Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ㅤTeleponWhatsAppㅤ tokopedia toko lantai kayu shopee toko lantai kayu ☏ Office (022) 6078505

KAYU MAPLE: Karakteristik, Warna, Jenis & Harga pasaran

kayu maple

Kayu maple atau nama latinnya Acer Pseudoplatanus ini merupakan salah satu jenis kayu yang banyak diandalkan oleh pengrajin kayu dan pecinta furniture.

Ketertarikan tersebut bukan tanpa alasan, kayu maple ini memiliki ciri khas warna cerah yang menarik mata ketika pertama melihatnya.

Warna tersebut memang sering digunakan dalam desain interior apapun, krem cerah yang lembut dapat membuat suasana ruangan semakin nyaman dan hangat.

Karakterisik Kayu Maple

WarnaKrem terang, cokelat muda, cokelat tua kemerahan
JenisKayu keras & Kayu lunak
TeksturHalus
Kekerasan4000 Newton (Lunak), 6000 Newton (Keras)
HargaRp 47.000 - Rp 140.000 per papan
*Harga diatas merupakan perkiraan sementara di pasaran, dan tidak dapat dijadikan patokan yang pasti

Warna Kayu Maple

Kayu maple ini memiliki warna yang berbeda-beda, perbedaan warna tersebut bergantung pada usia yang dimiliki kayu dari pohon pada masa panennya. Selain itu lokasi pertumbuhan pohon maple juga berpengaruh pada warna yang dihasilkan pada kayu maple.

Warna kayu maple

Biasanya kayu maple ini berwarna krem terang pada bagian teras luarnya, sedangkan pada bagian dalamnya kayu maple tersebut berwarna cokelat muda hingga cokelat tua kemerahan.

Jenis Kayu Maple

Dihabitatnya, kayu maple ini memiliki dua jenis yang berbeda. Pertama kayu maple jenis keras dan kedua kayu maple jenis lunak.

Perbedaan jenis tersebut tidak dalam satu batang pohon, melainkan dua jenis pohon yang berbeda, tak heran bila kayu maple memiliki tingkat kekerasan yang berbeda.

Anda bisa membedakan kedua jenis kayu maple ini tanpa perlu menebang pohon dan membelahnya, melainkan dari bentuk daun yang berbeda pada tiap jenisnya.

Ciri yang terdapat pada kayu maple jenis keras ada pada bentuk daunnya yang lebar, sedangkan jenis lunak kayu maple memiliki ciri daun yang bentuknya lonjong.

"Cari jasa lantai kayu berpengalaman dan terkenal se-Indonesia? Tokolantaikayu solusinya! Cek disini untuk mengetahui harga terbaru lantai kayu dan jasa pasangnya."

Tekstur Kayu Maple

Salah satu alasan mengapa kayu maple banyak digunakan dalam bahan baku furniture, salah satunya yaitu tekstur yang dimiliki kayu tersebut.

Tekstur kayu maple

Maple memiliki tekstur yang halus, selain itu ditambah dengan serat yang lurus sehingga membuatnya semakin menarik dan memiliki nilai estetik.

Tak heran banyak orang memilih kayu maple untuk dijadikan furniture interior mereka.

Tingkat Kekerasan

Dengan perbedaan jenis pada kayu maple tentunya berpengaruh pada tingkat kekerasan tiap masing-masing jenisnya.

Pada kayu maple jenis keras, memiliki tingkat kekerasasan diatas 6000 Newton. Sedangkan kayu maple jenis lunak tingkat kekerasannya berada disekitar 4000 Newton.

Tingkat kekerasan tersebut dapat berpengaruh pada tingkat keawetan dan daya tahan dari kedua jenis kayu maple itu.

Untuk itu perlu memperhatikan tingkat kekerasan ini, agar lebih cocok dengan fungsi yang akan dibuat.

Keunggulan Kayu Maple dari Jenis Kayu lain

Kelebihan kayu maple

Dengan kepopuleran kayu maple di dunia furniture atau pertukangan kayu, hal itu tak lepas dari kelebihan-kelebihan yang dimiliki kayu maple ini.

