Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ㅤTeleponWhatsAppㅤ tokopedia toko lantai kayu shopee toko lantai kayu ☏ Office (022) 6078505

Ini Dia Lantai Kayu Tahan Air Untuk Indoor & Outdoor

Lantai Kayu Tahan Air

Memilih material lantai yang tepat dan sesuai dapat menjadikan suatu ruangan lebih fungsional, dan lantai kayu menjadi salah satu jenis lantai pilihan. Namun banyak orang bertanya, apakah lantai kayu tahan air?

Lantai kayu tahan air menjadi sebuah perdebatan antara pembeli dan penjual karena alaminya kayu akan mudah lapuk jika terkena air, namun anda tidak dapat berasumsi dalam satu sisi saja. Beberapa lantai kayu ternyata ada yang tahan air.

Untuk memastikannya, ada sebagian jenis lantai kayu yang seringkali digunakan pada area dengan tingkat basah yang tinggi, namun dengan kekuatannya, lantai kayu tersebut dapat bertahan.

Penasaran apa saja jenis lantai kayu tahan air? Berikut penjelasannya:

Baca JugaDaftar Harga Parket, Vinyl, Decking & Jasa Pasang 2022

Cara mengidentifikasi lantai kayu tahan air

Lantai Kayu Tahan Air

Untuk mengetahui lantai kayu tersebut dapar tahan terhadap air atau tidak cukup sulit, dikarenakan harus mengujinya secara langsung dan itu akan memakan biaya. Biasanya material kayu yang tidak tahan air akan terlihat mulai rusak dan kusam ketika terkena air dalam waktu yang lama.

Akan tetapi ada beberapa ciri-ciri yang dapat anda identifikasi apakah lantai tersebut tahan air, berikut ini informasinya:
  • Lantai kayu tahan air yang baik, akan tenggelam ketika dimasukan kedalam air.
  • Tidak akan membekas dan langsung mengalir ketika terkena air
  • Volume air masih sama ketika sudah lama tergenang air
Seperti lantai kayu ulin, produk tersebut akan tenggelam jika dimasukan kedalam bak berisi air, dan faktanya jenis lantai kayu tersebut memang memiliki daya tahan yang sangat baik dari air maupun perubahan cuaca secara ekstrim.

Lantai kayu yang tahan air dapat anda lihat ketika air mengalir langsung tanpa ada bekas yang tertinggal diatas permukaanya, biasanya hal ini dapat anda temukan pada lantai kayu dengan finishing dengan kualitas terbaik.

Dan jika lantai kayu tersebut tergenang air, maka volume air dalam genangan itu tidak akan surut atau berkurang. Hal itu dikarenakan lantai kayu tahan air tidak menyerap air karenanya tidak akan mudah lapuk.

Jenis Lantai Kayu Tahan Air Terbaik

Ada beberapa jenis lantai kayu terbaik yang dapat digunakan tanpa perlu mencemaskan kerusakan yang ditimbulkan oleh air.

Dalam kategorinya, jenis lantai kayu yang tahan air di golongkan pada 2 jenis, yaitu untuk indoor dan outdoor. Kedua jenis ini secara produk dan ketahannnya jelas berbeda, untuk itu berikut ini ulasannya:

Flooring Kayu Merbau (Indoor)

Lantai Kayu Tahan Air

Flooring merbau menjadi salah satu lantai kayu indoor dengan tingkat ketahanan air terbaik pada kelasnya. Flooring merupakan jenis lantai kayu yang dapat anda gunakan pada area indoor seperti ruang tamu, dapur, kamar tidur bahkan pada kamar mandi.

Jenis lantai kayu ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan parket kayu jati, namun memiliki perbedaan pada ukuran dan material yang digunakan. Flooring memiliki ukuran yang lebih besar dari lantai kayu parket.

Flooring kayu merbau juga dilengkapi dengan sistem penguncian T&G yang dapat memudahkan pemasangan pada permukaan lantai, juga lebih rapat jika dibandingkan dengan lantai kayu polos tanpa sistem penguncian yang berisik ketika melangkah diatasnya.

