Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ㅤTeleponWhatsAppㅤ tokopedia toko lantai kayu shopee toko lantai kayu ☏ Office (022) 6078505

Lantai Gabus: Karakteristik, Plus Minus, Jenis, Instalasi, Harga

Lantai Gabus

Lantai Gabus - Semakin berkembangnya jaman, banyak orang yang kembali menginovasikan barang lama yang kemudian menjadi tren saat sekarang ini. Hal tersebut tak terlepas dari dunia arsitek dan salah satunya adalah lantai.

Jika anda pernah mendengar lantai gabus dengan gambaran ubin oren yang dipernis dan hanya tersedia untuk kamar mandi saja, itu merupakan pemikiran yang salah.


Lantai gabus saat ini kembali populer dengan inovasi barunya tentang desain interior yang tak hanya digunakan pada lantai, bahkan bisa digunakan sebagai pelapis dinidng.

Kepopuleran lantai gabus tersebut bukan tanpa alasan, banyak orang yang menyadari betapa baiknya jenis lantai ini untuk lingkungan serta keindahan tampilan dan beragam manfaat lainnya yang dapat dirasakan oleh penggunanya.

Apa itu Lantai Gabus?

Lantai Gabus

Secara sederhana lantai gabus merupakan jenis lantai yang terbuat dari material gabus. Namun pastinya anda akan bertanya-tanya dengan proses pembuatannya dan bagaimana karakteristiknya.

Jika dilihat dari sejarahnya, Lantai Gabus sebenarnya berasal dari kulit pohon bernama gabus atau nama lainnya Quercus suber, dengan menggunakan bahan sisa dari produksi gabus anggur masyarakat setempat.

Kulit pohon gabus dipanen setidaknya setiap 7 sampai sepuluh tahun, dengan cara dikupas lapisan luarnya dan meninggalkan lapisan dalam pelindung pohon. Dan hal tersebut dapat membuat lapisan luar kulit pohon itu kembali tumbuh dan dipanen. 


Setelah gabus anggur dikeluarkan dari kulit kayu, gabus yang tersisa diproses dengan cara direbus dan digiling sebelum digabungkan dengan resin dan dipadatkan menjadi lembaran lantai gabus, ubin serta papan.

Beberapa orang menggunakan kulit kayu yang telah digiling sebagai bahan pendukung yang dicukur dan digunakan sebagai pelapis dekoratif.

Plus Minus Lantai Gabus

Lantai Gabus

Sebelum anda memilih jenis lantai yang akan digunakan pada hunian yang sesuai dengan kebutuhan, alangkah baiknya untuk mengenali kelebihan dan kekurangan dari setiap jenis lantai. Lantai gabus merupakan jenis lantai yang memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan kekurangannya.

Kelebihan Lantai Gabus

Berikut ini beberapa kelebihan lantai gabus yang membuat banyak orang untuk tertarik menggunakannya pada hunian mereka:
  • Memiliki permukaan yang lembut dan nyaman ketika dipijak
  • Memiliki sifat meredam panas yang baik, membuat lantai terasa hangat
  • Memiliki kualitas kedap suara yang sangat baik
  • Daya tahan yang baik dan awet
  • Mudah dipasang, bahkan tidak perlu pemasang ahli
  • Produk yang ramah lingkungan
  • Anti mikroba
  • Anti air
  • Memiliki beragam variasi warna, pola dan motif

 Kekurangan Lantai Gabus

Meski memiliki segudang kelebihan, anda perlu khawatir akan beberapa kekurangannya yang mungkin penting untuk dipertimbangkan. Berikut kekurangan dari lantai gabus:
  • Sifatnya yang lembut membuatnya mudah rusak oleh benda tajam
  • Warna dapat memudar jika terkena sinar matahari langsung (tidak disarankan untuk dijadikan material lantai outdoor)
  • Waterresistant tapi tidak waterproof
  • Finishing cepat aus
  • Lem lantai dapat sulit dipasang jika lantai tidak rata

Itulah beberapa poin penting dari kelebihan dan kekurangan lantai gabus, untuk anda yang ingin menggunakannya dapat mempertimbangkan segala aspek sesuai kebutuhan.

Jenis Lantai Gabus

Lantai Gabus

Lantai gabus memiiliki beragam variasi yang berbeda, masing-masing lebih cocok untuk diaplikasikan pada ruangan tertentu daripada yang lain.

Jenis gabus yang pertama mungkin dapat dibedakan dari cara memasangnya:
  1. Gabus lantai dalam bentuk ubin, dirancang untuk dipasangkan langsung pada lantai seperti beton ataupun kayu lapis
  2. Gabus lantai berbentuk papan dan ubin yang menyatdu, biasanya diletakan sebagai alas lantai
  3. Gabus lantai dalam bentuk gulungan, sebelum dipasangkan jenis gabus ini perlu dipotong sesuai ukuran lantai agar pas
Beberapa produsen membuat lantai dengan material gabus padat, dan ada juga yang menggunakan inti papan serat. Papan laminate atau sintetis memperlihatkan lapisan dasar gabus terkompresi, lapisan dalam papan serat dan lapisan atas dengan gabus berkualitas tinggi. Produk tersebut biasanya dirancang dengan tepian lidah dan alur seperti pada lantai parket.

Jika dari segi desain dan warna, pilihan lantai gabus mungkin hampir tak terbatas. Meskipun gabus memiliki warna dasar yang terang, namun permukaannya dapat diwarnai untuk menampilkan banyak warna dan efek yang berbeda juga.