Lalu, apasaja keunggulan yang dimiliki kayu maple ini? Simak ulasannya berikut.

#1 Mudah Diolah dan Dibentuk

Salah satu kelebihan dari kayu maple ini memang lebih mudah diolah dan dibentuk dari jenis kayu lain, sehingga akan memudahkan pengrajin kayu untuk dibuatnya menjadi furniture-furniture yang berguna.

Namun, tidak semua jenis kayu maple ini dapat mudah dibentuk, hanya jenis kayu lunak saja. Karena jenis kayu lunakmemiliki tingkat kekerasan yang lebih rendah dari kayu maple jenis keras.

#2 Warna Khas Yang Menarik Perhatian

Warna yang dimiliki kayu maple ini memang sangat terlihat beda dari jenis kayu lain. Salah satu contohnya yaitu lebih terang dan terlihat berkesan lembut.

Tak jarang kayu ini banyak ditemukan dalam desain hunian jenis apapun. Warna maple ini membuat orang betah melihatnya.

#3 Memiliki Ketahanan pada Kelembaban

Kelebihan lainnya dari kayu maple adalah memiliki sifat yang tahan lembab. 

Keunggulan tersebut sangat amat diperlukan bagi pengrajin furnitre yang dimana dapat menjadikan produk yang dihasilkan memiliki keawetan yang sangat baik meski pada kondisi lembab seperti lemari.

Harga Kayu Maple

Harga kayu maple

Harga dari kayu maple ini tidaklah mahal seperti yang dibayangkan ketika mendengar banyak kelebihan dari jenis kayu ini.

Dipasaran, kayu maple ini memiliki harga yang ekonomis. Harga yang murah ini membuatnya menjadi alternatif kayu lain yang lebih mahal untuk pembuatan furniture.

Meski begitu, jenis kayu hard maple tetap lebih mahal karena tingkat kekerasannya berpengaruh pada keawetan dan ketahanan yang melebihi kayu mapler jenis lunak.

Pemanfaatan Kayu Maple

fungsi kayu maple

Dengan karakteristik yang dimiliki kayu maple ini tentu menjadi primadona banyak tukang kayu untuk dijadikan sebuah produk bermanfaat, antara lain:

Furniture Kayu Maple

Pengrajin kayu dan pembuat furniture tertarik dengan kayu maple karena beberapa keuntukngan yang didapat seperti warnanya yang terang, warna krem dipadu dengan tekstur yang halus, dan serat yang lurus sedikit bergelombang.

Adapun furniture yang sering dibuat dengan material maple sebagai berikut:
  • Lemari 
  • Tempat tidur
  • Kursi
  • Meja
Dan ragam furnitur lainnya.

Gitar Kayu Maple

Para pengrajin alat musik seperti gitar ini memanfaatkan kayu maple untuk dijadikan bagian neck dan fretboard pada gitar mereka.

Hal itu karena kayu maple dapat menghasilkan nada yang cukup memiki standar dengan kualitas baik bagi sebuah gitar untuk dijual.

Untuk material pembuatan alat musik gitar ini dua jenis maple (hard dan soft) sama-sama dapat digunakan untuk bagian neck dan fretboard gitar.

Papan Skateboard Kayu Maple

Salah satu kayu yang bisa digunakan sebagai papan dari skateboar adalah kayu maple ini. 

Kayu maple memiliki karakteristik yang dapat memenuhi standar kelayakan untuk dijadikan papan skateboard.

Lantai Kayu Maple

Kayu maple ini juga dapat dimanfaatkan sebagai lantai kayu atau dalam bahasa inggrisnya wooden floor.

Namun sayangnya jenis kayu ini belum tersedia di tokolantaikayu.net dikarenakan suatu hal yang tak dapat memenuhi standarisasi produk kami.

Sebagai gantinya ada banyak jenis lantai kayu yang tersedia, anda bisa melihatnya dibawah ini.

Baca Selengkapnya:

Tips Merawat Furniture Kayu Maple

merawat furnitur kayu maple

Perawatan yang terbaik untuk furnitur kayu maple ini bergantung pada jenis lapisan finishing yang digunakan pada kayu tersebut.