Tak lupa, flooring kayu merbau ini juga dilengkapi alur talang air dibagian bawahnya, tentu hal tersebut sangat penting. Alur talang air tersebut berfungsi agar air tidak mengendap dan terjebak dibawah lantai kayu yang sudah terpasang.

Jika tidak dilengkapi alur talang air, kemungkinan akan menjadi lembab dan mmebuat beberapa bagian lantai kayu terangkat.

Kelebihan & Kekurangan Flooring Kayu Merbau 

Berikut beberapa keunggulan & kekurangan yang dimiliki lantai kayu merbau:
  • Tumpahan air bernoda seperti kopi atau teh cenderung tidak akan meninggalkan bekas, anda hanya perlu membersihkannya dengan lap kering agar tidak menggenang dengan waktu yang lama.
  • Flooring kayu merbau dapat dibersihkan menggunakan lap yang agak basah, tidak akan menimbulkan resiko kerusakan, selama tidak membiarkan air menggenang diatasnya pada waktu yang cukup lama.
  • Meski dikatakan tahan terhadap air, flooring kayu merbau akan mulai lapuk dan kusam ketika air dibiarkan menggenang diatasnya dalam waktu yang lama.
  • Lem pada bagian bawah permukaan lantai akan rusak dan mudah lepas ketika areanya sangat lembap, untuk itu pastikan permukaan seperti acian atau keramik dalam kondisi benar-benar kering sebelum mulai mengaplikasikan lantai kayu.
Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan flooring kayu tahan air yang dapat anda pertimbangkan sebelum memilihnya.

Selain untuk area dalam ruangan, ada juga lantai kayu yang tahan air pada area luar ruangan (outdoor). Penasaran apa saja jenis lantai kayunya? Berikut ulasannya:

Decking Kayu Tahan Air (Outdoor)

Lantai Kayu Tahan Air

Decking menjadi salah satu lantai kayu yang dapat bertahan pada kerusakan yang ditimbulkan oleh air, material ini memang sangat kuat, sehingga akan sangat cocok apabila ditempatkan pada area outdoor.

Lantai decking memang di rancang untuk penggunaan luar ruangan, material kayunya dipilih dari jenis kayu kuat kelas 1-3 yang memang diperuntukan pada fungsinya.

Permukaan decking kayu dibentuk bergelombang seperti alur air yang menjadi fungsi penting pada ketahanan atau resiko penggunannya. Dengan bentuk bergelombang tersebut, dipastikan orang yang berjalan diatasnya dalam kondisi lantai basah tidak akan mudah terpeleset karena licin.

Bahkan untuk air hujan yang terus mengalir diatasnya, decking kayu dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama. Inilah yang membuatnya menjadi lantai kayu tahan air terbaik.

Ada beberapa jenis decking kayu yang dapat anda pilih sesuai dengan kualitas dari produknya itu sendiri.

Berikut lantai outdoor tahan air yang dapat anda gunakan:
  1. Decking Kayu Ulin
  2. Decking Kayu Merbau
  3. Decking Kayu Bengkirai
  4. Decking Kayu Keruing
Keempat jenis lantai kayu outdoor tersebut dapat dipastikan tahan terhadap air menggenang, bahkan hujan sekalipun. 

Perbedaannya jelas pada material yang digunakan, beberapa kayu memilik kualitas yang baik dan sebagian lagi merupakan yang terbaik. Tentu hal tersebut dibarengi dengan perbedaan harga yang sesuai.

Keunggulan Menggunakan Decking Kayu

Berikut ini beberapa keunggulan danmanfaat jika menggunakan decking kayu:
  • Perawatan dan pembersihan yang mudah, decking kayu hanya perlu anda semprotkan air, disikiat ataupun diguyur langsung untuk menghilangkan kotoran diatasnya.
  • Decking dapat digunakan pada beberapa area yang rentan, seperti kolam renang, dapur, ataupun kamar mandi.
  • Selain tahan air, decking juga tahan terhadap perubahan cuaca secara langsung.
Anda tak perlu khawatir air menggenang, karena bentuk bergelombang pada permukaannya dapat membantu air mengalir tanpa meninggalkan genangan diatasnya.

