Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ㅤTeleponWhatsappㅤ tokopedia toko lantai kayu shopee toko lantai kayu ☏ Office (022) 6078505

Perbedaan Vinyl dan Parket Untuk Pertimbangan Sebelum Beli

Perbedaan Vinyl dan Parket

Perbedaan Vinyl dan Parket, Tokolantaikayu.net - Ketika merenovasi rumah atau membangun hunian baru, salah satu pertimbangan penting adalah memilih jenis lantai yang tepat. Di antara banyak opsi yang tersedia, vinyl dan parket sering menjadi pilihan utama. 

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi perbedaan antara kedua jenis lantai ini serta manfaat dan kelemahan masing-masing. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang vinyl dan parket, anda akan dapat membuat keputusan yang lebih tepat untuk membeli jenis lantai terbaik.

Apa itu Vinyl?

Vinyl adalah jenis lantai yang terbuat dari bahan sintetis, yakni polyvinyl chloride (PVC). Lantai vinyl biasanya tersedia dalam bentuk lembaran gulung atau ubin yang dipasang secara satu persatu. Jenis lantai ini adalah salah satu jenis lantai yang paling populer karena kualitasnya yang tahan lama dan tampilan yang estetis.

Baca Juga:
Mengenal Istilah PARKET, FLOORING, LAMINATED pada Lantai Kayu

Apa itu Parket?

Parket adalah jenis lantai yang terbuat dari kayu asli. Kayu yang digunakan untuk parket biasanya dipotong menjadi lapisan tipis dan kemudian ditempatkan dengan pola khusus untuk menciptakan tampilan yang menawan dan alami. Parket sering menjadi pilihan bagi mereka yang ingin menikmati kehangatan dan keaslian kayu alami.

Perbedaan Bahan

Perbedaan Vinyl dan Parket

1. Material Vinyl

Vinyl terbuat dari bahan sintetis, terutama polyvinyl chloride (PVC), yang diproses menjadi lembaran atau ubin. Bahan ini memberikan vinyl kekuatan dan ketahanan terhadap keausan, goresan, dan noda. Selain itu, permukaan vinyl sering kali dilapisi dengan lapisan pelindung tambahan yang menjadikannya tahan air.

2. Material Parket

Parket terbuat dari lapisan tipis kayu asli yang diatur dalam pola tertentu. Kayu yang digunakan bervariasi, termasuk jati, merbau, sonokeling dan berbagai jenis kayu keras lainnya. Setiap lapisan kayu dipasang secara hati-hati untuk menciptakan pola parket yang menarik.

Tampilan dan Gaya

Vinyl dan parket memiliki tampilan yang berbeda. Vinyl seringkali meniru tekstur dan warna kayu alami, batu, atau keramik dengan presisi yang luar biasa. Hal ini memberikan anda fleksibilitas untuk menciptakan suasana yang diinginkan dalam ruangan. Di sisi lain, parket menampilkan keindahan kayu asli dengan serat dan warna yang alami, memberikan sentuhan elegan dan hangat pada ruangan.

Kemudahan Pemasangan

Perbedaan Vinyl dan Parket

Vinyl dan parket juga berbeda dalam hal kemudahan pemasangan. Vinyl umumnya lebih mudah dipasang karena dapat dipasang di atas berbagai jenis permukaan yang rata dan datar. Vinyl juga dapat dipasang dengan metode "klik" atau direkatkan ke lantai dengan lem khusus. Di sisi lain, parket memerlukan pemasangan yang lebih rumit dan terkadang memerlukan ahli untuk memasangnya secara presisi.

Baca Juga:
6 Langkah Pemasangan Lantai Vinyl, Ternyata Tak Sesulit Itu!

