Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ㅤTeleponWhatsappㅤ tokopedia toko lantai kayu shopee toko lantai kayu ☏ Office (022) 6078505

10 Tahapan Memasang Lantai Kayu Parket Tanpa Tukang!


cara pasang lantai kayu

Dengan banyaknya permintaan dari konsumen Tokolantaikayu.net tentang bagaimana cara pasang lantai kayu parket, berikut kami sajikan tahapan yang benar untuk  yang bisa anda kerjakan sendiri dirumah dengan peralatan yang lengkap tentunya.

Dengan kemajuan jaman, berbagai gaya dekorasi mulai tersebar. Mulai dari gaya modern hingga alami. Salah satu elemen bangunan yang mempengaruhi sebagian besar gaya dekorasi yaitu, 'Lantai'.

Banyak material penutup lantai yang berada di pasaran seperti keramik, granit, karpet dan lainnya.

Namun belakangan ini salah satu jenis lantai berkembang pesat karena terbukti memiliki banyak keunggulan yang tak didapat dari jenis material lantai lainnya.

parket murah

Ya, lantai kayu (Parket) menjadi salah satu produk yang sedang banyak diminati masyarakat dari kalangan bawah hingga menengah keatas, itu karena lantai jenis parket ini memberikan banyak kelebihan yang membuat penggunannya merasa "puas".

Namun ada beberapa kendala ketika ingin memasang lantai kayu, salah satunya adalah kekurangan pengetahuan serta perlengkapan.

Berikut cara pasang lantai kayu parket yang dapat anda perhatikan dengan baik.

Tahap  #1 : Persiapan Alat & Bahan

cara pasang lantai kayu

Sebelum memasang parket solid, hal penting yang harus di lakukan adalah mempersiapkan alat serta bahan untuk pemasangan parket.

Dengan perlengkapan alat yang cukup akan memudahkan cara pasang lantai kayu, untuk itu persiapkan alat-alat berikut ini :

Alat-alat Untuk Pemasangan Parket

- Alat kebersihan (Sapu & Lap)
- Gergaji
- Kape/Scap
- Mesin Amplas (jika tidak ada gunakan amplas lembaran)
- Benang
- Paku
- Palu non besi
- Roll cat
 
Setelah alat-alat tersebut sudah siap, selanjutnya persiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk pasang lantai kayu.

Bahan-bahan Untuk Pemasangan Parket

- Produk parket
- Lem kayu
- Finishing kayu (dempul, sanding sealer dan lainnya)

Perlu diperhatikan, produk parket yang akan dipasangkan perlu di keluarkan dari dus dan di diamkan di area yang akan dilakukan pemasangan. Hal itu untuk menyesuikan parket dengan kelembaban pada ruangan. 

Catatan: Semua prosedur ini baiknya dilakukan oleh ahlinya, jika anda berencana memasang lantai kayu di rumah atau bangunan yang lebih luas percayakan pada kami. Konsultasikan kebutuhan material dan ketahui estimasi ongkos pasang dengan buka katalog harga lantai kayu atau hubungi kami disini: 

Nurwahid ✆ 0821-4444-8887

Tahap #2 : Bersihkan & Ratakan Permukaan Lantai

cara pasang lantai kayu

Setelah semua persiapan sudah siap, baiknya membersihkan lantai dari debu dan kotoran. Keluarkan juga furniture lain yang berada di ruangan agar tidak menghambat proses pasang lantai kayu.

Gunakan sapu dan lap pel dengan baik untuk menghindari kotoran yang menempel pada lantai, karena partikel-partikel kecil tersebut bisa saja mengurangi kinerja lem perekat pada parket.

Lalu cek kembali permukaan lantai yang akan dilakukan pemasangan parket. Jangan sampai ada cekungan atau permukaan yang tidak rata, karena itu akan mempersulit pemasangan.

Tahap #3 : Melepas Pintu 

cara pasang lantai kayu

Kenapa harus melepas pintu ?

Ketika memasang parket pada lantai, dengan otomatis ketinggian pada lantai akan bertambah sesuai dengan ukuran produk lantai kayu yang dipasangkan.

Banyak kasus pintu yang tidak dapat bekerja dengan baik atau seret ketika selesai memasang lantai kayu.

Karena itu, melepas pintu terlebih dahulu dapat memudahkan proses pemasangan.

