Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ㅤTeleponWhatsAppㅤ tokopedia toko lantai kayu shopee toko lantai kayu ☏ Office (022) 6078505

Bedah Sistem Tongue And Groove (T&G) Pada Parket Kayu

Tongue And Groove

Tongue And Groove, Tokolantaikayu.net
- Sekarang perkembangan seputar lantai semakin maju, hal tersebut dibuktikan dengan hadirnya beragam jenis lantai yang mendukung fitur keselamatan maupun tampilan visualnya.

Di pasaran sendiri, lantai kayu menduduki posisi atas dalam jenis lantai yang menciptakan kesan mewah pada ruangan. Lantai kayu juga seringkali diaplikasikan pada bangunan mewah ataupun bangunan minimalis.

Nuansa alami serta rasa hangat membuat lantai kayu semakin populer, apalagi saat ini hadir lantai kayu dengan fitur T&G atau Tongue And Groove, yang merupakan sistem penguncian handal terdapat pada bagian samping papan kayu. Membuat pemasangannya menjadi lebih mudah dan presisi.

Berikut beberapa informasi seputar fitur T&G yang terdapat pada lantai kayu ataupun benda lainnya.

Pengertian Tongue And Groove

Tongue And Groove

Tongue And Groove atau sering disingkat menjadi T&G ini merupakan sistem penguncian yang menggunakan bentuk berbeda pada setiap ujung benda agar lebih rapat dan presisi. Terinspirasi dari bentuk yang sesuai dengan namanya yaitu lidah (tongue) dan alur (groove), dengan kontruksi satu bagian menonjol dan bagian lainnnya sebagai alur.

Sistem penguncian ini kerapkali digunakan pada lantai kayu sehingga membuatnya menjadi lebih kuat dan efektif, lantai kayu dengan penguncian Tongue And Groove ini tentu akan menjadi lebih presisi dan tahan dari pergeseran yang membuat tidak maksimal.

Tongue And Groove bekerja dengan merapatkan satu bagian lidah dan bagian alur untuk mengunci setiap papan agar tidak bergerak ke atas atau bawah, sehingga tidak perlu di rekatkan dengan bantuan paku ataupun sekrup.

Bagi orang awam sekalipun fitur penguncian ini akan mudah dimengerti atau difahami karena hanya perlu merapatkan kedua sisi yang berbeda. Jadi tidak menjadi masalah baru bagi orang yang tidak faham dengan pemasangan dengan metode kuncian.

Keunggulan Sistem Penguncian Tongue And Groove

Tongue And Groove

Dari pengertian diatas anda mungkin dapat menerka-nerka bagaimana sistem penguncian Tongue And Groove dapat memberikan banyak keunggulan. Tentu dengan beberapa keunggulannya, menjadikan sistem T&G ini semakin populer dan banyak diaplikasikan pada banyak benda selain lantai kayu.

Berikut beberapa keunggulan yang dimiliki sistem penguncian T&G:

Kemudahan Pemasangan

Lantai kayu atau benda lain yang menggunakan Tongue And Groove sebagai sistem pengunciannya dapat memudahkan pemasangan, sehingga dapat mempercepat waktu pengerjaan.

Dengan penguncian T&G anda tak perlu lagi menggunakan paku atau sekrup untuk memastikan papan diposisi yang benar atau presisi, karena T&G membuat setiap potongan lantai kayu lebih rapat dan tidak bergerak kearah yang tidak diinginkan.

Hemat Biaya

Meski lantai kayu yang dibuat dengan fitur Tongue And Groove terbilang lebih mahal daripada potongan lantai kayu biasa, akan tetapi itu sebanding dengan manfaat yang dihasilkan.

Dengan fitur penguncian T&G anda tak perlu lagi memerlukan nailgun dengan paku atau sekrup untuk menguncinya. Hal tersebut dapat memangkas biaya yang perlu anda keluakan untuk membeli alat atau waktu bekerja tukang.

Memaksimalkan Pemasangan

Dengan menggunakan fitur penguncian T&G ini membuat pemasangan lantai kayu menjadi lebih rata, presisi dan kuat. Serta dapat meminimalisir masalah pemasangan lantai kayu seperti melengkung, tidak rata ataupun timbul.

Sistem penguncian ini juga menjadikan setiap papan kayu lebih rapat, sehingga ketika ditambahkan finishing akan lebih tahan terhadap air.

Meningkatkan Tampilan Visual

Selain dapat memaksimalkan pemasangan, keunggulan lain yang dimiliki Tongue And Groove adalah variasi dalam lantai kayu yang beragam.

Lantai kayu dengan fitur T&G tersedia dari beragam desain, motif, warna, dan merk, sehingga anda dapat menentukan gaya atau desain yang sesuai dengan rumah.

Jenis Lantai Kayu Tongue And Groove

Sebetulnya sistem penguncian ini dapat diaplikasikan dengan beragam benda hingga jenis lantai. Namun saat ini T&G lebih dikenal dalam produk lantai kayu, karena kayu menjadi material yang efektif untuk menggunakan kuncian T&G.