Tahan Air dan Kelembaban

Salah satu keunggulan vinyl adalah ketahanannya terhadap air dan kelembaban. Permukaan vinyl yang tahan air menjadikannya cocok untuk ruangan dengan paparan air yang tinggi, seperti kamar mandi dan dapur. Di sisi lain, parket yang terbuat dari kayu asli tidak tahan terhadap air dan kelembaban. Pemaparan yang berlebihan dapat menyebabkan perubahan bentuk dan kerusakan pada parket.

Ketahanan Terhadap Goresan dan Noda

Vinyl umumnya lebih tahan terhadap goresan dan noda dibandingkan dengan parket. Permukaan vinyl yang dilapisi pelindung tambahan membuatnya lebih tahan lama dan mudah dibersihkan. Di sisi lain, parket cenderung lebih rentan terhadap goresan dan noda, terutama jika tidak dijaga dan dirawat dengan baik.

Perawatan dan Pemeliharaan

Vinyl dan parket juga membutuhkan perawatan yang berbeda. Vinyl dapat dibersihkan dengan mudah dengan sapu, pel, atau pembersih vinyl biasa. Sedangkan, parket memerlukan perawatan khusus dengan produk pembersih kayu yang direkomendasikan. Selain itu, parket perlu dijaga dengan cara yang hati-hati untuk menjaga kilau dan keindahannya.

Daya Tahan

Perbedaan Vinyl dan Parket

Dalam hal daya tahan, vinyl umumnya lebih tahan lama daripada parket. Vinyl memiliki lapisan pelindung yang kuat dan tahan terhadap keausan, goresan, dan noda. Ini membuatnya cocok untuk ruangan dengan lalu lintas yang tinggi. Di sisi lain, parket rentan terhadap goresan dan keausan seiring waktu, meskipun dapat diperbaiki dengan pengamplasan dan perawatan yang tepat.

Ketersediaan dan Harga di Pasaran

Vinyl umumnya lebih mudah ditemukan dan tersedia dalam berbagai gaya dan desain yang beragam. Harganya juga lebih terjangkau dibandingkan dengan parket. Parket, di sisi lain, seringkali lebih mahal dan mungkin memerlukan upaya lebih dalam mencari desain dan jenis kayu yang diinginkan.

Baca Juga:
Harga Produk Vinyl Jenis Lantai Praktis dan Berkualitas Tinggi

Faktor Lingkungan

Jika peduli dengan faktor lingkungan, perlu dipertimbangkan bahwa vinyl terbuat dari bahan sintetis yang tidak dapat terurai dengan mudah. Sementara itu, parket terbuat dari kayu asli yang merupakan sumber daya alam terbarukan. Namun, penting untuk mencari sertifikasi yang menunjukkan kayu yang digunakan dalam parket berasal dari hutan yang dikelola secara bertanggung jawab.

Kelebihan dan Kekurangan Vinyl

Kelebihan Vinyl:

  • Tahan air dan kelembaban
  • Tahan goresan dan noda
  • Mudah perawatannya
  • Tersedia dalam berbagai gaya dan desain
  • Harganya lebih terjangkau

Kekurangan Vinyl:

  • Terbuat dari bahan sintetis yang tidak ramah lingkungan
  • Tidak memberikan kehangatan dan keaslian kayu asli

Kelebihan dan Kekurangan Parket

Kelebihan Parket:

  • Tampilan alami dan hangat dari kayu asli
  • Dapat diperbaiki melalui pengamplasan
  • Ramah lingkungan (jika kayu yang digunakan berasal dari hutan yang dikelola secara bertanggung jawab)

Kekurangan Parket:

  • Rentan terhadap goresan dan noda
  • Tidak tahan air dan kelembaban
  • Memerlukan perawatan khusus

Memilih Antara Vinyl dan Parket

Memilih antara vinyl dan parket tergantung pada gaya desain, gaya hidup, dan kebutuhan ruangan anda. Jika mencari lantai yang tahan air, mudah perawatannya, dan tersedia dalam berbagai desain, maka vinyl bisa menjadi pilihan yang baik. Namun, jika menginginkan kehangatan dan keaslian kayu asli, parket bisa menjadi opsi yang lebih menarik.

