Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ㅤTeleponWhatsappㅤ tokopedia toko lantai kayu shopee toko lantai kayu ☏ Office (022) 6078505

Cara Pasang Vinyl Lantai Hanya Dalam 6 Langkah Mudah!

cara pasang vinyl lantai

Cara Pasang Lantai Vinyl, Last Update (20/12/2023)- Lantai vinyl merupakan penutup lantai tiruan dengan harga jauh lebih murah jika dibandingkan dengan lantai kayu solid atau lantai kayu Engineer. Memiliki karakteristik yang menarik dan dibekali banyak fitur menjadikannya daya tarik tersendiri.

Selain itu, lantai vinyl juga dikenal karena cara pasang lantai vinyl yang cukup mudah. Kemudahan proses pemasangan itulah yang membuat banyak orang mulai beralih pada material lantai satu ini.

Bahkan bisa dikatakan bahwa pemasangan lantai vinyl ini tidak perlu keahlian khusus atau sewa jasa tukang, anda sendiri bisa melakukannya dengan tahapan-tahapan yang akan dijelaskan dibawah ini.

Langkah #1 Persiapkan Peralatan Sebelum Pemasangan Lantai Vinyl

cara pasang vinyl lantai

Sebelum mulai melakukan proses pemasangan lantai vinyl, alangkah baiknya terlebih dahulu mempersiapkan peralatan dan bahan agar memudahkan dan mempercepat proses penegerjaan. Berikut beberapa hal yang perlu dipersiapkan:
  • Stapler 7/8 inc
  • Pisau cutter
  • Lem kayu
  • Garisan siku
  • Pensil
  • Palu karet
  • Kayu lapis
  • Amplas kayu halus
  • Meteran
  • Sapu
  • Vacuum cleaner (opsional)

Langkah #2 Persiapan Area Pengerjaan

cara pasang lantai vinyl

Pada proses awal mengerjakan "cara pasang vinyl lantai", sebaiknya persiapkan area pengerjaan dengan mengosongkan ruangan sebelum dilakukan pemasangan. Biasanya setiap ruangan sebelum mulai di renov memiliki beberapa furnitur didalamnya, pindahkan semua furnitur tersebut keluar.

Lepaskan juga elemen lain dari lantai seperti plint atau skirting, hal tersebut untuk memudahkan pemasangan lantai vinyl juga dapat memberikan hasil akhir yang maksimal. 

Selain itu, ada baiknya jika anda melepaskan pintu dengan engselnya agar dapat menempatkan potongan vinyl dengan sempurna di seluruh areanya.

Langkah #3 Bersihkan Lantai 

cara pasang lantai vinyl

Untuk memastikan pemasangan berjalan mulus, selanjutnya anda perlu membersihkan area lantai dari beragam kotoran seperti debu, pasir, kerikil, sekrup yang tertinggal, dan lain sebagainya.

Sapu bersih dan pastikan tidak ada kotoran yang tertinggal, gunakan vakum cleaner agar lebih maksimal.

Resiko terburuk jika area lantai tidak bersih, maka rekatan lem tidak akan baik atau bahkan mengelupas setelah selesai proses pemasangan lantai vinyl tersebut. Jadi pastikan area lantai benar-benar bersih.

Langkah #4 Letakan Lapisan Dasar Kayu Lapis

pemasangan lantai vinyl

Penting untuk anda ingat, sebelum membeli lantai vinyl cobalah untuk berkonsultasi seputar pemasangan dari jenis vinyl yang anda pilih. Tanyakan apakah jenis lantai vinyl tersebut membutuhkan bantalan atau tidak, dan bagaimana sebaiknya mempersiapkan lantai dasarnya.

Jika memang menginginkan hasil pemasangan yang sempurna, awet, dan rasa nyaman ketika memijaknya, gunakan kayu lapis sebagai dasarnya.

Caranya adalah dengan mempersiapkan kayu lapis sebagai alas dibawahnya, lapisan dasar dengan kayu lapis akan membuat lantai vinyl lebih awet. Gunakan staples untuk menempelkan kayu lapis dengan dasar lantai. 

Setelah kayu lapis terpasang baru di amplas permukaannya sampai rata menggunakan amplas kayu halus yang telah anda persiapkan sebelumnya.

Langkah #5 Tentukan Pola Pemasangan

pemasangan lantai vinyl

Pada dasarnya lantai vinyl dapat secara mudah dipasangkan mengikuti pola pemasangan susun bata, namun jika anda ingin memberikan tampilan yang beda agar tak monoton, cobalah untuk melihat ide pola pemasangan lantai kayu untuk diaplikasikan pada lantai vinyl.

Biasanya anda dapat mengaplikasikan lantai vinyl dengan motif chevron yang menyerupai tulang ikan, herringbone yang membentuk siku mengerucut, atau mozaik yang sering dilihat pada area peribadahan.