Bagaimana Memasang Lantai Gabus?

Lantai Gabus

Secara umum, ada dua cara yang paling utama digunakan. Salah satu yang paling sering dilakukan adalah merekatkannya langsung ke dasar lantai. Dalam proses ini, lantai setidaknya harus didiamkan untuk beradaptasi pada lokasi selama kurang lebih 24 jam.

Anda perlu memperhatikan kebersihan pada area lantai yang akan dipasangkan gabus. Lantai harus dipastikan rata dan bebas dari kelembaban atau kotoran seperti serpihan. Jika anda akan meletakan gabus pada permukaan dasar lantai kayu, maka harus terlebih dahulu di amplas sampai rata.

Namun, sebagian besar produsen gabus lantai menyarankan agar tidak memasangkan gabus diatas lantai vinyl.


Untuk material perekat seperti sealant, ada baiknya untuk menggunakan produk yang direkomendasikan oleh produsen gabus. Karena beberapa jenis perekat lantai tidak bekerja baik untuk jenis lantai ini.

Harga Lantai Gabus

Lantai Gabus

Biaya yang diperlukan untuk menggunakan lantai ini bervariasi, tergantung pada ukuran, ketebalan, kepadatan, serta apakah dilapisi atau disegel.

Di luar negeri jenis lantai ini memiliki cenderung harga berkisar 600 sampai 900 ribuan per meter perseginya.

Sangat disayangkan, jenis lantai yang memiliki banyak keunggulan ini sangat jarang ditemukan di di Indonesia.

Bebapa produsen lantai seperti Toko Lantai Kayu lebih memilih memasarkan lantai laminate atau vinyl dengan harga yang lebih murah dan kualitas produk yang sama.

***

Demikian pembahasan mengenai lantai gabus yang sedang populer kembali dipasaran, besar harapan kami untuk menghadirkan jenis lantai ini ke Indonesia.

Namun anda perlu mengetahui jenis lantai serupa yang memiliki banyak kelebihan seperti lantai laminate dan vinyl yang dapat anda pesan dengan menghubungi marketing kami disini 0821-4444-8887

OUR PRODUCK

Untuk Informasi atau Pemesanan Produk, bisa langsung menghubungi team marketing kami Nurwahid ✆ 0821-4444-8887 Chat Via WA ☎ (021) 5397273

Lantai kayu jati

Lantai Kayu Jati

salah satu produk Lantai Kayu yang terpopuler karena tingkat keawetan serta keindahan serat yang dimiliki, Harga Lantai Kayu jati mulai Rp 220.000,- per meter persegi Selengkapnya

Lantai kayu Merbau

Lantai kayu Merbau

Memiliki serat kayu minimalis dan tegas, memiliki tingkat keawetan yang sangat baik, cocok untuk gunakan untuk rumah rumah modern. Harga Lantai Kayu merbau mulai Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Vinyl

Lantai kayu Vinyl

Kelebihan Lantai Kayu Vinyl adalah sisitem pemasangan yang simple, serta biaya pasang yang murah, salah satu alternatif lantai kayu murah, Harga Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Kayu Laminated

Lantai kayu Laminated

Ragam corak Lantai Kayu Laminated banyak pilihan, bisa di bongkar pasang, cocok untuk penggunaan untuk apartement, pemasangannya mudah dan cepat. Harga Rp 210.000,-/ per meter persegi. Selengkapnya

Decking bengkirai

Decking kayu Bengkirai

Di luar negri di kenal dengan yellow ballau, penggunaan untuk area outdoor, memiliki sifat tahan terhadap kebusukan serta terpaan air hujan langsung. Harga Mulai Rp 380.000,- /meter persegi. Selengkapnya

Decking Ulin

Decking kayu Ulin

Termasuk 10 jenis Kayu terkuat di dunia, tingkat keawetan bisa seumur hidup.Apabila terkena air dalam jangka waktu lama, struktur kayu makin padat, tidak akan terjadi pembusukan. Harga Mulai Rp 730.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Decking Merbau

Decking kayu merbau

Kayu merbau memiliki karakteristik yang tahan untuk penempatan area outdoor, tidak perlu khawatir, meskipun terkena panas dan hujan langsung kayu akan rusak. Harga Decking kayu Merbau Mulai Rp 430.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Plafon kayu

Plafon kayu Lumberceiling

Selain untuk Plafon kayu, bisa juga digunakan untuk bahan dinding kayu, tersedia dari bahan kayu Bengirai dan bahan kayu Ulin. Harga mulai Rp 280.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Papan tangga Merbau

Papan tangga kayu Merbau

Ukuran telah di sesuaikan dengan tandar ukuran tangga, bisa custom ukuran.Tersedia papan tangga tanpa sambung dan sambung 2 layer, serta pilihan papan tangga polos atau dengan antislip. Harga mulai Rp 200.000,-/Pcs. Selengkapnya

London

Papan tangga kayu Jati

Papan tangga kayu jati salah satu produk yang cukup sulit, Karena ketersediaan bahan baku yang semakin susah. untuk pemesanan papan tangga jati tanpa sambung indent 1 bulan. Harga mulai Rp 400.000,-/Pcs. Selengkapnya

Produk Berkualitas, dan Bergaransi.Layanan pemesanan untuk seluruh wilayah Indonesia.