Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ㅤTeleponWhatsappㅤ tokopedia toko lantai kayu shopee toko lantai kayu ☏ Office (022) 6078505

Lantai Vinyl VS Lantai SPC: Pertimbangkan 6 Poin Penting Ini

Lantai Vinyl VS Lantai SPC

Lantai Vinyl VS Lantai SPC, Tokolantaikayu.net 
- Kehadiran lantai SPC yang kini mulai dikenal banyak orang, membuat sebuah persaingan baru didalam pasar lantai kayu sintetis.

Keduanya merupakan jenis lantai yang memang diperuntukan untuk area indoor (dalam ruangan). Memiliki tampilan yang menarik serta motif yang beragam menjadikan keduanya banyak dilirik.

Namun yang menjadi benak pikiran saat ini ialah, mana yang paling bagus diantara keduanya? Untuk memperjelas pemikiran tersebut, cobalah baca informasi dibawah ini.

Baca Juga:
Jenis-Jenis Lantai Kayu Dari Solid Hingga Sintetis

Apasih Sebenarnya Lantai Vinyl

Lantai Vinyl VS Lantai SPC

Lantai vinyl merupakan jenis lantai yang terbuat dari plastik atau polimer sintetis yang dikemas dalam bentuk lempengan atau tile yang tipis dan fleksibel. 

Lantai vinyl memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan jenis lantai lainnya, seperti mudah dibersihkan, tahan terhadap air, dan tidak mudah rusak. 

Selain itu, lantai vinyl juga dapat dengan mudah dipasang di atas lantai yang sudah ada, sehingga menjadi pilihan yang populer untuk renovasi lantai. 

Lantai vinyl juga tersedia dalam berbagai macam warna, motif, dan tekstur, sehingga dapat disesuaikan dengan gaya atau tema yang diinginkan.

Kenali Juga Apa Itu Lantai SPC

Lantai Vinyl VS Lantai SPC

SPC atau Stone Plastic Composite adalah jenis lantai yang terbuat dari campuran serat kayu dan PVC (Polivinil Klorida). 

Lantai ini memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan lantai kayu atau lantai vinyl lainnya. Salah satu kelebihannya adalah tahan terhadap air dan mudah dibersihkan, sehingga cocok untuk ruangan yang sering terkena air seperti dapur atau kamar mandi. 

Selain itu, lantai SPC juga tahan terhadap goresan dan tidak mudah terkelupas atau mengelupas seperti lantai kayu. 

Lantai ini juga tahan terhadap rayap dan tidak mudah mengalami kerusakan akibat sinar UV. Namun, lantai SPC tidak sekuat lantai kayu asli dan juga memiliki bobot yang lebih berat.

Baca Selengkapnya:
Mengenal Karakteristik Lantai SPC Terlengkap Plus Bahayanya

Perbandingan Lantai Vinyl VS lantai SPC

Lantai vinyl dan lantai SPC adalah dua jenis lantai yang populer dan sering digunakan untuk mempercantik ruangan di rumah atau di kantor. 

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk memilih salah satu jenis lantai. 

#1 Material

Dari segi material, keduanya memiliki bahan yang hampir sama. Akan tetapi ada sedikit perbedaan atau tambahan pada lantai SPC.

Lantai vinyl terbuat dari plastik sintetis yang diproses dengan teknik calendering, sedangkan lantai SPC terbuat dari campuran bahan seperti serat kayu, PVC, dan filler mineral. 

#2 Tekstur dan warna

Lantai Vinyl VS Lantai SPC

Meski saat dilihat langsung keduanya memiliki tampilan yang mungkin sulit untuk dibedakan. Ternyata anda akan tahu perbedaannya ketika meraba permukaan kedua jenis lantai tersebut.

Lantai vinyl memiliki tekstur yang lebih halus dan memiliki beragam pilihan warna dan motif, sedangkan lantai SPC memiliki tekstur yang lebih kasar dan terbatas dalam pilihan warna dan motif. 

#3 Instalasi

Lantai vinyl lebih mudah di pasang dan lebih cepat selesai dibandingkan dengan lantai SPC, karena lantai vinyl biasanya dilengkapi dengan sistem klik-klik yang memudahkan instalasinya. 

Lantai SPC membutuhkan waktu lebih lama untuk diinstal karena harus disiapkan terlebih dahulu dengan lapisan dasar seperti beton atau lapisan lantai kayu. 

#4 Perawatan

Kedua jenis lantai ini memiliki perawatan yang tergolong mudah, apalagi jika dibandingkan dengan jenis lantai kayu solid.

Lantai vinyl mudah dibersihkan dan tidak membutuhkan perawatan khusus, sedangkan lantai SPC membutuhkan perawatan tambahan seperti pemolesan atau pengecatan ulang untuk menjaga kecantikannya. 

#5 Harga

Lantai Vinyl VS Lantai SPC

Lantai vinyl biasanya lebih murah dibandingkan dengan lantai SPC, terutama untuk pilihan warna dan motif yang terbatas. 

Namun, lantai SPC bisa lebih murah di jangka panjang karena tahan lama dan tidak membutuhkan perawatan tambahan seperti lantai vinyl.

Cek Harga Disini:
Harga Produk Vinyl Jenis Lantai Praktis dan Berkualitas Tinggi

#6 Ketahanan

Lantai SPC lebih tahan lama dan lebih tahan terhadap goresan, terutama jika dibandingkan dengan lantai vinyl yang mudah tergores. 

Akan tetapi, lantai vinyl lebih tahan terhadap air dan lebih mudah diperbaiki jika terjadi kerusakan. 

