Spesialist Lantai Kayu

☏ Office (022) 6078505 / (021) 5307273 ✆ Mobile ✆ 0821-4444-8887 Chat Via WA Klik disini

Asal Usul Kayu Kamper, Karakteristik dan Manfaatnya!

kayu kamper

Kayu Kamper, Tokolantaikayu.net - Ada banyak sekali beragam jenis material yang kerap digunakan pada konstruksi bangunan, dan salah satunya adalah kayu. 

Ya, kayu bisa dijadikan beragam kebutuhan bangunan, mulai dari kaso, kusen pintu, batang jendela, penyangga kaca jendela, dan masih banyak lagi. Sekarang ini terdapat banyak jenis kayu yang bagus dan berkualitas tinggi sehingga cocok dijadikan untuk material bangunan.

Baca Juga:
Beragam produk lantai kayu untuk dekorasi rumah mewah!

Mengingat Indonesia kaya akan alamnya, tentu saja tidak akan sulit bagi kita untuk menjumpai material kayu di pasaran. Seperti halnya kayu kamper, yang memang paling banyak dicari konsumen ketimbang jenis material kayu lainnya. 

Pasalnya, kayu kamper memiliki daya tahan yang sangat bagus dan terhadap rayap lho. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai kayu kamper, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Mengenal Apa itu kayu Kamper

kayu kamper

 Asal-usul Kayu Kamper

Kamper memiliki nama latin cinnamomum camphora yang banyak dijumpai di kawasan tropis seperti Kalimantan. 

Seiring dengan berjalannya waktu, kini kayu kamper juga mulai di budidayakan di daerah-daerah subtropics. Samarinda pun menjadi salah satu daerah penghasil kayu kamper terbaik di seluruh Kalimantan.

Ukuran pohonnya berkisar 20 – 30 meter dengan diameter yang mencapai 0,6 hingga 1,2 meter. Tak hanya itu, pohonnya juga memiliki aroma khas yang sesuai dengan namanya yakni kamper. 

Karena aroma tersebut, kayu ini pun dinamai dengan “kayu kamper”.  

Baca Juga:
Mengetahui Urutan Kayu Terkuat Yang Tumbuh di Indonesia

Ciri Khas Kayu kamper

kayu kamper

Dalam membedakan kayu kamper dengan jenis kayu lainnya, tentu saja ia memiliki ciri khasnya tersendiri. Salah satu ciri khas dari kayu kamper, yakni terdapat pada seratnya yang didominasi oleh pola lurus atau bergelombang. 

Dari segi tekstur, kayu kamper ini terasa agak kasar ketika diraba. Bahkan, kayu kamper pun tampak mengkilap. 

Untuk ukuran usianya, kayu kamper termasuk salah satu jenis kayu yang awet dan tahan lama. Menariknya lagi, kayu kamper mempunyai tingkat resistensi pada hama insekta tertentu lho. 

Kelebihan Kayu Kamper

Untuk kualitas terbaik, maka kamu harus memilih kayu kamper dari Samarinda. Ya, seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa Samarinda merupakan penghasil kayu kamper terbaik ketimbang daerah lainnya yang ada di Kalimantan. 

Pasalnya, kayu kamper dari Samarinda mempunyai pola serat yang indah sehingga tidak membutuhkan lagi proses finishing. 

kayu kamper

Tak hanya terkenal kuat dan tahan lama, kayu kamper juga tahan terhadap rayap. Kendati demikian, bukan berarti bahwa kayu kamper ini tidak membutuhkan perawatan. 

Jika ingin tetap awet dan tahan lama, tentu saja kamu harus memberinya perawatan yang baik.

Kayu kamper termasuk kedalam kelas awet II, II dan kelas kuat I, II menjadikannya banyak dipilih untuk dijadikan berbagai macam produk furniture. 

Baca Juga:
7 Jenis Kayu Kelas 1 Yang Populer & Bagus Untuk Furnitur

Itu sebabnya, mengapa kayu kamper selalu dijadikan alternative pengganti kayu jati karena kualitasnya yang hampir sama. Menariknya lagi, harga kayu kamper ini jauh lebih murah dibanding kayu jati.

Lantas, mengapa kayu kamper kuat terhadap serangan rayap? Mengingat jenis kayu yang satu ini memiliki aroma khas kamper, maka tak heran jika rayap sangat tidak menyukainya. 

Tak hanya rayap, jenis hama lainnya pun enggan untuk mendekati kayu kamper. itu artinya, kamu tidak perlu khawatir kayu menjadi lapuk dan tidak perlu mencari cara untuk membasmi hama.

Kekurangan Kayu Kamper

Dibalik beberapa keunggulan yang dimilikinya, ternyata kayu kamper juga memiliki beberapa kekurangan. 

Salah satunya, yakni kemungkinan terjadi perubahan bentuk yang cukup signifikan. Terlebih jika usia kayunya yang sudah semakin menua atau sering terkena air, dimana ia akan mudah melar. 

Oleh karena itu, kayu kamper memang tidak cocok untuk dijadikan pembuatan jendela maupun pintu. Pada umumnya, kayu kamper sering digunakan untuk pembuatan material konstruksi atap dan plafon.

