Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ㅤTeleponWhatsappㅤ tokopedia toko lantai kayu shopee toko lantai kayu ☏ Office (022) 6078505

Ada UPT Metrologi Legal di Kota Bandung! Apa Fungsinya?

metrologi bandung

Metrologi Bandung
- Kota Bandung merupakah salah satu kota terbesar di Jawa Barat, jika diurutkan Kota Bandung ini menduduki posisi kedua setelah Kota Bekasi, dengan jumlah penduduk mencapai 2.444.160 Jiwa.

Kota Bandung juga saat ini ditetapkan sebagai ibu kota Provinsi Jawa Barat, maka tak heran Bandung menjadi salah satu kota yang di anggap berpotensi menjadi pusat pertumbuhan yang akan terus berkembang.

Wilayah ini memiliki pertumbuhan ekonomi yang cukup baik, didukung dengan banyak pusat perbelanjaan disana. Kota Bandung juga menjadi pusat pemerintahan Provinsi Jawa Barat dan telah ditetapkan sebagai Pusat Kegiatan Nasional (PKN)

Baca Juga:
Mewahnya Hotel Truntum Padang Yang Dulu Bernama Grand Inna
Salah satu kantor pemerintahan yang berpusat di Kota Bandung adalah Dinas Pedagangan dan Perindustrian (Disdagin) yang kini memiliki Unit Pelaksana Teknis (UPT) Metrologi Legal di Bandung.

Seperti apa itu Metrologi Legal, apa tujuan dan fungsinya? Penjelasan lebih lengkapnya simak dibawah ini:

Apa Itu Metrologi Legal

metrologi bandung

Secara dasar, Metrologi merupakan ilmu pengetahuan tentang pengukuran. Ilmu tersebut mencakup seputar pengukuran, kalibrasi, dan pemastian akurasi di bidang industri, ilmu pengetahuan dan teknologi.

Metrologi terbagi kedalam tiga kategori utama dan salah satunya adalah Metrologi Legal. Metrologi Legal ini berkaitan langsung dengan pengukuran yang dapat berdampak pada transaksi ekonomi, kesehatan, juga keselamatan.

Menurut wikipedia, metrologi pertama legal di Indonesia pada tahun 1981 dengan berpijak pada Undang-undang Republik Indonesia No.2 Tahun 1981 tentang Metrologi Legal (UUML) yang mengatur hal-hal mengenai pembuatan, pengedaran, penjualan, pemakaian, dan pemeriksaan alat-alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya.

Pelayanan yang diberikan oleh UPT Metrologi Legal ini adalah tera dan tera ulang terhadap UTTP. Jika anda tidak tahu apa itu tera, Tera merupakan tanda uji pada alat ukur, kalau tera ulang adalah pengujian kembali secara berkala terhadap UPPT.

Fungsi UPT Metrologi Legal

Hadirnya UPT Metrologi Legal tentu sangat berperan penting untuk menghindari ketidaksesuaian pada suatu pengukuran. Tanpa adanya UPT Metrologi Legal ini, hasil dari pengukuran akan sulit untuk dijamin kebenarannya.

Biasanya UPT Metrologi Legal di Indonesia mengukur tarif seperti taksi, iuran air PDSM, dan pengukuran lainnya yang harus di uji keakuratannya, serta harus di tera ulang secara berkala setiap setahun sekali.

Dengan adanya UPT Metrologi Legal di Kota Bandung tentu sangat dirasakan dampak positifnya oleh masyarakat, mereka akan lebih percaya dengan segala pengukuran yang telah disahkan oleh dinas pemerintah ini.

Dimana Metrologi Bandung?

metrologi bandung

Metrologi Bandung saat ini sudah menerima 358 permohonan bahkan mungkin lebih setelah artikel ini dibuat, banyak perusahaan yang menjadikan UPT Metrologi Bandung ini sebagai salah satu jaminan mereka kepada konsumen agar lebih dipercaya.

Untuk menemukan kantor pusatnya cukup mudah karena berada dekat dengan pusat kota dan hanya membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit berkendara.

Lokasi Direktorat Metrologi Bandung tepatnya berada di Jalan Pasteur No.27, RT.02, Pasir Kaliki, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat.

Dari Alun-alun Bandung, jarak untuk mencapai ke kantor Direktoran Metrologi Bandung hanya sekitar 3,6 kilometer, anda dapat menempuhnya melalui Jalan Banceuy yang melewati Taman Balai Kota Bandung.