Kesimpulan: Mana Yang Lebih Baik Digunakan?

Lantai Vinyl VS Lantai SPC

Lantai vinyl adalah jenis lantai yang terbuat dari plastik PVC (polivinil klorida) yang dapat dibuat dengan berbagai bentuk, warna, dan tekstur yang beragam. 

Lantai vinyl mudah dipasang dan dibersihkan, serta memiliki ketahanan yang baik terhadap air dan beban. 

Lantai ini juga relatif lebih murah dibandingkan dengan jenis lantai lainnya. Namun, lantai vinyl memiliki kelemahan yaitu tidak tahan terhadap panas dan mudah terkelupas jika terkena sinar matahari langsung. 

Selain itu, lantai vinyl juga tidak tahan lama dan memiliki umur pakai yang lebih pendek dibandingkan dengan lantai SPC. 

Lantai SPC (Stone Plastic Composite) adalah jenis lantai yang terbuat dari campuran plastik dan serat mineral seperti batu marmer atau kalsium karbonat. 

Lantai ini memiliki ketahanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan lantai vinyl, serta tahan terhadap panas dan sinar matahari langsung. 

Lantai SPC juga memiliki umur pakai yang lebih panjang dan tahan terhadap goresan dan beban. Namun, lantai SPC lebih sulit dipasang dan memiliki biaya yang lebih tinggi dibandingkan dengan lantai vinyl. 

Jadi, pilihan terbaik antara lantai vinyl dan lantai SPC tergantung pada kebutuhan dan budget yang anda miliki. 

Jika anda menginginkan lantai dengan harga yang lebih murah dan mudah dipasang, maka lantai vinyl bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Namun, jika anda menginginkan lantai dengan ketahanan yang lebih tinggi dan umur pakai yang lebih panjang, maka lantai SPC bisa menjadi pilihan yang lebih baik.

Baca Selanjutnya:
Selain Keramik, Ini 5 Jenis Lantai Rumah Paling Terkenal

Itulah beberapa informasi seputar perbandingan antara lantai vinyl vs lantai SPC. Semoga dapat mudah difahami dan bermanfaat bagi kalian yang ingin memperbarui lantai lama yang sudah usang.

Terimakasih telah berkunjung dan selamat bertemu di artikel informatis selanjutnya!

OUR PRODUCK

Untuk Informasi atau Pemesanan Produk, bisa langsung menghubungi team marketing kami Nurwahid ✆ 0821-4444-8887 Chat Via WA ☎ (021) 5397273

Lantai kayu jati

Lantai Kayu Jati

salah satu produk Lantai Kayu yang terpopuler karena tingkat keawetan serta keindahan serat yang dimiliki, Harga Lantai Kayu jati mulai Rp 220.000,- per meter persegi Selengkapnya

Lantai kayu Merbau

Lantai kayu Merbau

Memiliki serat kayu minimalis dan tegas, memiliki tingkat keawetan yang sangat baik, cocok untuk gunakan untuk rumah rumah modern. Harga Lantai Kayu merbau mulai Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Vinyl

Lantai kayu Vinyl

Kelebihan Lantai Kayu Vinyl adalah sisitem pemasangan yang simple, serta biaya pasang yang murah, salah satu alternatif lantai kayu murah, Harga Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Kayu Laminated

Lantai kayu Laminated

Ragam corak Lantai Kayu Laminated banyak pilihan, bisa di bongkar pasang, cocok untuk penggunaan untuk apartement, pemasangannya mudah dan cepat. Harga Rp 210.000,-/ per meter persegi. Selengkapnya

Decking bengkirai

Decking kayu Bengkirai

Di luar negri di kenal dengan yellow ballau, penggunaan untuk area outdoor, memiliki sifat tahan terhadap kebusukan serta terpaan air hujan langsung. Harga Mulai Rp 380.000,- /meter persegi. Selengkapnya

Decking Ulin

Decking kayu Ulin

Termasuk 10 jenis Kayu terkuat di dunia, tingkat keawetan bisa seumur hidup.Apabila terkena air dalam jangka waktu lama, struktur kayu makin padat, tidak akan terjadi pembusukan. Harga Mulai Rp 730.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Decking Merbau

Decking kayu merbau

Kayu merbau memiliki karakteristik yang tahan untuk penempatan area outdoor, tidak perlu khawatir, meskipun terkena panas dan hujan langsung kayu akan rusak. Harga Decking kayu Merbau Mulai Rp 430.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Plafon kayu

Plafon kayu Lumberceiling

Selain untuk Plafon kayu, bisa juga digunakan untuk bahan dinding kayu, tersedia dari bahan kayu Bengirai dan bahan kayu Ulin. Harga mulai Rp 280.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Papan tangga Merbau

Papan tangga kayu Merbau

Ukuran telah di sesuaikan dengan tandar ukuran tangga, bisa custom ukuran.Tersedia papan tangga tanpa sambung dan sambung 2 layer, serta pilihan papan tangga polos atau dengan antislip. Harga mulai Rp 200.000,-/Pcs. Selengkapnya

London

Papan tangga kayu Jati

Papan tangga kayu jati salah satu produk yang cukup sulit, Karena ketersediaan bahan baku yang semakin susah. untuk pemesanan papan tangga jati tanpa sambung indent 1 bulan. Harga mulai Rp 400.000,-/Pcs. Selengkapnya

Produk Berkualitas, dan Bergaransi.Layanan pemesanan untuk seluruh wilayah Indonesia.