Spesialist Lantai Kayu

☏ Office (022) 6078505 / (021) 5307273 ✆ Mobile 08121001419 Chat Via WA Klik disini

Perbandingan PVC, SPC & WPC: Mana Yang Lebih Baik?

PVC, SPC, WPC

Pernahkah kalian mendengar tentang PVC, SPC, dan WPC? Ketiga material ini merupakan jenis bahan yang banyak digunakan dalam industri konstruksi maupun desain interior. 

Meskipun mereka memiliki kesamaan dalam hal penggunaan dan penampilan, sebenarnya ada perbedaan yang penting untuk diketahui di antara ketiganya. 

Dalam artikel ini, kita akan mempelajari tentang PVC, SPC, dan WPC secara mendalam, serta membandingkan kelebihan dan kelemahannya masing-masing.

Definisi Material

PVC, SPC, WPC

Apa Itu PVC?

PVC, atau Polyvinyl Chloride, adalah jenis material yang sering digunakan dalam berbagai industri, termasuk pembuatan furnitur. PVC merupakan bahan sintetis yang terbuat dari kombinasi klorin dan etilen. 

Material ini dikenal karena kekuatannya, daya tahan terhadap cuaca, dan kemampuannya untuk tahan terhadap noda. PVC juga memiliki sifat ringan dan mudah dalam proses produksi, sehingga memungkinkan pembuatan furnitur dengan desain yang beragam. 

Keunggulan lainnya dari PVC adalah kemampuannya untuk mudah dibersihkan dan tidak mudah terpengaruh oleh perubahan suhu atau kelembaban. Dengan semua kelebihan ini, PVC telah menjadi pilihan yang populer dalam industri furnitur modern.

Apa Itu SPC?

Stone Plastic Composite, adalah jenis material yang sering digunakan dalam industri furnitur. SPC terbuat dari campuran serbuk batu kapur dan resin PVC. Material ini memiliki struktur yang kuat dan tahan lama. 

SPC dikenal karena ketahanannya terhadap goresan, noda, dan kelembaban. Furnitur yang terbuat dari SPC juga relatif mudah dipasang dan dirawat. 

Selain itu, SPC sering dipilih karena kemampuannya untuk meniru tampilan alami kayu atau batu dengan harga yang lebih terjangkau. Dengan kelebihan-kelebihan ini, SPC telah menjadi alternatif populer untuk material furnitur modern.

Apa Itu WPC?

WPC (Wood Plastic Composite) adalah jenis material yang juga digunakan dalam industri furnitur. WPC terbuat dari campuran serbuk kayu dan resin plastik. Material ini memiliki keunikan karena menggabungkan kekuatan dan keindahan alami kayu dengan daya tahan dan kepraktisan resin plastik. 

WPC sering digunakan dalam pembuatan furnitur karena tampilannya yang menyerupai kayu alami, namun dengan kelebihan dalam hal daya tahan terhadap cuaca, rayap, dan kelembaban. 

Selain itu, furnitur yang terbuat dari WPC relatif mudah dalam perawatan dan membutuhkan sedikit usaha dalam pemeliharaannya.

Tabel Perbandingan Material PVC, SPC, dan WPC

PVC, SPC, WPC

Aspek Penilaian PVC SPC WPC
Tahan Terhadap... Cuaca, rayap, kelembaban Goresan, noda, kelembaban Cuaca, rayap, kelembaban
Keunggulan Utama Ringan, mudah diproduksi, mudah dibersihkan Kuat, tahan lama, mudah dipasang dan dirawat Kombinasi kekuatan kayu dan daya tahan plastik
Kelemahan Utama Kurang ramah lingkungan Cenderung lebih keras Perubahan warna seiring waktu
Estetika Beragam pilihan desain dan warna Menyerupai tampilan batu/kayu alami Menyerupai tampilan kayu alami
Daya Tahan Tahan lama dan tahan terhadap noda Tahan terhadap goresan dan noda Tahan terhadap cuaca, rayap, dan noda
Kepraktisan Mudah dalam perawatan dan pemeliharaan Mudah dipasang dan dirawat Memerlukan perawatan lebih lanjut
Harga Umumnya lebih terjangkau Umumnya sedikit lebih mahal Tergantung pada jenis kayu yang digunakan
Ramah Lingkungan Memiliki dampak lingkungan yang lebih rendah - Ramah lingkungan dengan penggunaan bahan daur ulang

