Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ㅤTeleponWhatsAppㅤ tokopedia toko lantai kayu shopee toko lantai kayu ☏ Office (022) 6078505

Cara Hitung Kebutuhan Vinyl Per Meter & Pertimbangan Jumlah

cara hitung kebutuhan vinyl

Cara Hitung Kebutuhan Vinyl, Tokolantaikayu.net
- Halo juragan semua, apakah anda sedang mempertimbangkan lantai vinyl sebagai pengganti pelapis lantai rumah? Alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu cara menghitung dan pengukuran kebutuhan materialnya terlebih dahulu, agar tidak kelebihan atau kekurangan bahan pada saat proses pemasangan.

Pelapis lantai seperti vinyl memang memiliki ukuran yang beragam dan bervariasi. Agar tidak terjadi kecerobohan saat memesan vinyl, anda bisa menyesuaikan jumlah vinyl yang akan dibeli dengan mengukur luas ruangan yang akan di aplikasikan lantai tersebut.

Baca Juga:
Jangan Salah, Ini Cara Memilih Lantai Vinyl yang Sesuai dengan Keinginan Anda!

Cara menghitung kebutuhan vinyl disini akan sangat bermanfaat bagi juragan semua ketika pertama kali menggunakan satu jenis lantai ini. Terlebih lagi, lantai vinyl hadir dalam bentuk kepingan-kepingan memanjang dengan bentuk atau ukuran yang berbeda-beda.

Berikut beberapa tips atau cara hitung kebutuhan vinyl per meter untuk mengetahui berapa jumlah yang diperlukan, serta bagaimana mengetahui harga vinyl yang murah dipasaran:

Cara Hitung Jumlah Harga Vinyl Per Meter

cara hitung kebutuhan vinyl

Seperti yang telah kita ketahui, lantai vinyl hadir dipasaran dengan banyaknya produsen yang bersaing. Masing-masing produsen tersebut memiliki jenis dan ukuran persegi yang berbeda dalam penjualannya. Apalagi, saat ini terdapat banyak jenis lantai vinyl yang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Diposisi saat ini, anda sebagai konsumen perlu lebih cermat dalam memilih lantai vinyl yang akan digunakan. Karena beberapa merk lantai vinyl memiliki strategi pemasaran yang berbeda, seperti menjual harga lantai vinyl per meter atau ada juga yang menggunakan hitungan per box.

Biasanya, banyak orang terkecoh ketika melihat harga vinyl yang murah. Akan tetapi, itu ternyata harga untuk 1 meter perseginya, atau bahkan ada yang menjualnya dengan mencantumkan harga per 1 pcs. 

Berikut ini contoh perhitungan harga vinyl yang baik untuk anda pertimbangkan terlebih dahulu sebelum memesannya:

Sistem Penjualan

  • Vinyl A, Ukuran 1 Box = 3 Meter Persegi
  • Vinyl B, Ukuran 1 Box = 2,5 Meter Persegi

Perhitungan 

  • Vinyl A, 3 Meter Persegi X Rp 100.000 = Rp 300.000,-/box
  • Vinyl B, 2,5 Meter Persegi X Rp 100.000 = Rp 250.000,-/box

Kesimpulan Harga

Jika dilihat sepintas, harga vinyl B memang terlihat lebih murah dibanding vinyl A per box nya. Akan tetapi, sebenarnya harga dua brand vinyl tersebut sama. Apabila anda membeli vinyl B dengan harga tersebut, maka jumlah per meter persegi yang akan diterima lebi sedikit dibanding vinyl A.

Jadi, anda sebetulnya bukan membeli vinyl dengan harga yang lebih murah. Melainkan membeli dengan jumlah yang lebih sedikit. Lebih baik tanyakan terlebih dahulu hagra per meter perseginya daripada harga per box kepada penjual.

Cara Hitung Kebutuhan Material Vinyl

Sebelum memesan lantai vinyl, lebih baik mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu sebelumnya. Agar tidak terjadi kelebihan atau kekurangan material saat akan memasangnya, berikut tips atau cara supaya kebutuhan material vinyl lebih efektif:

1. Ketahui Luas Ruangan 

cara hitung kebutuhan vinyl
Agar anda mengetahui berapa jumlah vinyl yang harus dibeli, sebaiknya hitung luas ruagnan yang akan dipasang terlebih dahulu. Dengan begitu anda selanjtunya dapat memesan vinyl sesuai dengan kebutuhan.

