Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ㅤTeleponWhatsAppㅤ tokopedia toko lantai kayu shopee toko lantai kayu ☏ Office (022) 6078505

7 Jenis Pohon Peneduh Ini Buat Rumah Jadi Sejuk & Asri

pohon peneduh

Pohon Peneduh, Tokolantaikayu.net
- Menanam pohon dihalaman atau pekarangan rumah dapat memberikan banyak manfaat, salah satunya adalah menciptakan kualitas udara yang sangat baik bagi lingkungan sekitarnya. Selain itu, daun dari pohon yang lebat atau rimbun juga dapat menahan sinar matahari yang terlalu terik dan menjadikan rumah lebih teduh nan asri.

Tidak ada salahnya jika anda mulai menanam bibit pohon di halaman rumah, tapi akan lebih baik jika mengetahui karakteristik setiap jenis kayu yang akan ditanam. Pelajari setinggi apa tumbuhan tersebut dapat tumbuh dan sebesar apa pertumbuhan batang dan akar pohonnya.

Baca Juga:
Kenali Karakteristik Pohon Keruing & Manfaat Dari Kayunya!

Karena beberapa jenis pohon peneduh terlalu besar untuk ditanam dilahan rumah yang terbatas. Jangan sampai menanam pohon yang akan membuat area rumah menjadi gelap dan menimbulkan kerusakan pada bangunan.

Berikut ini beberapa jenis pohon peneduh dengan daun yang rindang dan ukurannya tidak terlalu besar, yang cocok untuk ditanam pada halaman rumah:

1. Pohon Kersen

pohon peneduh

Mungkin banyak dari kalian yang masa kecilnya pernah menikmati buah kersen dari pohon yang tumbuh di halaman komplek atau rumah, dengan santai sambil berteduh dibawah rindangnya pohon tersebut.

Pohon jenis ini memiliki batang yang hampir mirip dengan kipas dan daun yang lebar serta merunduk, menjadikannya bagus sebagai pohon peneduh untuk halaman rumah. 

Yang dapat menjadi kelebihannya adalah anda tidak perlu melakukan perawatan khusus, karena pohon kersen mudah tumbuh dengan sendirinya dan hanya perlu diberikan area yang sediki luas dan terpisah dari tumbuhan lain.

2. Pohon Mangga

pohon peneduh

Salah satu pohon peneduh ini banyak yang menyukainya untuk ditanam dihalaman rumah, karena bukan hanya sebagai peneduh, melainkan buahnya yang lezat dan segar jika dimakan pada siang hari bersama keluarga atau tetangga.

Dengan menanam tanaman ini, anda mendapatkan beberapa manfaat sekaligus. Akan tetapi perlu mempertimbangkan perawatannya, karena pohon mangga sangat mudah terserang hama, contohnya tungau dan hama putih.

Pohon mangga juga memiliki daun yang cukup rindang dan tertutup, dengan pertumbuhan yang tidak terlalu besar dan memakan lahan membuatnya sangat efektif untuk dijadikan pohon peneduh pada halaman rumah yang terbatas.

3. Pucuk Merah

Jika menginginkan tampilan halaman yang berbeda dan anti mainstream, cobalah menanam pohon pucuk merah ini. Uniknya, salah satu pohon peneduh ini memiliki warna merah pada ujung daun muda yang menjadikannya cukup menarik pandangan orang yang lewat.

Selain itu, pertembuhan batangnya melebar sampai membentuk kanopi alam yang rindang hingga membuat rumah menjadi lebih sejuk dan asri tanpa menambahkan kanopi buatan yang harganya cukup mahal.

Pohon pucuk merah juga tidak terlalu sulit dalam perawatannya, hanya saja pastikan halaman rumah cocok dengan ukuran tumbuh yang sebelumnya sudah harus di prediksi dan dipertimbangkan.

4. Pohon Palem

pohon peneduh

Menjadi salah satu pohon peneduh yang terkenal, pohon palem juga dapat dijadikan sebagai pohon hias yang istimewa. Keistimewaan yang dimilikinya ialah hanya tumbuh tinggi dan tidak tumbuh cabang yang seringkali membuat area sekitar menjadi lebih sempit.

Pohon palem ini cocok untuk meneduhkan bangunan rumah yang memiliki dua lantai atau lebih, karena ia dapat tumbuh hingga 20 meter dari jenis palem raja. 

Sedangkan untuk rumah satu lantai, disarankan menggunakan pohon peneduh berjenis palem putri yang pertumbuhannya lebih kecil dengan buah unik berwarna agak merah.

5. Ketapang Kencana

Salah satu pohon peneduh ini mungkin tidak banyak yang kenal dengan namanya, akan tetapi sering menjumpainya di pinggir jalan raya. Memang pohon ketapang kencana ini banyak ditanam di pinggir jalan untuk menghiasi sekaligus menghijaukan kota.

Memiliki batang yang cukup ramping dengan diameter pohon yang tidak terlalu besar menjadikannya cocok juga digunakan sebagai peneduh rumah dengan menanamnya.