Baca JugaHarga decking / lantai kayu Outdoor Ulin, Merbau & Bengkirai

Tempat Terbaik Untuk Lantai Kayu Tahan Air

Lantai Kayu Tahan Air

Tidak semua area pada hunian menjadi tempat yang sesuai untuk pengaplikasian lantai kayu tahan air, dikarenakan dapat menghamburkan biaya berlebhi ataupun fungsi yang tidak sesuai. Berikut area terbaik untuk anda pasangkan lantai kayu yang tahan air:
  1. Lantai tahan air untuk Kolam Renang
  2. Lantai tahan air untuk Kamar Mandi
  3. Lantai tahan air untuk Taman
  4. Lantai tahan air untuk Rooftop

Itulah beberapa informasi mengenai lantai kayu tahan air, semoga anda dapat lebih memahami bahwa tidak semua jenis lantai kayu itu rentan terhadap air.

Untuk informasi produk lantai kayu beserta harga dan biaya pasangnya dapat berkonsultasi secara gratis dengan kami disini 0821-4444-8887

OUR PRODUCK

Untuk Informasi atau Pemesanan Produk, bisa langsung menghubungi team marketing kami Nurwahid ✆ 0821-4444-8887 Chat Via WA ☎ (021) 5397273

Lantai kayu jati

Lantai Kayu Jati

salah satu produk Lantai Kayu yang terpopuler karena tingkat keawetan serta keindahan serat yang dimiliki, Harga Lantai Kayu jati mulai Rp 220.000,- per meter persegi Selengkapnya

Lantai kayu Merbau

Lantai kayu Merbau

Memiliki serat kayu minimalis dan tegas, memiliki tingkat keawetan yang sangat baik, cocok untuk gunakan untuk rumah rumah modern. Harga Lantai Kayu merbau mulai Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Vinyl

Lantai kayu Vinyl

Kelebihan Lantai Kayu Vinyl adalah sisitem pemasangan yang simple, serta biaya pasang yang murah, salah satu alternatif lantai kayu murah, Harga Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Kayu Laminated

Lantai kayu Laminated

Ragam corak Lantai Kayu Laminated banyak pilihan, bisa di bongkar pasang, cocok untuk penggunaan untuk apartement, pemasangannya mudah dan cepat. Harga Rp 210.000,-/ per meter persegi. Selengkapnya

Decking bengkirai

Decking kayu Bengkirai

Di luar negri di kenal dengan yellow ballau, penggunaan untuk area outdoor, memiliki sifat tahan terhadap kebusukan serta terpaan air hujan langsung. Harga Mulai Rp 380.000,- /meter persegi. Selengkapnya

Decking Ulin

Decking kayu Ulin

Termasuk 10 jenis Kayu terkuat di dunia, tingkat keawetan bisa seumur hidup.Apabila terkena air dalam jangka waktu lama, struktur kayu makin padat, tidak akan terjadi pembusukan. Harga Mulai Rp 730.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Decking Merbau

Decking kayu merbau

Kayu merbau memiliki karakteristik yang tahan untuk penempatan area outdoor, tidak perlu khawatir, meskipun terkena panas dan hujan langsung kayu akan rusak. Harga Decking kayu Merbau Mulai Rp 430.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Plafon kayu

Plafon kayu Lumberceiling

Selain untuk Plafon kayu, bisa juga digunakan untuk bahan dinding kayu, tersedia dari bahan kayu Bengirai dan bahan kayu Ulin. Harga mulai Rp 280.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Papan tangga Merbau

Papan tangga kayu Merbau

Ukuran telah di sesuaikan dengan tandar ukuran tangga, bisa custom ukuran.Tersedia papan tangga tanpa sambung dan sambung 2 layer, serta pilihan papan tangga polos atau dengan antislip. Harga mulai Rp 200.000,-/Pcs. Selengkapnya

London

Papan tangga kayu Jati

Papan tangga kayu jati salah satu produk yang cukup sulit, Karena ketersediaan bahan baku yang semakin susah. untuk pemesanan papan tangga jati tanpa sambung indent 1 bulan. Harga mulai Rp 400.000,-/Pcs. Selengkapnya

Produk Berkualitas, dan Bergaransi.Layanan pemesanan untuk seluruh wilayah Indonesia.