Penting untuk dicatat bahwa penilaian ini bersifat umum dan dapat bervariasi tergantung pada merek dan kualitas spesifik dari setiap material. Sebaiknya lakukan penelitian lebih lanjut dan berkonsultasi dengan produsen atau ahli furnitur sebelum membuat keputusan.

Perbandingan Penggunaan Material di Bidang Interior

PVC, SPC, WPC

Dalam bidang interior, pemilihan material antara PVC, SPC, dan WPC tergantung pada kebutuhan, dan lingkungan penggunaannya. #1 PVC merupakan pilihan yang umum digunakan karena kepraktisannya dan tampilan yang beragam. Material ini ringan, mudah dibersihkan, dan tahan terhadap cuaca, rayap, serta kelembaban. PVC juga memiliki berbagai pilihan desain dan warna, sehingga dapat disesuaikan dengan gaya dan tema ruangan.

Di sisi lain, #2 SPC menawarkan kekuatan dan daya tahan yang lebih tinggi. Material ini tahan terhadap goresan, noda, dan kelembaban. SPC juga memiliki tampilan yang menyerupai batu atau kayu alami, memberikan kesan elegan dan alami pada interior. Keunggulan lainnya adalah kemudahan pemasangan dan perawatannya yang relatif sederhana.

Sementara itu, #3 WPC menggabungkan kekuatan kayu dengan daya tahan plastik. Material ini menawarkan tampilan yang menyerupai kayu alami, namun memiliki ketahanan terhadap cuaca, rayap, dan kelembaban. WPC juga dianggap lebih ramah lingkungan karena menggunakan bahan daur ulang. Namun, perlu diperhatikan bahwa WPC dapat mengalami perubahan warna seiring waktu dan memerlukan perawatan yang lebih lanjut.

Dalam pemilihan material untuk bidang interior, penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor seperti kemudahan, tampilan estetika, kekuatan, daya tahan, serta jangka pangjangnya. Setiap material memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Oleh karena itu,  kembali lagi kami ingatkan untuk melibatkan ahli interior atau berkonsultasi dengan produsen material untuk memastikan pilihan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda.

Perbandingan Penggunaan Material di Bidang Eksterior

PVC, SPC, WPC

Dalam bidang eksterior, pemilihan material antara PVC, SPC, dan WPC juga sangat penting untuk memastikan daya tahan terhadap elemen luar, estetika, dan kepraktisan. Berikut adalah penjelasan mengenai masing-masing material:

PVC merupakan pilihan yang populer untuk eksterior karena tahan terhadap cuaca ekstrim, rayap, dan kelembaban. Material ini ringan, mudah dipasang, dan memungkinkan variasi desain yang beragam. Selain itu, PVC juga dapat dibentuk untuk menciptakan detail arsitektur yang rumit. Pada eksterior, PVC sering digunakan untuk membuat pagar, pintu, jendela, dan panel dinding.

SPC juga merupakan material yang tahan terhadap elemen luar. Keunggulan utamanya adalah kekuatan dan daya tahan yang tinggi terhadap goresan, noda, serta kelembaban. SPC sering digunakan untuk lantai eksterior, terutama di area dengan paparan air yang tinggi seperti teras, kolam renang, atau area dengan cuaca yang berubah-ubah. Selain itu, tampilan SPC yang menyerupai batu atau kayu alami dapat memberikan estetika yang menarik pada eksterior.