 Apa Saja Pelayanan Metrologi Bandung?

metrologi bandung

UPT Metrologi Legal kota Bandung atau di semua kota juga memiliki tiga jenis pelayanan untuk tera dan tera ulang yang sudah dijelaskan diatas. Layanan yang pertama dinamai sidang kantor, jadi pelayanan tera yang dilakukan metrologi Bandung langsung di uji dikantor. Pada pelayanan jenis ini, pemohon perlu membuat alat ukur yang akan dilakukan pengujian oleh UPT Metrologi Legal.

Layanan kedua dinamai sidang pasar, jadi pelayanan tera langsung dilakukan dilokasi UTTP seperti ke pasar-pasar tradisional. Pelayanan jenis ini dilakukan langsung oleh tim dengna datang ke lapangan untuk pengujian tera.

Ketiga pelayanan tera ke lokus dimana alat pengukuran yang digunakan telah ada di tempat dimana alat ukur tersebut berada, contohnya yaitu pom bensin.

***

Sekian informasi yang dapat disampaikan mengenai metrologi Bandung, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi para pelaku bisnis untuk mulai mendaftarkan alat ukur agar diuji disini, yang manfaatnya tentu sangat berdampak pada masyarakat dan pebisnis tersebut.

Yang unik dari kantor Direktorat Metrologi Bandung adalah memiliki tempat yang nyaman, apalagi lantainya terbuat dari parket kayu. Selain membuat nuansa yang nyaman, juga dapat menaikan produktivitas orang yang bekerja didalamnya.

Jika kantor atau ruang kerja anda dipasangkan lantai kayu, segera hubungi kami untuk berkonsultasi seputar perencanaan, harga produk, spesifikasi dan rincian harga terbarunya!

OUR PRODUCK

Untuk Informasi atau Pemesanan Produk, bisa langsung menghubungi team marketing kami Nurwahid ✆ 0821-4444-8887 Chat Via WA ☎ (021) 5397273

Lantai kayu jati

Lantai Kayu Jati

salah satu produk Lantai Kayu yang terpopuler karena tingkat keawetan serta keindahan serat yang dimiliki, Harga Lantai Kayu jati mulai Rp 220.000,- per meter persegi Selengkapnya

Lantai kayu Merbau

Lantai kayu Merbau

Memiliki serat kayu minimalis dan tegas, memiliki tingkat keawetan yang sangat baik, cocok untuk gunakan untuk rumah rumah modern. Harga Lantai Kayu merbau mulai Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Vinyl

Lantai kayu Vinyl

Kelebihan Lantai Kayu Vinyl adalah sisitem pemasangan yang simple, serta biaya pasang yang murah, salah satu alternatif lantai kayu murah, Harga Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Kayu Laminated

Lantai kayu Laminated

Ragam corak Lantai Kayu Laminated banyak pilihan, bisa di bongkar pasang, cocok untuk penggunaan untuk apartement, pemasangannya mudah dan cepat. Harga Rp 210.000,-/ per meter persegi. Selengkapnya

Decking bengkirai

Decking kayu Bengkirai

Di luar negri di kenal dengan yellow ballau, penggunaan untuk area outdoor, memiliki sifat tahan terhadap kebusukan serta terpaan air hujan langsung. Harga Mulai Rp 380.000,- /meter persegi. Selengkapnya

Decking Ulin

Decking kayu Ulin

Termasuk 10 jenis Kayu terkuat di dunia, tingkat keawetan bisa seumur hidup.Apabila terkena air dalam jangka waktu lama, struktur kayu makin padat, tidak akan terjadi pembusukan. Harga Mulai Rp 730.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Decking Merbau

Decking kayu merbau

Kayu merbau memiliki karakteristik yang tahan untuk penempatan area outdoor, tidak perlu khawatir, meskipun terkena panas dan hujan langsung kayu akan rusak. Harga Decking kayu Merbau Mulai Rp 430.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Plafon kayu

Plafon kayu Lumberceiling

Selain untuk Plafon kayu, bisa juga digunakan untuk bahan dinding kayu, tersedia dari bahan kayu Bengirai dan bahan kayu Ulin. Harga mulai Rp 280.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Papan tangga Merbau

Papan tangga kayu Merbau

Ukuran telah di sesuaikan dengan tandar ukuran tangga, bisa custom ukuran.Tersedia papan tangga tanpa sambung dan sambung 2 layer, serta pilihan papan tangga polos atau dengan antislip. Harga mulai Rp 200.000,-/Pcs. Selengkapnya

London

Papan tangga kayu Jati

Papan tangga kayu jati salah satu produk yang cukup sulit, Karena ketersediaan bahan baku yang semakin susah. untuk pemesanan papan tangga jati tanpa sambung indent 1 bulan. Harga mulai Rp 400.000,-/Pcs. Selengkapnya

Produk Berkualitas, dan Bergaransi.Layanan pemesanan untuk seluruh wilayah Indonesia.