Spesialist Lantai Kayu

☏ Office (022) 6078505 / (021) 5307273 ✆ Mobile 08121001419 Chat Via WA Klik disini

Apa Yang Menyebabkan Lantai Kayu Melengkung, Melenting & Timbul?

lantai melengkung

Lantai kayu
 pada umumnya dapat bertahan hingga ratusan tahun lamanya, tentu itu jika anda merawatnya dengan baik dan benar. Namun bisa saja lantai kayu tersebut rusak dengan berbagai bentuk seperti melengkung, timbul, atau melenting. Hal tersebut dapat terjadi karena beberapa faktor, contohnya kondisi cuaca.

Jika anda menemukan masalah serupa pada lantai kayu di rumah, ada banyak cara untuk mengetahui penyebabnnya. Kami akan menguraikan setiap potensi kerusakan yang terjadi sampai cara memperbaikinya.

Berikut hal penting yang perlu anda ketahui sebelum mengganti lantai kayu yang rusak:

Penyebab Lantai Kayu Melengkung

lantai melengkung

Papan kayu solid bisa saja bengkok atau melenting karena faktor kelembaban di area rumah atau perubahan kondisi cuaca pada luar ruangan, sehingga membuat beberapa bagiannya timbul ke atas dengan jelas diantara papan lantai lainnya. 

Pertimbangkan beberapa penyebab kerusakan lantai kayu berikut agar anda dapat mencegahnya sebelum mulai merasakan kondisi serupa.

  • Perubahan Suhu: Secara alami, kayu dalam keadaan suhu panas dapat mengembang dengan sendirinya, dan menyusut ketika suhu menjadi lebih dingin. Jika anda berada di wilayah dengan kondisi cuaca ekstrim, mungkin akan melihat beberapa papan lantai kayu akan mengembang dan timbul. Usahakan untuk menjaga kelembaban yang baik untuk mencegah kerusakan akibat suhu luar ruangan.
  • Lantai Dasar Lembab: Seorang yang ahli dalam memasang lantai kayu, akan mengecek kada air (MC) pada lantai dasar sebelum mulai memasangkan setiap papan kayu. Ini menjadi salah satu alasan penting mengapa anda perlu menggunakan jasa pasang parket yang sudah berpengalaman. Jika kadar air pada dasar lantai terlalu tinggi tentu akan membuatnya menjadi lembab dan mengakibatkan lantai kayu melengkung dan timbul.
  • Dasar Lantai Dari Beton: Pondasi dasar yang terbuat dari beton memang rentan terhadap kelembaban, apalagi jika beton belum kering sempurna ketika akan memasangkan lantai kayu. Pastikan terlebih dahulu bahwa lantai dasar beton sudah benar-benar kering.
  • Kebocoran Air: Selain perlu mengetahui kelembaban dibawah lantai kayu, anda juga harus mencari sumber kelembaban tersebut. Pastikan tidak ada peralatan rumah tangga yang bocor seperti pada pipa wastafel, ataupun saluran air lain yang meneteskan air secara terus menerus. Jika sudah menemukan titik sumber kebocoran, segerakan untuk memperbaikinya dan anda tidak akan khawatir dengan kemebaban yang akan terjadi.
  • Pemasangan Lantai Kayu Salah: Banyak kasus lantai kayu timbul atau melenting karena pemasangannya yang buruk. Biasanya pada saat memasangkan lantai kayu, tidak mempertimbangkan beberapa hal seperti ruang untuk kayu mengembang, volume lem atau perekat yang berlebihan dan lain sebagainya. Pastikan anda memasangnya dengan teliti dan mempertimbangakan seluruh faktor yang dapat menjadi kerusakan dikemudian hari.
Baca Disini:

Tips Menghindari Lantai Kayu Melenting atau Timbul

lantai melengkung

Lantai kayu akan awet dan tahan lama jika diwarat dengan baik dan benar, namun ketika mulai mengembang dan melenting, hal itu dapat memperpendek usia pakainya. Untuk mencegah hal tersebut, perhatikan tips dibawah ini:
  • Segera Bersihkan Tumpahan: Alaminya kayu akan menyerap air dengan mudah, jadi ketika terjadi tumpahan alangkah baiknya untuk segera di lap atau dikeringkan. Genangan air dapat membuat lantai kayu mengembang dan menumbuhkan jamur di permukaan atau bagian bawahnya. Bila dirumah banyak anak-anak, berilah mereka arahan ketika menumpahkan minuman, agar segera membersihkannya.
  • Menutup Celah Jendela dan Pintu: Celah dari jendela ataupun pintu dapat membiarkan udara dari luar masuk. Cuaca buruk dari luar dapat mempengaruhi dalam ruangan ketika membiarkan celah rumah terbuka. Usahakan untuk menutup setiap celah dengan dempul ataupun silikon.
  • Periksa Kebocoran: Periksakan setiap sumber air dari tetesan air yang menuju area lantai kayu. Biasanya kebocoran terjadi pada wastafel, toilet, pencuci piring, dan mesin cuci. Jika melihat genangan di sekitar area tersebut, segeralah perbaiki.
  • Atur kelembaban Didalam Ruangan: Perubahan iklim dapat merusak lantai kayu, jadi penting untuk mengatur kelembaban didalam ruangan, apalagi di kondisi cuaca yang tidak baik seperti sekarang. Gunakan AC untuk mengatur suhu didalam ruangan agar tetap stabil, jangan mengaturnya untuk terlalu dingin ataupun panas, karena itu akan membuat ruangan lembab.
  • Gunakan Produk Pembersih Yang Ramah Kayu: Alangkah baiknya berkonsultasi dengan produsen atau jasa pasang profesional untuk menentukan produk pembersih lantai kayu yang baik. Meski dipasaran tersedia banyak produk pembersih, diantaranya terdapat zat kimia yang justru dapat merusak lantai kayu.
  • Pakai Lapisan Finshing: Meski lapisan finishing tidak akan membuat lantai kayu menjadi tahan air, namun itu akan lebih memberikan perlindungan yang baik untuk permukaan lantai kayu anda. Biasanya jasa pasang kami akan selalu menambahkan lapisan finishing untuk memberikan perlindungan ataupun menciptakan keindahan.

Cara Memperbaiki Lantai Kayu Yang Melengkung, Melenting atau Timbul

lantai melengkung

Jika anda sudah terlanjur mengalami kerusakan tersebut pada lantai kayu, cabalah beberapa langkah dibawah ini agar tidak langsung menggantinya:

Keringkan Lantai 

Sebelum anda menggantinya, cobalah untuk mengeringkan seluruh area lantai kayu dengan alat dehumidfier atau beberapa kipas besar. Karena disaat lantai kayu mengering maka akan kembali menyusut dan kebentuk awal sebelum mengembang. Setelah menyusut mungkin ada beberapa celah yang terbuka, gunakan filler kayu untuk memperbaiki setiap celah tersebut.

Hal ini juga termasuk pada kebocoran yang terjadi pada alat rumah, keringkan segera dan biarkan lantai kayu sering untuk memulihkan ke bentuk semula agar tidak timbul.

Amplas

Jika keruskan dari kelembaban telah lama didiamkan dan meluar, amplas seluruh permukaan lantai kayu untuk mengembalikannya ke bentuk semula.

Namun sebelum mulai mengamplas permukaannya, pastikan untuk memperbaiki setiap sumber masalahnya seperti kebocoran. 

Lapisi Kembali Permukaannya

Setalah tadi anda mengamplasnya, mungkin tampilan lantai kayu akan terlihat kurang baik. Lapisi kembali permukaannya dengan beberapa lapisan finishing seperti pelindung dan cat warna.