WPC juga dapat menjadi pilihan yang baik untuk eksterior. Kombinasi kekuatan kayu dan daya tahan plastik membuat WPC tahan terhadap cuaca, rayap, dan kelembaban. Material ini sering digunakan untuk dek, pagar, dan fasad bangunan. WPC menawarkan tampilan yang menyerupai kayu alami, tetapi tidak memerlukan perawatan yang intensif seperti kayu asli. Namun, perlu diperhatikan bahwa WPC dapat mengalami perubahan warna seiring waktu dan membutuhkan perawatan periodik untuk mempertahankan penampilannya.

Dalam memilih material untuk eksterior, penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor seperti ketahanan terhadap cuaca ekstrim, kepraktisan perawatan, dan tampilan estetika yang diinginkan. Selalu lakukan penelitian, konsultasikan dengan ahli, dan pertimbangkan kebutuhan spesifik sebelum membuat keputusan apakah akan menggunakan PVC, SPC atau WPC.

OUR PRODUCK

Untuk Informasi atau Pemesanan Produk, bisa langsung menghubungi team marketing kami Nurwahid ✆ 0821-4444-8887 Chat Via WA ☎ (021) 5397273

Lantai kayu jati

Lantai Kayu Jati

salah satu produk Lantai Kayu yang terpopuler karena tingkat keawetan serta keindahan serat yang dimiliki, Harga Lantai Kayu jati mulai Rp 220.000,- per meter persegi Selengkapnya

Lantai kayu Merbau

Lantai kayu Merbau

Memiliki serat kayu minimalis dan tegas, memiliki tingkat keawetan yang sangat baik, cocok untuk gunakan untuk rumah rumah modern. Harga Lantai Kayu merbau mulai Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Vinyl

Lantai kayu Vinyl

Kelebihan Lantai Kayu Vinyl adalah sisitem pemasangan yang simple, serta biaya pasang yang murah, salah satu alternatif lantai kayu murah, Harga Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Kayu Laminated

Lantai kayu Laminated

Ragam corak Lantai Kayu Laminated banyak pilihan, bisa di bongkar pasang, cocok untuk penggunaan untuk apartement, pemasangannya mudah dan cepat. Harga Rp 210.000,-/ per meter persegi. Selengkapnya

Decking bengkirai

Decking kayu Bengkirai

Di luar negri di kenal dengan yellow ballau, penggunaan untuk area outdoor, memiliki sifat tahan terhadap kebusukan serta terpaan air hujan langsung. Harga Mulai Rp 380.000,- /meter persegi. Selengkapnya

Decking Ulin

Decking kayu Ulin

Termasuk 10 jenis Kayu terkuat di dunia, tingkat keawetan bisa seumur hidup.Apabila terkena air dalam jangka waktu lama, struktur kayu makin padat, tidak akan terjadi pembusukan. Harga Mulai Rp 730.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Decking Merbau

Decking kayu merbau

Kayu merbau memiliki karakteristik yang tahan untuk penempatan area outdoor, tidak perlu khawatir, meskipun terkena panas dan hujan langsung kayu akan rusak. Harga Decking kayu Merbau Mulai Rp 430.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Plafon kayu

Plafon kayu Lumberceiling

Selain untuk Plafon kayu, bisa juga digunakan untuk bahan dinding kayu, tersedia dari bahan kayu Bengirai dan bahan kayu Ulin. Harga mulai Rp 280.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Papan tangga Merbau

Papan tangga kayu Merbau

Ukuran telah di sesuaikan dengan tandar ukuran tangga, bisa custom ukuran.Tersedia papan tangga tanpa sambung dan sambung 2 layer, serta pilihan papan tangga polos atau dengan antislip. Harga mulai Rp 200.000,-/Pcs. Selengkapnya

London

Papan tangga kayu Jati

Papan tangga kayu jati salah satu produk yang cukup sulit, Karena ketersediaan bahan baku yang semakin susah. untuk pemesanan papan tangga jati tanpa sambung indent 1 bulan. Harga mulai Rp 400.000,-/Pcs. Selengkapnya

Produk Berkualitas, dan Bergaransi.Layanan pemesanan untuk seluruh wilayah Indonesia.

ă…¤TeleponWhatsAppă…¤ tokopedia toko lantai kayu shopee toko lantai kayu ☏ Office (022) 6078505