Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ㅤTeleponWhatsappㅤ tokopedia toko lantai kayu shopee toko lantai kayu ☏ Office (022) 6078505

Kayu Resak vs Kayu Balau: Mana yang Lebih Unggul?

Kayu Resak vs Kayu Balau

Kayu Resak vs Kayu Balau, Tokolantaikayu.net - Dalam dunia konstruksi, pemilihan bahan bangunan adalah langkah penting yang harus dipertimbangkan dengan cermat. Salah satu pertimbangan utama adalah jenis kayu yang akan digunakan. Kedua jenis kayu ini, kayu resak dan kayu balau, sering menjadi pilihan karena keunggulan dan kekuatannya. 

Namun, sebelum Anda membuat keputusan, penting untuk memahami perbedaan serta kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis kayu ini. Mari kita eksplorasi bersama untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan membuat keputusan yang tepat untuk proyek konstruksi Anda.

Baca juga:
12 Jenis Kayu Tahan Air Yang Tahan Pada Kondisi Outdoor

Kekuatan dan Ketahanan

Kayu Resak vs Kayu Balau

Kekuatan dan ketahanan adalah faktor krusial dalam memilih bahan bangunan, terutama untuk aplikasi luar ruangan seperti dek atau pagar. Kayu resak dikenal karena kekuatan dan ketahanannya yang luar biasa terhadap elemen-elemen alam seperti air, panas, dan serangga. 

Namun, kayu balau juga tidak kalah dalam hal ini. Kayu balau memiliki tingkat kekerasan yang tinggi dan mampu bertahan dari kerusakan akibat cuaca dan serangga dengan baik.

Baca Juga:
5 Urutan Kayu Terkuat di Indonesia Dengan Karakteristiknya

Ketersediaan dan Harga

Saat mempertimbangkan ketersediaan dan harga, perbedaan antara kayu resak dan kayu balau menjadi jelas. Kayu resak cenderung lebih mudah ditemukan di pasar lokal dengan harga yang relatif terjangkau. 

Di sisi lain, kayu balau mungkin lebih sulit untuk ditemukan dan cenderung memiliki harga yang lebih tinggi. Namun, ini bisa bervariasi tergantung pada lokasi geografis dan ketersediaan pasokan lokal.

Estetika dan Penampilan

Kayu Resak vs Kayu Balau

Dalam hal estetika dan penampilan, kedua jenis kayu memiliki daya tariknya sendiri. Kayu resak sering kali memiliki pola serat yang menarik dan warna yang hangat, sementara kayu balau cenderung memiliki penampilan yang lebih seragam dengan warna yang lebih konsisten. 

Pilihan antara keduanya seringkali tergantung pada preferensi pribadi dan gaya desain yang diinginkan.

Perawatan dan Pemeliharaan

Perawatan dan pemeliharaan adalah pertimbangan penting dalam memilih jenis kayu untuk proyek konstruksi Anda. Kayu resak cenderung membutuhkan perawatan yang lebih intensif, termasuk pengaplikasian lapisan pelindung secara berkala untuk menjaga kekuatan dan keindahannya. 

Di sisi lain, kayu balau lebih tahan terhadap cuaca dan membutuhkan perawatan minimal, membuatnya menjadi pilihan yang lebih mudah dalam jangka panjang.

Keberlanjutan dan Lingkungan

Kayu Resak vs Kayu Balau

Aspek keberlanjutan dan dampak lingkungan juga harus dipertimbangkan ketika memilih antara kayu resak dan kayu balau. Kayu resak sering kali berasal dari hutan yang dikelola secara tidak berkelanjutan, sementara kayu balau sering kali berasal dari hutan yang dikelola secara bertanggung jawab atau dari sumber daur ulang. 

Oleh karena itu, bagi mereka yang peduli dengan lingkungan, kayu balau mungkin menjadi pilihan yang lebih ramah lingkungan.

Kehalusan dan Kekerasan Permukaan

Kehalusan dan kekerasan permukaan kayu juga perlu dipertimbangkan, terutama untuk aplikasi yang memerlukan kenyamanan dan ketahanan terhadap goresan atau gesekan.

Kayu balau umumnya memiliki permukaan yang lebih halus dan keras, membuatnya lebih nyaman untuk berjalan telanjang kaki dan lebih tahan terhadap goresan. Namun, dengan perawatan yang tepat, kayu resak juga dapat mencapai tingkat kehalusan dan kekerasan yang memadai.

Daya Tahan Terhadap Rayap dan Serangga Lainnya

Kayu Resak vs Kayu Balau

Salah satu kekhawatiran utama dalam pemilihan kayu adalah daya tahan terhadap serangga seperti rayap. Kayu resak umumnya lebih tahan terhadap serangan serangga dibandingkan dengan kayu balau. Ini karena kandungan bahan kimia alami dalam kayu resak yang membuatnya kurang menarik bagi serangga. 