Tahap #4 : Lumuri Lem Kayu Pada Dasar Lantai

cara pasang lantai kayu

Sesudah lantai dipersiapkan dengan baik selanjutnya adalah proses melumuri lem kayu yang telah dipersiapkan pada permukaan dasar lantai.

Perhatikan juga volume atau ketebalan lem kayu, baiknya di ratakan agar tidak membuang lem terlalu banyak.

Tahap #5 : Mulai Memasang Lempengan Parket

cara pasang lantai kayu

Setelah lem kayu di pastikan rata pada dasar permukaan lantai, tahap berikutnya adalah menyusun satu persatu lempengan parket pada atas lem perekat yang sudah di ratakan tadi.

Dalam proses cara pasang lantai kayu tahapan ini ada beberapa metode pemasangan yang bisa anda pikirkan terlebih dahulu sebelum memulai pemasangan.

Seperti pola pemasangan susun bata, herringbone, mozaik dan lainnya.

Namun untuk pemula kami sarankan menggunakan pola pemasangan susun bata, karena pola tersebut lebih mudah di aplikasikan dari pada motif pola lainnya.

Tahap #6 : Memotong Bagian Parket Untuk Area Yang tidak Tertutupi

cara pasang lantai kayu #6 : Memotong Bagian Parket Untuk Area Yang tidak Tertutupi

Setelah menyusun dan memasang parket pada lantai, pastinya ada bagian yang tidak dapat di tutupi dengan parket, bisa karena dinding menyiku atau ukuran ruangan yang tidak pas.

Untuk itu perlu memotong bagian parket dan disesuaikan dengan bagian yang kosong menggunakan gergaji yang telah disiapkan di awal tadi.

Tahap #7 : Pemasangan Plint Kayu Pada Dinding bagian Bawah

cara pasang lantai kayu

Pada tahap ini bersifat opsional, anda bisa memilih memasangkan plint kayu ini atau tidak.

Namun alangkah baiknya menggunakan plint kayu pada pemasangan parket untuk memaksimalkan tampilan lantai.

Plint dipasangkan pada area pinggiran dinding bagian bawah setelah selesai memasang parket dengan rata pada permukaan lantai.

Plint kayu bisa didapatkan di Tokolantaikayu.

Tahap #8 : Pengampelasan Parket yang Telah di Pasang 

cara pasang lantai kayu #8 : Pengampelasan Parket yang Telah di Pasang

Setelah semua permukaan lantai tertutup rata dengan lantai kayu, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengamplas bagian permukaan parket,

Hal itu bertujuan untuk menjadikan permukaan lantai kayu lebih halus.

Proses ini menggunakan mesin amplas (sanding machine), namun jika tidak punya bisa menggunakan amplas lembaran. Tetapi itu tidak direkomendasikan karena dapat memakan banyak waktu dan tenaga.

Perhatikan serat alur pada lantai kayu, lakukan pengamplasan dengan mengikuti alur serat agar terlihat lebih rapih.

Tahap #9 : Cek Kembali Bagian Parket

cara pasang lantai kayu #9 : Cek Kembali Bagian Parket

Ketika semua proses sudah dilalui, tahapan selanjutnya adalah mengecek kembali bagaimana kondisi parket pada lantai.

Periksa dengan teliti satu persatu bagian mana yang terlihat kurang rata.

Jika dirasa ada bagian parket yang tidak rata dengan parket lainnya bisa di pukul dengan palu agar kembali rata dan rapi.

Tahap #10 : Proses Finishing (coating) Pada permukaan Parket

Cara pasang lantai kayu #10 : Proses Finishing (coating) Pada permukaan Parket

Tahap terakhir pada cara pasang lantai kayu parket adalah melakukan proses coating/finishing pada permukaan atas parket kayu.

Untuk menghasilkan warna yang baik perlu dilakukan coating dengan bahan finishing kayu yang telah disiapkan.

Ada beberapa tahapan pada proses ini.

Base coat

Base coat merupakan tahapan awal coating pada kayu, yaitu dengan cara mendempul kayu yang berfungsi supaya menutupi pori pori yang terlihat pada kayu.

Main Coat

Setelah itu lanjut pada tahap main coat, main coat adalah pemberian lapisan finishing awal untuk melindungi parket dari goresan serta memunculkan warna kayu yang membuat tampilan lantai lebih berwarna.

Top Coat

Tahapan terakhir pada proses finishing yaitu top coat, lapisan coating terakhir ini berfungsi untuk menutup warna kayu serta memberikan lapisan pelindung dari goresan yang sangat kuat.

