Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

☏ Office (022) 6078505 / (021) 5307273 ✆ Mobile 082144448887 Chat Via WA Klik disini

Mengenal Kayu Angsana, Lengkap dengan 4 Manfaat Terbaiknya!

Kayu angsana

Kayu Angsana - Indonesia merupakan negara kepulauan yang masih banyak memiliki kawasan hutan hijau di setiap daerahnya. Ada banyak sekali spesies pohon yang dapat ditemukan, sehingga tak heran dipasaran banyak ragam kayu yang diperjualbelikan.

Baca JugaMengenal Istilah PARKET, FLOORING, LAMINATED pada Lantai Kayu

Salah satu daerah yang menjadi habitat dari banyaknya spesies pohon di Indonesia berada di kawasan hutan Kalimantan, disana anda dapat menemukan banyak sekali jenis pohon yang tumbuh alami dengan berbagai warna, tekstur, jenis, hingga manfaat yang berbeda.

Angsana menjadi salah satu jenis pohon yang tumbuh subur di daerah tersebut, kayu ini memang tak banyak yang mengenal karena kalah populer dengan kayu jati atau kayu lainnya. Namun anda perlu bahwa kayu angsana ini memiliki banyak manfaat.

Ingin lebih tau tentang kayu angsana? Mari kita bahas dari mulai asal-usul, karakteristik, serta pemanfaatannya yang beragam!

Asal-usul Kayu Angsana

gambar pohon angsana

Angsana (Pterocarpus indicus) atau populer dengan nama sonokembang ini merupakan jenis pohon penghasil kayu berkualitas tinggi dari suku Fabaceae atau tergolong dalam jenis kayu polong-polongan. Dalam dunia perdagangan, kayu ini dikelompokan sebagai rosewood.

Pada dasarnya, kayu angsana ini dihasilkan dari pohon angsana yang merupakan salah satu spesies pohon yang dapat beradaptasi di lingkungan hutan hujan tropis. Yang mana kita ketahui Indonesia merupakan negara dengan hutan hujan tropis terluas ketiga di dunia, sehingga dapat disimpulkan kalau Indonesia merupakan habitat yang sangat baik untuk kehidupan pohon angsana ini.

Kayu angsana dapat tumbuh dengan baik di habitat tropis, atau ketinggian 600 meter diatas permukaan laut. Jenis kayu ini dapat mudah berkembang biak dengan berbagai cara seperti dari bijinya maupun stek cabang atau rantingnya.

Sebaran

Angsana tumbuh dan tersebar di kawasan Asia Tenggara hingga Samudera Pasifik. Jenis kayu ini dapat ditemukan mulai dari bagian selatan Burma ke arah barat hingga pulau solomon bagian timur, termasuk pulau Sumatera, Jawa Barat, Kalimantan, Kepulauan Sunda, Filipina, Kepulauan Maluku, dan Papua Nugini.

Baca artikel terkait:

Ciri-ciri Pohon Angsana

harga pohon angsana

Angsana merupakan pohon gugur besar yang dapat tumbuh hingga 30 meter bahkan lebih. Memiliki daun majemuk dengan ukuran panjang sekitar 10-20 cm lebih dan terdiri dari 5-13 anak daun.

Batang dari kayu angsana terdapat alur dan bonggol dengan akar papan atau banir, serta kulit kayunya yang berwarna abu-abu keclokatan, bertekstur memecah seperti sisik halus juga mengeluarkan getah bening berwarna agak kemerahan saat disayat.

Pohon ini memiliki bau sangat wangi yang berasal dari bunganya, bunga pohon angsana tumbuh berkelompok sebagai kuntum bunga majemuk (infloresens) yang berkumup dalam malai dan berwarna kuning terang atau kadang berwarna kuning oranye.

Memiliki kelopak bunga berbentuk lonceng yang berdiameter 5 sampai 6 milimeter, dan mahkota daun memiliki ukuran panjang sekitar 16 sampai 18 milimeter. 

Pohon kayu angsana memiliki buah berjenis polong pipih dengan ukuran diameternya sekitar 4 sampai 7 cm, buah polong ini dapat masak dalam waktu kurang lebih 5 bulan, ciri masaknya polong tersebut dapat dilihat dari warnanya yang akan berubah menjadi coklat ketika mengering.

Kandungan Kayu Angsana

Angsana merupakan salah satu tanaman yang dapat dikonsumsi oleh tubuh manusia, memiliki rasa manis atau pahit yang tajam. Bagian yang dapat dikonsumsi dan berguna bagi kesehatan biasanya dari akar, batang, dan daun kayu angsana.

Berikut beberapa kandungan yang terdapat pada kayu angsana:
  • Senyawa triterpenoid,
  • Asam amino & glikosida,
  • Senyawa alkohol
  • Senyawa tannin,
  • Senyawa fenol,
  • Senyawa saponin,
  • Senyawa flavonoid,
  • Senyawa kumarin.
Kandungan-kandungan tersebut yang menjadikan banyak manfaat bagi kesehatan yang akan di bahas setelah paragraf ini.

Ragam Manfaat Kayu Angsana

getah pohon angsana

Sebagaimana sudah kita ketahui sebelumnya, kayu angsana populer karena banyak manfaat yang dimilikinya, berikut ini adalah beberapa manfaat yang dihasilkan dari kayu angsana.

Bahan baku kontruksi & furnitur

Tak heran kayu ini banyak dimanfaatkan untuk bahan baku mebel atau kontruksi dan bangunan, kayu angsana memiliki tekstur yang kuat dan kokoh, hal itu membuat produsen menggunakannya sebagai bahan baku utama mereka.