***

Dalam memilih antara vinyl dan parket, pertimbangkan faktor seperti tampilan, kepraktisan, daya tahan, perawatan, dan anggaran. Setiap jenis lantai memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Pastikan untuk melakukan penelitian yang cukup dan berkonsultasi dengan profesional sebelum membuat keputusan akhir.

Jadi, dengan pemahaman yang lebih baik tentang perbedaan antara vinyl dan parket, anda dapat membuat pilihan yang tepat untuk lantai rumah yang sesuai dengan gaya dan kebutuhan.

OUR PRODUCK

Untuk Informasi atau Pemesanan Produk, bisa langsung menghubungi team marketing kami Nurwahid ✆ 0821-4444-8887 Chat Via WA ☎ (021) 5397273

Lantai kayu jati

Lantai Kayu Jati

salah satu produk Lantai Kayu yang terpopuler karena tingkat keawetan serta keindahan serat yang dimiliki, Harga Lantai Kayu jati mulai Rp 220.000,- per meter persegi Selengkapnya

Lantai kayu Merbau

Lantai kayu Merbau

Memiliki serat kayu minimalis dan tegas, memiliki tingkat keawetan yang sangat baik, cocok untuk gunakan untuk rumah rumah modern. Harga Lantai Kayu merbau mulai Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Vinyl

Lantai kayu Vinyl

Kelebihan Lantai Kayu Vinyl adalah sisitem pemasangan yang simple, serta biaya pasang yang murah, salah satu alternatif lantai kayu murah, Harga Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Kayu Laminated

Lantai kayu Laminated

Ragam corak Lantai Kayu Laminated banyak pilihan, bisa di bongkar pasang, cocok untuk penggunaan untuk apartement, pemasangannya mudah dan cepat. Harga Rp 210.000,-/ per meter persegi. Selengkapnya

Decking bengkirai

Decking kayu Bengkirai

Di luar negri di kenal dengan yellow ballau, penggunaan untuk area outdoor, memiliki sifat tahan terhadap kebusukan serta terpaan air hujan langsung. Harga Mulai Rp 380.000,- /meter persegi. Selengkapnya

Decking Ulin

Decking kayu Ulin

Termasuk 10 jenis Kayu terkuat di dunia, tingkat keawetan bisa seumur hidup.Apabila terkena air dalam jangka waktu lama, struktur kayu makin padat, tidak akan terjadi pembusukan. Harga Mulai Rp 730.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Decking Merbau

Decking kayu merbau

Kayu merbau memiliki karakteristik yang tahan untuk penempatan area outdoor, tidak perlu khawatir, meskipun terkena panas dan hujan langsung kayu akan rusak. Harga Decking kayu Merbau Mulai Rp 430.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Plafon kayu

Plafon kayu Lumberceiling

Selain untuk Plafon kayu, bisa juga digunakan untuk bahan dinding kayu, tersedia dari bahan kayu Bengirai dan bahan kayu Ulin. Harga mulai Rp 280.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Papan tangga Merbau

Papan tangga kayu Merbau

Ukuran telah di sesuaikan dengan tandar ukuran tangga, bisa custom ukuran.Tersedia papan tangga tanpa sambung dan sambung 2 layer, serta pilihan papan tangga polos atau dengan antislip. Harga mulai Rp 200.000,-/Pcs. Selengkapnya

London

Papan tangga kayu Jati

Papan tangga kayu jati salah satu produk yang cukup sulit, Karena ketersediaan bahan baku yang semakin susah. untuk pemesanan papan tangga jati tanpa sambung indent 1 bulan. Harga mulai Rp 400.000,-/Pcs. Selengkapnya

Produk Berkualitas, dan Bergaransi.Layanan pemesanan untuk seluruh wilayah Indonesia.