Setelah semua proses coating terselesaikan, tunggu beberapa waktu untuk membuat parket kering sehingga dapat digunakan.


Kesimpulan

Hal penting yang perlu di perhatikan adalah persiapan alat dan bahan, ketika persiapan tersebut telah siap lanjut pada persiapan lantai untuk dipasangkan parket.

Ada beragam jenis lantai dasar yang bisa di pasangkan parket seperti keramik, lantai acian, granit dan material lain yang bersifat datar dan keras. Tidak disarankan memasang parket pada lantai karpet.

Saran kami, untuk mendapatkan hasil yang maksimal baiknya menggunakan jasa yang ahli dalam pemasangan lantai kayu. 

Lalu berapa upah pasang lantai kayu ?

Biaya jasang lantai parket standar mulai dari 170 Ribu per m2 nya, namun ada beberapa biaya lain yang harus di ketahui. Baca artikel berikut untuk mengetahui detail biaya jasa pasang lantai kayu.

Sekian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai cara pasang lantai kayu, semoga dapat menjadi pengetahuan baru seputar lantai kayu dan selaman menikmati hunian bernilai!

OUR PRODUCK

Untuk Informasi atau Pemesanan Produk, bisa langsung menghubungi team marketing kami Nurwahid ✆ 0821-4444-8887 Chat Via WA ☎ (021) 5397273

Lantai kayu jati

Lantai Kayu Jati

salah satu produk Lantai Kayu yang terpopuler karena tingkat keawetan serta keindahan serat yang dimiliki, Harga Lantai Kayu jati mulai Rp 220.000,- per meter persegi Selengkapnya

Lantai kayu Merbau

Lantai kayu Merbau

Memiliki serat kayu minimalis dan tegas, memiliki tingkat keawetan yang sangat baik, cocok untuk gunakan untuk rumah rumah modern. Harga Lantai Kayu merbau mulai Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Vinyl

Lantai kayu Vinyl

Kelebihan Lantai Kayu Vinyl adalah sisitem pemasangan yang simple, serta biaya pasang yang murah, salah satu alternatif lantai kayu murah, Harga Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Kayu Laminated

Lantai kayu Laminated

Ragam corak Lantai Kayu Laminated banyak pilihan, bisa di bongkar pasang, cocok untuk penggunaan untuk apartement, pemasangannya mudah dan cepat. Harga Rp 210.000,-/ per meter persegi. Selengkapnya

Decking bengkirai

Decking kayu Bengkirai

Di luar negri di kenal dengan yellow ballau, penggunaan untuk area outdoor, memiliki sifat tahan terhadap kebusukan serta terpaan air hujan langsung. Harga Mulai Rp 380.000,- /meter persegi. Selengkapnya

Decking Ulin

Decking kayu Ulin

Termasuk 10 jenis Kayu terkuat di dunia, tingkat keawetan bisa seumur hidup.Apabila terkena air dalam jangka waktu lama, struktur kayu makin padat, tidak akan terjadi pembusukan. Harga Mulai Rp 730.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Decking Merbau

Decking kayu merbau

Kayu merbau memiliki karakteristik yang tahan untuk penempatan area outdoor, tidak perlu khawatir, meskipun terkena panas dan hujan langsung kayu akan rusak. Harga Decking kayu Merbau Mulai Rp 430.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Plafon kayu

Plafon kayu Lumberceiling

Selain untuk Plafon kayu, bisa juga digunakan untuk bahan dinding kayu, tersedia dari bahan kayu Bengirai dan bahan kayu Ulin. Harga mulai Rp 280.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Papan tangga Merbau

Papan tangga kayu Merbau

Ukuran telah di sesuaikan dengan tandar ukuran tangga, bisa custom ukuran.Tersedia papan tangga tanpa sambung dan sambung 2 layer, serta pilihan papan tangga polos atau dengan antislip. Harga mulai Rp 200.000,-/Pcs. Selengkapnya

London

Papan tangga kayu Jati

Papan tangga kayu jati salah satu produk yang cukup sulit, Karena ketersediaan bahan baku yang semakin susah. untuk pemesanan papan tangga jati tanpa sambung indent 1 bulan. Harga mulai Rp 400.000,-/Pcs. Selengkapnya

Produk Berkualitas, dan Bergaransi.Layanan pemesanan untuk seluruh wilayah Indonesia.