Namun, kayu balau juga bisa diolah dengan bahan kimia tertentu untuk meningkatkan ketahanannya terhadap serangga.

Baca Juga:
5 Jenis Kayu Indonesia Yang Bagus Untuk Bahan Baku Kusen

Kemudahan Pemasangan dan Pengolahan

Kemudahan pemasangan dan pengolahan juga merupakan pertimbangan penting dalam memilih jenis kayu. Kayu balau umumnya lebih mudah dipotong dan dipasang karena kekerasannya yang tinggi. 

Di sisi lain, kayu resak mungkin memerlukan alat dan keterampilan khusus untuk pemotongan dan pemasangan yang tepat. Namun, dengan alat yang tepat dan teknik yang benar, kedua jenis kayu dapat dipasang dengan baik.

Umur Pakai dan Kestabilan Dimensi

Kayu Resak vs Kayu Balau

Umur pakai dan kestabilan dimensi adalah faktor penting yang harus dipertimbangkan untuk memastikan keberlangsungan proyek konstruksi Anda. Kayu balau cenderung lebih stabil secara dimensi daripada kayu resak, yang berarti lebih sedikit kemungkinan untuk menyusut, merobek, atau membengkok seiring waktu. 

Hal ini membuat kayu balau menjadi pilihan yang lebih baik untuk aplikasi yang memerlukan kestabilan yang tinggi, seperti dek luar ruangan.

Penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor seperti kekuatan, ketahanan, ketersediaan, dan keberlanjutan saat membuat keputusan. Dengan memahami perbedaan antara kedua jenis kayu ini, Anda dapat membuat keputusan yang lebih terinformasi dan berhasil dalam proyek konstruksi Anda. 

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam menentukan pilihan yang terbaik untuk kebutuhan bangunan Anda.

OUR PRODUCK

Untuk Informasi atau Pemesanan Produk, bisa langsung menghubungi team marketing kami Nurwahid ✆ 0821-4444-8887 Chat Via WA ☎ (021) 5397273

Lantai kayu jati

Lantai Kayu Jati

salah satu produk Lantai Kayu yang terpopuler karena tingkat keawetan serta keindahan serat yang dimiliki, Harga Lantai Kayu jati mulai Rp 220.000,- per meter persegi Selengkapnya

Lantai kayu Merbau

Lantai kayu Merbau

Memiliki serat kayu minimalis dan tegas, memiliki tingkat keawetan yang sangat baik, cocok untuk gunakan untuk rumah rumah modern. Harga Lantai Kayu merbau mulai Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Vinyl

Lantai kayu Vinyl

Kelebihan Lantai Kayu Vinyl adalah sisitem pemasangan yang simple, serta biaya pasang yang murah, salah satu alternatif lantai kayu murah, Harga Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Kayu Laminated

Lantai kayu Laminated

Ragam corak Lantai Kayu Laminated banyak pilihan, bisa di bongkar pasang, cocok untuk penggunaan untuk apartement, pemasangannya mudah dan cepat. Harga Rp 210.000,-/ per meter persegi. Selengkapnya

Decking bengkirai

Decking kayu Bengkirai

Di luar negri di kenal dengan yellow ballau, penggunaan untuk area outdoor, memiliki sifat tahan terhadap kebusukan serta terpaan air hujan langsung. Harga Mulai Rp 380.000,- /meter persegi. Selengkapnya

Decking Ulin

Decking kayu Ulin

Termasuk 10 jenis Kayu terkuat di dunia, tingkat keawetan bisa seumur hidup.Apabila terkena air dalam jangka waktu lama, struktur kayu makin padat, tidak akan terjadi pembusukan. Harga Mulai Rp 730.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Decking Merbau

Decking kayu merbau

Kayu merbau memiliki karakteristik yang tahan untuk penempatan area outdoor, tidak perlu khawatir, meskipun terkena panas dan hujan langsung kayu akan rusak. Harga Decking kayu Merbau Mulai Rp 430.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Plafon kayu

Plafon kayu Lumberceiling

Selain untuk Plafon kayu, bisa juga digunakan untuk bahan dinding kayu, tersedia dari bahan kayu Bengirai dan bahan kayu Ulin. Harga mulai Rp 280.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Papan tangga Merbau

Papan tangga kayu Merbau

Ukuran telah di sesuaikan dengan tandar ukuran tangga, bisa custom ukuran.Tersedia papan tangga tanpa sambung dan sambung 2 layer, serta pilihan papan tangga polos atau dengan antislip. Harga mulai Rp 200.000,-/Pcs. Selengkapnya

London

Papan tangga kayu Jati

Papan tangga kayu jati salah satu produk yang cukup sulit, Karena ketersediaan bahan baku yang semakin susah. untuk pemesanan papan tangga jati tanpa sambung indent 1 bulan. Harga mulai Rp 400.000,-/Pcs. Selengkapnya

Produk Berkualitas, dan Bergaransi.Layanan pemesanan untuk seluruh wilayah Indonesia.