Untuk membantu pola pemasangan agar terukur rapi, gunakan spidol dan gambar pola awalnya sehingga dapat memudahkan anda mengaplikasikan lantai vinyl.

Langkah #6 Mulai Aplikasikan Lantai Vinyl

cara pasang vinyl lantai

Setelah semua proses cara pasang vinyl lantai diatas telah selesai, barulah merekatkan vinyl pada lapisan dasar yang telah dibuat motif atau pola pemasangannnya.

Ada dua jenis lantai vinyl yaitu yang sudah memiliki perekat lengkap dengan cara pasangnya, ada juga lantai vinyl tanpa perekat. 

Untuk lantai vinyl yang tidak memiliki perekat, gunakan lem kayu dan mengoleskan lem tersebut secara merata, jangan menggunakan lem kayu secara berlebihan karena akan membuat vinyl menjadi lembab dan cepat rusak.

Ulangi proses perekatan vinyl tersebut hingga menutupi seluruh area dasar tadi. Dan selamat, lantai vinyl telah terpasang pada hunian impian anda.


***

Itulah beberapa langkah mudah dalam cara pasang vinyl lantai, yang perlu anda ingat adalah peralatan kunci utamanya. Jika sebagian alat atau bahan ada yang kurang, maka proses pengerjaan akan lebih lama dan menyulitkan.

Terimakasih telah berkunjung, dan menikmati semua bacaan diatas hingga selesai. Mohon maaf apabila ada beberapa informasi yang keliru, tim kami akan segera memperbaikinya.

Untuk informasi produk lantai vinyl berkualitas atau jasa pasang profesional jika anda tak ingin kesulitasn memasangnya, dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan marketing terbaik kami disini 0821-4444-8887

OUR PRODUCK

Untuk Informasi atau Pemesanan Produk, bisa langsung menghubungi team marketing kami Nurwahid ✆ 0821-4444-8887 Chat Via WA ☎ (021) 5397273

Lantai kayu jati

Lantai Kayu Jati

salah satu produk Lantai Kayu yang terpopuler karena tingkat keawetan serta keindahan serat yang dimiliki, Harga Lantai Kayu jati mulai Rp 220.000,- per meter persegi Selengkapnya

Lantai kayu Merbau

Lantai kayu Merbau

Memiliki serat kayu minimalis dan tegas, memiliki tingkat keawetan yang sangat baik, cocok untuk gunakan untuk rumah rumah modern. Harga Lantai Kayu merbau mulai Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Vinyl

Lantai kayu Vinyl

Kelebihan Lantai Kayu Vinyl adalah sisitem pemasangan yang simple, serta biaya pasang yang murah, salah satu alternatif lantai kayu murah, Harga Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Kayu Laminated

Lantai kayu Laminated

Ragam corak Lantai Kayu Laminated banyak pilihan, bisa di bongkar pasang, cocok untuk penggunaan untuk apartement, pemasangannya mudah dan cepat. Harga Rp 210.000,-/ per meter persegi. Selengkapnya

Decking bengkirai

Decking kayu Bengkirai

Di luar negri di kenal dengan yellow ballau, penggunaan untuk area outdoor, memiliki sifat tahan terhadap kebusukan serta terpaan air hujan langsung. Harga Mulai Rp 380.000,- /meter persegi. Selengkapnya

Decking Ulin

Decking kayu Ulin

Termasuk 10 jenis Kayu terkuat di dunia, tingkat keawetan bisa seumur hidup.Apabila terkena air dalam jangka waktu lama, struktur kayu makin padat, tidak akan terjadi pembusukan. Harga Mulai Rp 730.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Decking Merbau

Decking kayu merbau

Kayu merbau memiliki karakteristik yang tahan untuk penempatan area outdoor, tidak perlu khawatir, meskipun terkena panas dan hujan langsung kayu akan rusak. Harga Decking kayu Merbau Mulai Rp 430.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Plafon kayu

Plafon kayu Lumberceiling

Selain untuk Plafon kayu, bisa juga digunakan untuk bahan dinding kayu, tersedia dari bahan kayu Bengirai dan bahan kayu Ulin. Harga mulai Rp 280.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Papan tangga Merbau

Papan tangga kayu Merbau

Ukuran telah di sesuaikan dengan tandar ukuran tangga, bisa custom ukuran.Tersedia papan tangga tanpa sambung dan sambung 2 layer, serta pilihan papan tangga polos atau dengan antislip. Harga mulai Rp 200.000,-/Pcs. Selengkapnya

London

Papan tangga kayu Jati

Papan tangga kayu jati salah satu produk yang cukup sulit, Karena ketersediaan bahan baku yang semakin susah. untuk pemesanan papan tangga jati tanpa sambung indent 1 bulan. Harga mulai Rp 400.000,-/Pcs. Selengkapnya

Produk Berkualitas, dan Bergaransi.Layanan pemesanan untuk seluruh wilayah Indonesia.