Berikut jenis lantai kayu dengan fitur T&G yang tersedia dan dapat langsung dibeli di Tokolantaikayu:

Lantai Parket

Lantai Parket Jati

Parket merupakan produk lantai yang terbuat dari kayu solid (100% kayu alami) yang berbentuk potongan persegi panjang dengan ukuran ketebalan yang biasanya sekitar 1-2 cm. Memiliki beragam jenis pilihan namun yang paling berkualitas adalah parket kayu jati.

Biasanya parket digunakan untuk melapisi lantai utama sebuah hunian ataupun bangunan komersil, parket seringkali digunakan karena memiliki segudang kelebihan, salah satunya adalah tampilan visual yang ciamik.

Apalagi jika menggunakan fitur T&G, parket akan mudah diaplikasikan tanpa menggunakan paku yang dapat membuat permukaannya tidak mulus.

Lantai Laminate

Lantai Laminate

Selain lantai yang terbuat dari kayu solid, ada juga jenis lantai kayu sintetis atau lantai kayu buatan. Sesuai dengan namanya, jenis lantai ini terbuat dari material papan HDF.

Jika anda tidak tahu, HDF (High Density Fibreboard) merupakan lempengan papan yang terbuat dari material serbuk kayu yang dipadatkan dengan campuran zat tertentu. Tentu papan buatan ini memiliki kualitas yang cukup baik dan dapat disandingkan dengan jenis lantai lain.

Lantai laminate lebih mudah metode pemasangannya dibanding parket, meski sama memiliki fitur T&G, laminate didukung lapisan perekat dibawhanya sehingga anda hanya tinggal memasangnya tanpa perlu menambahkan lem atau perekat lainnya.

OUR PRODUCK

Untuk Informasi atau Pemesanan Produk, bisa langsung menghubungi team marketing kami Nurwahid ✆ 0821-4444-8887 Chat Via WA ☎ (021) 5397273

Lantai kayu jati

Lantai Kayu Jati

salah satu produk Lantai Kayu yang terpopuler karena tingkat keawetan serta keindahan serat yang dimiliki, Harga Lantai Kayu jati mulai Rp 220.000,- per meter persegi Selengkapnya

Lantai kayu Merbau

Lantai kayu Merbau

Memiliki serat kayu minimalis dan tegas, memiliki tingkat keawetan yang sangat baik, cocok untuk gunakan untuk rumah rumah modern. Harga Lantai Kayu merbau mulai Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Vinyl

Lantai kayu Vinyl

Kelebihan Lantai Kayu Vinyl adalah sisitem pemasangan yang simple, serta biaya pasang yang murah, salah satu alternatif lantai kayu murah, Harga Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Kayu Laminated

Lantai kayu Laminated

Ragam corak Lantai Kayu Laminated banyak pilihan, bisa di bongkar pasang, cocok untuk penggunaan untuk apartement, pemasangannya mudah dan cepat. Harga Rp 210.000,-/ per meter persegi. Selengkapnya

Decking bengkirai

Decking kayu Bengkirai

Di luar negri di kenal dengan yellow ballau, penggunaan untuk area outdoor, memiliki sifat tahan terhadap kebusukan serta terpaan air hujan langsung. Harga Mulai Rp 380.000,- /meter persegi. Selengkapnya

Decking Ulin

Decking kayu Ulin

Termasuk 10 jenis Kayu terkuat di dunia, tingkat keawetan bisa seumur hidup.Apabila terkena air dalam jangka waktu lama, struktur kayu makin padat, tidak akan terjadi pembusukan. Harga Mulai Rp 730.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Decking Merbau

Decking kayu merbau

Kayu merbau memiliki karakteristik yang tahan untuk penempatan area outdoor, tidak perlu khawatir, meskipun terkena panas dan hujan langsung kayu akan rusak. Harga Decking kayu Merbau Mulai Rp 430.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Plafon kayu

Plafon kayu Lumberceiling

Selain untuk Plafon kayu, bisa juga digunakan untuk bahan dinding kayu, tersedia dari bahan kayu Bengirai dan bahan kayu Ulin. Harga mulai Rp 280.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Papan tangga Merbau

Papan tangga kayu Merbau

Ukuran telah di sesuaikan dengan tandar ukuran tangga, bisa custom ukuran.Tersedia papan tangga tanpa sambung dan sambung 2 layer, serta pilihan papan tangga polos atau dengan antislip. Harga mulai Rp 200.000,-/Pcs. Selengkapnya

London

Papan tangga kayu Jati

Papan tangga kayu jati salah satu produk yang cukup sulit, Karena ketersediaan bahan baku yang semakin susah. untuk pemesanan papan tangga jati tanpa sambung indent 1 bulan. Harga mulai Rp 400.000,-/Pcs. Selengkapnya

Produk Berkualitas, dan Bergaransi.Layanan pemesanan untuk seluruh wilayah Indonesia.