Selain itu, dibeberapa informasi mengatakan bahwa kayu ini tahan terhadap serangan rayap serta dapat bertahan baik dengan kelembapan. 

Kayu ini biasanya digunakan untuk menghasilkan produk mebel seperti kursi, parket, meja, lemari dan banyak barang bernilai lainnya.

Memberi manfaat bagi kesehatan

Selain sebagai bahan baku mebel, kayu angsana juga berguna bagi kesehatan dan sudah diuji secara klinis.

Akar pohon angsana dapat dijadikan sebagai obat penyakit kelamin dengan cara dipotong, dicampur air, dan dihancurkan dengan blender untuk menjadi jus.

Selain mengobati penyakit kelamin, kayu angsana dapat mengobati beberapa penyakit lain seperti demam, sakit kepala, gangguan pencernaan, penyakit ginjal dan beberapa penyakit lainnya.

Kayu angsana juga dapat dijadikan sebagai anti oksidan dan menjaga kekebalan tubuh, dan itu semua sudah teruji oleh klinis dan dinyatakan dapat membantu menyembuhkan beberapa penyakit diatas.

Menjadi produk kerajinan

Karena dikenal banyak manfaat, kulit serta serat dari kayu angsana tak lepas dari kegunaan sebagai bahan untuk dijadikan produk kerajinan tangan.

Kulit dan serat dari kayu angsana dapat diolah menjadi beragam produk kerajinan tangan seperti kotak pensil, kursi jalin, mainan anak, dan kerajinan lain yang bermanfaat dan cukup bernilai.

Sebagai pewarna alami

Selain dari kulit, getah pohon angsana juga tak luput jadi perhatian banyak orang karena dipercaya dapat dijadikan pewarna alami untuk kebutuhan tekstil.

Sebagiman sudah diketahui tadi, getah bening yang keluar dari kayu angsana ini memiliki warna merah mencolok, sehingga hal tersebut menjadikan banyak pengrajin tekstir dari daerah Kalimantan menggunakannya sebagai pewarna alami produk mereka.


Itulah beberapa dari banyak manfaat kayu angsana yang menjadikannya populer diantara kayu lain, semoga artikel ini dapat memberikan anda wawasan baru seputar dunia kayu.

Terimakasih telah berkunjung dan membaca informasi ini hingga usai, selamat bertemu di artikel berikutnya!

OUR PRODUCK

Untuk Informasi atau Pemesanan Produk, bisa langsung menghubungi team marketing di Tisna Nugraha ✆ 0821-4444-8887 Chat Via WA ☎ (021) 5397273

Lantai kayu jati

Lantai Kayu Jati

salah satu produk Lantai Kayu yang terpopuler karena tingkat keawetan serta keindahan serat yang dimiliki, Harga Lantai Kayu jati mulai Rp 220.000,- per meter persegi Selengkapnya

Lantai kayu Merbau

Lantai kayu Merbau

Memiliki serat kayu minimalis dan tegas, memiliki tingkat keawetan yang sangat baik, cocok untuk gunakan untuk rumah rumah modern. Harga Lantai Kayu merbau mulai Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Vinyl

Lantai kayu Vinyl

Kelebihan Lantai Kayu Vinyl adalah sisitem pemasangan yang simple, serta biaya pasang yang murah, salah satu alternatif lantai kayu murah, Harga Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Kayu Laminated

Lantai kayu Laminated

Ragam corak Lantai Kayu Laminated banyak pilihan, bisa di bongkar pasang, cocok untuk penggunaan untuk apartement, pemasangannya mudah dan cepat. Harga Rp 210.000,-/ per meter persegi. Selengkapnya

Decking bengkirai

Decking kayu Bengkirai

Di luar negri di kenal dengan yellow ballau, penggunaan untuk area outdoor, memiliki sifat tahan terhadap kebusukan serta terpaan air hujan langsung. Harga Mulai Rp 380.000,- /meter persegi. Selengkapnya

Decking Ulin

Decking kayu Ulin

Termasuk 10 jenis Kayu terkuat di dunia, tingkat keawetan bisa seumur hidup.Apabila terkena air dalam jangka waktu lama, struktur kayu makin padat, tidak akan terjadi pembusukan. Harga Mulai Rp 730.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Decking Merbau

Decking kayu merbau

Kayu merbau memiliki karakteristik yang tahan untuk penempatan area outdoor, tidak perlu khawatir, meskipun terkena panas dan hujan langsung kayu akan rusak. Harga Decking kayu Merbau Mulai Rp 430.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Plafon kayu

Plafon kayu Lumberceiling

Selain untuk Plafon kayu, bisa juga digunakan untuk bahan dinding kayu, tersedia dari bahan kayu Bengirai dan bahan kayu Ulin. Harga mulai Rp 280.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Papan tangga Merbau

Papan tangga kayu Merbau

Ukuran telah di sesuaikan dengan tandar ukuran tangga, bisa custom ukuran.Tersedia papan tangga tanpa sambung dan sambung 2 layer, serta pilihan papan tangga polos atau dengan antislip. Harga mulai Rp 200.000,-/Pcs. Selengkapnya

London

Papan tangga kayu Jati

Papan tangga kayu jati salah satu produk yang cukup sulit, Karena ketersediaan bahan baku yang semakin susah. untuk pemesanan papan tangga jati tanpa sambung indent 1 bulan. Harga mulai Rp 400.000,-/Pcs. Selengkapnya

Produk Berkualitas, dan Bergaransi.Layanan pemesanan untuk seluruh wilayah Indonesia.