Berbagai Manfaat Kayu Kamper yang Jarang Diketahui

Konstruksi Pendopo Modern

kayu kamper

Bagi kamu yang ingin membuat pendopo modern dari bahan kayu kamper, maka dianjurkan untuk memilih cat yang berwarna solid. 

Dengan menggunakan warna-warna yang solid, maka akan menghasilkan kesan natural dan elegan. 

Apalagi jika ditambah dengan adanya ukuran pada tiang penyangga, sehingga pemilihan warna solid harus sesuai kebutuhan.

Furniture Indoor

kayu kamper

Mengingat kayu kamper tahan terhadap serangan rayap, tentu saja membuatnya mudah diolah menjadi berbagai jenis furniture Indoor yang bersentuhan langsung lantai kayu. 

Seperti halnya Meja furniture, namun harus menggunakan cat jenis polyurethane. Pasalnya, jenis cat yang satu ini dapat memberikan lapisan coating pada Meja furniture sehingga tahan dengan Lama.

Baca Juga: Dekorasi Rumah Agar terlihat Kece

Furniture Gaya Minimalis

Selain pada furniture outdoor, kayu kamper juga sangat ideal untuk dijadikan kebutuhan furniture minimalis. Begitu pun dalam pemilihannya warnanya, dimana furniture minimalis dari kayu kamper harus menggunakan cat yang berwarna solid. 

sekian informasi yang bisa kami sampaikan, tetaplah lebih teliti dalam membeli atau memasangan lantai kayu, atau interior lainnya, karena bisa jadi rumah anda tidak cocok dengan kayu tersebut. 

Namun, Anda tidak perlu khawatir jika memesan dan memasang lantai kayu, kepada kami. karena pengalaman kami sudah lebih lama, dan banyaknya proyek yang sudah kami kerjakan.

Terimakasih, Selamat menikmati hunian baru dengan Kayu terbaik di Toko Lantai Kayu. 

OUR PRODUCK

Untuk Informasi atau Pemesanan Produk, bisa langsung menghubungi team marketing kami Nurwahid ✆ 0821-4444-8887 Chat Via WA ☎ (021) 5397273

Lantai kayu jati

Lantai Kayu Jati

salah satu produk Lantai Kayu yang terpopuler karena tingkat keawetan serta keindahan serat yang dimiliki, Harga Lantai Kayu jati mulai Rp 220.000,- per meter persegi Selengkapnya

Lantai kayu Merbau

Lantai kayu Merbau

Memiliki serat kayu minimalis dan tegas, memiliki tingkat keawetan yang sangat baik, cocok untuk gunakan untuk rumah rumah modern. Harga Lantai Kayu merbau mulai Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Vinyl

Lantai kayu Vinyl

Kelebihan Lantai Kayu Vinyl adalah sisitem pemasangan yang simple, serta biaya pasang yang murah, salah satu alternatif lantai kayu murah, Harga Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Kayu Laminated

Lantai kayu Laminated

Ragam corak Lantai Kayu Laminated banyak pilihan, bisa di bongkar pasang, cocok untuk penggunaan untuk apartement, pemasangannya mudah dan cepat. Harga Rp 210.000,-/ per meter persegi. Selengkapnya

Decking bengkirai

Decking kayu Bengkirai

Di luar negri di kenal dengan yellow ballau, penggunaan untuk area outdoor, memiliki sifat tahan terhadap kebusukan serta terpaan air hujan langsung. Harga Mulai Rp 380.000,- /meter persegi. Selengkapnya

Decking Ulin

Decking kayu Ulin

Termasuk 10 jenis Kayu terkuat di dunia, tingkat keawetan bisa seumur hidup.Apabila terkena air dalam jangka waktu lama, struktur kayu makin padat, tidak akan terjadi pembusukan. Harga Mulai Rp 730.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Decking Merbau

Decking kayu merbau

Kayu merbau memiliki karakteristik yang tahan untuk penempatan area outdoor, tidak perlu khawatir, meskipun terkena panas dan hujan langsung kayu akan rusak. Harga Decking kayu Merbau Mulai Rp 430.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Plafon kayu

Plafon kayu Lumberceiling

Selain untuk Plafon kayu, bisa juga digunakan untuk bahan dinding kayu, tersedia dari bahan kayu Bengirai dan bahan kayu Ulin. Harga mulai Rp 280.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Papan tangga Merbau

Papan tangga kayu Merbau

Ukuran telah di sesuaikan dengan tandar ukuran tangga, bisa custom ukuran.Tersedia papan tangga tanpa sambung dan sambung 2 layer, serta pilihan papan tangga polos atau dengan antislip. Harga mulai Rp 200.000,-/Pcs. Selengkapnya

London

Papan tangga kayu Jati

Papan tangga kayu jati salah satu produk yang cukup sulit, Karena ketersediaan bahan baku yang semakin susah. untuk pemesanan papan tangga jati tanpa sambung indent 1 bulan. Harga mulai Rp 400.000,-/Pcs. Selengkapnya

Produk Berkualitas, dan Bergaransi.Layanan pemesanan untuk seluruh wilayah Indonesia.

ă…¤TeleponWhatsAppă…¤ tokopedia toko lantai kayu shopee toko lantai kayu ☏ Office (022) 6078505