Keunikan yang dimilikinya ialah memiliki ranting yang padat juga bertingkat hingga cocok juga dijadikan sebagai tanaman hias di taman rumah atau taman kompek.

6. Pohon Cemara Pensil

Cukup banyak orang yang mengurungkan niatnya menanm pohon peneduh di halaman rumah dengan alasan lahan terbatas dan ukuran pohon yang kebanyakan besar serta perawatannya yang cukup sulit.

Selain itu, pohon-pohon peneduh juga seringkali membuat halaman rumah menjadi kotor dari daun kering yang terus berguguran, sehingga membuat pekerjaan baru yang cukup melelahkan.

Akan tetapi, pohon cemara pensil ini dapat menjadi solusinya. Memiliki pertumbuhan yang tidak melebar dan hanya menjulang tinggi sehingga tidak membutuhkan area yang terlalu luas.

7. Pohon Flamboyan

pohon peneduh

Jika tadi ada pohon yang memiliki daun muda yang berwarna kemerahan, kali ini pohon flamboyan juga memiliki daya tarik secara visual untuk menjadikan area rumah lebih berwarna.

Pohon peneduh satu ini memiliki bunga yang tumbuh rimbun dan berwarna merah oren. Akan tetapi pertumbuhannya yang melebar, menjadikan anda perlu meneydiakan lahan yang lebih luas.

Sebaiknya mempertimbangkan terlebih dahulu rumah dan lahan anda, sebelum menanam pohon flamboyan di pekarangan rumah.

Baca Selanjutnya:

Itulah beberapa informasi mengenai pohon peneduh yang dapat menjadikan rumah lebih sejuk dan asri. Semoga menginspirasi dan bermanfaat, sehingga menciptakan rumah ramah lingkungan dan anak-anak yang ceria setiap harinya.

Untuk informasi dekorasi rumah interior ataupun eksterior menggunakan lantai kayu, plafon yang hangat, serta dinding dari lambersering, dapat berkonsultasi dengan cara hubungi kami disini.

OUR PRODUCK

Untuk Informasi atau Pemesanan Produk, bisa langsung menghubungi team marketing kami Nurwahid ✆ 0821-4444-8887 Chat Via WA ☎ (021) 5397273

Lantai kayu jati

Lantai Kayu Jati

salah satu produk Lantai Kayu yang terpopuler karena tingkat keawetan serta keindahan serat yang dimiliki, Harga Lantai Kayu jati mulai Rp 220.000,- per meter persegi Selengkapnya

Lantai kayu Merbau

Lantai kayu Merbau

Memiliki serat kayu minimalis dan tegas, memiliki tingkat keawetan yang sangat baik, cocok untuk gunakan untuk rumah rumah modern. Harga Lantai Kayu merbau mulai Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Vinyl

Lantai kayu Vinyl

Kelebihan Lantai Kayu Vinyl adalah sisitem pemasangan yang simple, serta biaya pasang yang murah, salah satu alternatif lantai kayu murah, Harga Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Kayu Laminated

Lantai kayu Laminated

Ragam corak Lantai Kayu Laminated banyak pilihan, bisa di bongkar pasang, cocok untuk penggunaan untuk apartement, pemasangannya mudah dan cepat. Harga Rp 210.000,-/ per meter persegi. Selengkapnya

Decking bengkirai

Decking kayu Bengkirai

Di luar negri di kenal dengan yellow ballau, penggunaan untuk area outdoor, memiliki sifat tahan terhadap kebusukan serta terpaan air hujan langsung. Harga Mulai Rp 380.000,- /meter persegi. Selengkapnya

Decking Ulin

Decking kayu Ulin

Termasuk 10 jenis Kayu terkuat di dunia, tingkat keawetan bisa seumur hidup.Apabila terkena air dalam jangka waktu lama, struktur kayu makin padat, tidak akan terjadi pembusukan. Harga Mulai Rp 730.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Decking Merbau

Decking kayu merbau

Kayu merbau memiliki karakteristik yang tahan untuk penempatan area outdoor, tidak perlu khawatir, meskipun terkena panas dan hujan langsung kayu akan rusak. Harga Decking kayu Merbau Mulai Rp 430.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Plafon kayu

Plafon kayu Lumberceiling

Selain untuk Plafon kayu, bisa juga digunakan untuk bahan dinding kayu, tersedia dari bahan kayu Bengirai dan bahan kayu Ulin. Harga mulai Rp 280.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Papan tangga Merbau

Papan tangga kayu Merbau

Ukuran telah di sesuaikan dengan tandar ukuran tangga, bisa custom ukuran.Tersedia papan tangga tanpa sambung dan sambung 2 layer, serta pilihan papan tangga polos atau dengan antislip. Harga mulai Rp 200.000,-/Pcs. Selengkapnya

London

Papan tangga kayu Jati

Papan tangga kayu jati salah satu produk yang cukup sulit, Karena ketersediaan bahan baku yang semakin susah. untuk pemesanan papan tangga jati tanpa sambung indent 1 bulan. Harga mulai Rp 400.000,-/Pcs. Selengkapnya

Produk Berkualitas, dan Bergaransi.Layanan pemesanan untuk seluruh wilayah Indonesia.