Untuk menghadirkan warna lantai lama mungkin akan menjadi sulit karena kelembaban dan pengeringan yang sudah dilakukan akan merusak warna sebelumnya, disarankan untuk membuat warna baru dan menciptakan tampilan yang seragam.

Ganti Papan Kayu

Jika semua cara memperbaiki lantai kayu rusak diatas tidak berhasil, langkah terakhirnya adalah dengan mengganti bagian yang rusak ataupun seluruh papan kayunya. 

Konsultasikan dengan pemasang lantai kayu untuk meminta bagian papan yang rusak atau mengganti seluruh lantai kayu yang telah rusak.

Baca Selanjutnya:

OUR PRODUCK

Untuk Informasi atau Pemesanan Produk, bisa langsung menghubungi team marketing kami Nurwahid ✆ 0821-4444-8887 Chat Via WA ☎ (021) 5397273

Lantai kayu jati

Lantai Kayu Jati

salah satu produk Lantai Kayu yang terpopuler karena tingkat keawetan serta keindahan serat yang dimiliki, Harga Lantai Kayu jati mulai Rp 220.000,- per meter persegi Selengkapnya

Lantai kayu Merbau

Lantai kayu Merbau

Memiliki serat kayu minimalis dan tegas, memiliki tingkat keawetan yang sangat baik, cocok untuk gunakan untuk rumah rumah modern. Harga Lantai Kayu merbau mulai Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Vinyl

Lantai kayu Vinyl

Kelebihan Lantai Kayu Vinyl adalah sisitem pemasangan yang simple, serta biaya pasang yang murah, salah satu alternatif lantai kayu murah, Harga Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Kayu Laminated

Lantai kayu Laminated

Ragam corak Lantai Kayu Laminated banyak pilihan, bisa di bongkar pasang, cocok untuk penggunaan untuk apartement, pemasangannya mudah dan cepat. Harga Rp 210.000,-/ per meter persegi. Selengkapnya

Decking bengkirai

Decking kayu Bengkirai

Di luar negri di kenal dengan yellow ballau, penggunaan untuk area outdoor, memiliki sifat tahan terhadap kebusukan serta terpaan air hujan langsung. Harga Mulai Rp 380.000,- /meter persegi. Selengkapnya

Decking Ulin

Decking kayu Ulin

Termasuk 10 jenis Kayu terkuat di dunia, tingkat keawetan bisa seumur hidup.Apabila terkena air dalam jangka waktu lama, struktur kayu makin padat, tidak akan terjadi pembusukan. Harga Mulai Rp 730.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Decking Merbau

Decking kayu merbau

Kayu merbau memiliki karakteristik yang tahan untuk penempatan area outdoor, tidak perlu khawatir, meskipun terkena panas dan hujan langsung kayu akan rusak. Harga Decking kayu Merbau Mulai Rp 430.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Plafon kayu

Plafon kayu Lumberceiling

Selain untuk Plafon kayu, bisa juga digunakan untuk bahan dinding kayu, tersedia dari bahan kayu Bengirai dan bahan kayu Ulin. Harga mulai Rp 280.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Papan tangga Merbau

Papan tangga kayu Merbau

Ukuran telah di sesuaikan dengan tandar ukuran tangga, bisa custom ukuran.Tersedia papan tangga tanpa sambung dan sambung 2 layer, serta pilihan papan tangga polos atau dengan antislip. Harga mulai Rp 200.000,-/Pcs. Selengkapnya

London

Papan tangga kayu Jati

Papan tangga kayu jati salah satu produk yang cukup sulit, Karena ketersediaan bahan baku yang semakin susah. untuk pemesanan papan tangga jati tanpa sambung indent 1 bulan. Harga mulai Rp 400.000,-/Pcs. Selengkapnya

Produk Berkualitas, dan Bergaransi.Layanan pemesanan untuk seluruh wilayah Indonesia.

ă…¤TeleponWhatsAppă…¤ tokopedia toko lantai kayu shopee toko lantai kayu ☏ Office (022) 6078505