Karena maple memiliki kerapatan yang cukup padat, kayu ini tidak dapat menyerap minyak finishing dengan baik. Pada kasus tertentu, minyak finishing ini justru dapat menyebabkan maple sedikit menguning.

Pemilihan lapisan finishing sangat menentukan keawetan dari furniture kayu maple. Untuk itu perlunya selektif dalam memilih jenis finishing yang baik untuk maple.

Umumnya, furnitur kayu maple tidak memerlukan perawatan yang khusus. Dalam kata lain, furnitur kayu maple ini bebas perawatan.


Itulah pembahasan mengenai kayu maple yang banyak digunakan pengrajin kayu, semoga artikel ini dapat menambah wawasan baru.

Terimakasih telah berkunjung dan sampai jumpa di artikel informasi berikutnya!

OUR PRODUCK

Untuk Informasi atau Pemesanan Produk, bisa langsung menghubungi team marketing kami Nurwahid ✆ 0821-4444-8887 Chat Via WA ☎ (021) 5397273

Lantai kayu jati

Lantai Kayu Jati

salah satu produk Lantai Kayu yang terpopuler karena tingkat keawetan serta keindahan serat yang dimiliki, Harga Lantai Kayu jati mulai Rp 220.000,- per meter persegi Selengkapnya

Lantai kayu Merbau

Lantai kayu Merbau

Memiliki serat kayu minimalis dan tegas, memiliki tingkat keawetan yang sangat baik, cocok untuk gunakan untuk rumah rumah modern. Harga Lantai Kayu merbau mulai Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Vinyl

Lantai kayu Vinyl

Kelebihan Lantai Kayu Vinyl adalah sisitem pemasangan yang simple, serta biaya pasang yang murah, salah satu alternatif lantai kayu murah, Harga Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Kayu Laminated

Lantai kayu Laminated

Ragam corak Lantai Kayu Laminated banyak pilihan, bisa di bongkar pasang, cocok untuk penggunaan untuk apartement, pemasangannya mudah dan cepat. Harga Rp 210.000,-/ per meter persegi. Selengkapnya

Decking bengkirai

Decking kayu Bengkirai

Di luar negri di kenal dengan yellow ballau, penggunaan untuk area outdoor, memiliki sifat tahan terhadap kebusukan serta terpaan air hujan langsung. Harga Mulai Rp 380.000,- /meter persegi. Selengkapnya

Decking Ulin

Decking kayu Ulin

Termasuk 10 jenis Kayu terkuat di dunia, tingkat keawetan bisa seumur hidup.Apabila terkena air dalam jangka waktu lama, struktur kayu makin padat, tidak akan terjadi pembusukan. Harga Mulai Rp 730.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Decking Merbau

Decking kayu merbau

Kayu merbau memiliki karakteristik yang tahan untuk penempatan area outdoor, tidak perlu khawatir, meskipun terkena panas dan hujan langsung kayu akan rusak. Harga Decking kayu Merbau Mulai Rp 430.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Plafon kayu

Plafon kayu Lumberceiling

Selain untuk Plafon kayu, bisa juga digunakan untuk bahan dinding kayu, tersedia dari bahan kayu Bengirai dan bahan kayu Ulin. Harga mulai Rp 280.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Papan tangga Merbau

Papan tangga kayu Merbau

Ukuran telah di sesuaikan dengan tandar ukuran tangga, bisa custom ukuran.Tersedia papan tangga tanpa sambung dan sambung 2 layer, serta pilihan papan tangga polos atau dengan antislip. Harga mulai Rp 200.000,-/Pcs. Selengkapnya

London

Papan tangga kayu Jati

Papan tangga kayu jati salah satu produk yang cukup sulit, Karena ketersediaan bahan baku yang semakin susah. untuk pemesanan papan tangga jati tanpa sambung indent 1 bulan. Harga mulai Rp 400.000,-/Pcs. Selengkapnya

Produk Berkualitas, dan Bergaransi.Layanan pemesanan untuk seluruh wilayah Indonesia.