranya adalah dengan mengerinkan daunnya terlebih dahulu dan nantinya bisa diseduh atau dioleskan langsung pada bagian kulit yang terasa gatal.

***

Itulah beberapa informasi mengenai kayu trembesi yang menjadi alternatif kayu jati, semoga pembahasan ini dapat menjadi wawasan baru.

Bagaimana menurut anda tentang kayu murah banyak manfaat ini? 

Untuk informasi mengenai produk furnitur interior seperti lantai kayu, plafon, lambersering, kisi-kisi dan lainnya dapat berkonsultasi dengan marketing kami secara gratis disini 0821-4444-8887

OUR PRODUCK

Untuk Informasi atau Pemesanan Produk, bisa langsung menghubungi team marketing kami Nurwahid ✆ 0821-4444-8887 Chat Via WA ☎ (021) 5397273

Lantai kayu jati

Lantai Kayu Jati

salah satu produk Lantai Kayu yang terpopuler karena tingkat keawetan serta keindahan serat yang dimiliki, Harga Lantai Kayu jati mulai Rp 220.000,- per meter persegi Selengkapnya

Lantai kayu Merbau

Lantai kayu Merbau

Memiliki serat kayu minimalis dan tegas, memiliki tingkat keawetan yang sangat baik, cocok untuk gunakan untuk rumah rumah modern. Harga Lantai Kayu merbau mulai Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Vinyl

Lantai kayu Vinyl

Kelebihan Lantai Kayu Vinyl adalah sisitem pemasangan yang simple, serta biaya pasang yang murah, salah satu alternatif lantai kayu murah, Harga Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Kayu Laminated

Lantai kayu Laminated

Ragam corak Lantai Kayu Laminated banyak pilihan, bisa di bongkar pasang, cocok untuk penggunaan untuk apartement, pemasangannya mudah dan cepat. Harga Rp 210.000,-/ per meter persegi. Selengkapnya

Decking bengkirai

Decking kayu Bengkirai

Di luar negri di kenal dengan yellow ballau, penggunaan untuk area outdoor, memiliki sifat tahan terhadap kebusukan serta terpaan air hujan langsung. Harga Mulai Rp 380.000,- /meter persegi. Selengkapnya

Decking Ulin

Decking kayu Ulin

Termasuk 10 jenis Kayu terkuat di dunia, tingkat keawetan bisa seumur hidup.Apabila terkena air dalam jangka waktu lama, struktur kayu makin padat, tidak akan terjadi pembusukan. Harga Mulai Rp 730.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Decking Merbau

Decking kayu merbau

Kayu merbau memiliki karakteristik yang tahan untuk penempatan area outdoor, tidak perlu khawatir, meskipun terkena panas dan hujan langsung kayu akan rusak. Harga Decking kayu Merbau Mulai Rp 430.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Plafon kayu

Plafon kayu Lumberceiling

Selain untuk Plafon kayu, bisa juga digunakan untuk bahan dinding kayu, tersedia dari bahan kayu Bengirai dan bahan kayu Ulin. Harga mulai Rp 280.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Papan tangga Merbau

Papan tangga kayu Merbau

Ukuran telah di sesuaikan dengan tandar ukuran tangga, bisa custom ukuran.Tersedia papan tangga tanpa sambung dan sambung 2 layer, serta pilihan papan tangga polos atau dengan antislip. Harga mulai Rp 200.000,-/Pcs. Selengkapnya

London

Papan tangga kayu Jati

Papan tangga kayu jati salah satu produk yang cukup sulit, Karena ketersediaan bahan baku yang semakin susah. untuk pemesanan papan tangga jati tanpa sambung indent 1 bulan. Harga mulai Rp 400.000,-/Pcs. Selengkapnya

Produk Berkualitas, dan Bergaransi.Layanan pemesanan untuk seluruh wilayah Indonesia.