Ukur baik-baik setiap sudut ruangan, mungkin akan lebih baik jika anda memetakannya pada sebuah kertas atau visual 2dimensi pada gadget yang dimiliki. 

2. Tentukan Ukuran Material

cara hitung kebutuhan vinyl

Dipasaran sendiri ada beberapa jenis pelapis lantai yang sama dengan vinyl, seperti lantai spc dan lantai laminate. Cari tahu karakteristiknya dan bandingkan juga harga dari pelapis lantai itu. Masing-masing jenis latnai terebut memiliki ukuran yang beragam, pastikan membeli sesuai kebutuhan anda.

Misalkan anda memiliki luas ruangan 20 meter persegi, dengan luas material pelapis lantai 2,5 meter pesegi. Cara menghitungnya dengan membagi kedua luas maka anda membutuhkan 8 box lantai vinyl.

Contoh Perhitugan

  • Luas Ruangan ÷ Luas Material = Jumlah Box Yang Dibutuhkan
  • 20 Meter Persegi ÷ 2,5 Meter Persegi = 8 Box

3. Hitung Juga Material Terbuang (Waste)

cara hitung kebutuhan vinyl

Pada saat proses pemasangan vinyl di ruangan yang memiliki siku tidak teratur, pastinya terdapat material yang akan dipotong atau dibuang, bagian tersebut biasanya dinamakan dengan waste.

Agar anda memiliki cadangan vinyl untuk berjaga-jaga ketika kekurangan material, hitunglah jumlah waste dengan rumus berikut ini:
  • Pola Pemasangan Susun Bata = Luas Ruangan ÷ Luas Material ÷ 0,95 (Nilai Waste)
  • Pola Pemasangan Herringbone = Luas Ruangan ÷ Luas Material ÷ 0,90 (Nilai Waste)
  • Pola Pemasangan Chevron = Luas Ruangan ÷ Luas Material ÷ 0,85 (Nilai Waste)
Dengan mengetahui jumlah waste, anda dapat membeli cadangan vinyl agar pada saat pemasangan tidak terkendala kekurangan material karena terjadi pemotongan.

Baca Selanjutnya:

Demikianlah informasi yang dapat tersampaikan seputar cara hitung kebutuhan vinyl, semoga dapat dengan mudah difahami dan menjadi informasi baru untuk anda mulai mandiri memasang lantai vinyl untuk hunian.

Hubungi kami untuk berkonsultasi seputar produk lantai kayu, hingga jasa pemasangan ahli. Dapatkan produk dan jasa bergaransi yang akan menjamin hasil pemasangan yang berkualitas! Terimakasih, dan sampai jumpa di artikel informatif selanjutnya...

OUR PRODUCK

Untuk Informasi atau Pemesanan Produk, bisa langsung menghubungi team marketing kami Nurwahid ✆ 0821-4444-8887 Chat Via WA ☎ (021) 5397273

Lantai kayu jati

Lantai Kayu Jati

salah satu produk Lantai Kayu yang terpopuler karena tingkat keawetan serta keindahan serat yang dimiliki, Harga Lantai Kayu jati mulai Rp 220.000,- per meter persegi Selengkapnya

Lantai kayu Merbau

Lantai kayu Merbau

Memiliki serat kayu minimalis dan tegas, memiliki tingkat keawetan yang sangat baik, cocok untuk gunakan untuk rumah rumah modern. Harga Lantai Kayu merbau mulai Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Vinyl

Lantai kayu Vinyl

Kelebihan Lantai Kayu Vinyl adalah sisitem pemasangan yang simple, serta biaya pasang yang murah, salah satu alternatif lantai kayu murah, Harga Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Kayu Laminated

Lantai kayu Laminated

Ragam corak Lantai Kayu Laminated banyak pilihan, bisa di bongkar pasang, cocok untuk penggunaan untuk apartement, pemasangannya mudah dan cepat. Harga Rp 210.000,-/ per meter persegi. Selengkapnya

Decking bengkirai

Decking kayu Bengkirai

Di luar negri di kenal dengan yellow ballau, penggunaan untuk area outdoor, memiliki sifat tahan terhadap kebusukan serta terpaan air hujan langsung. Harga Mulai Rp 380.000,- /meter persegi. Selengkapnya

Decking Ulin

Decking kayu Ulin

Termasuk 10 jenis Kayu terkuat di dunia, tingkat keawetan bisa seumur hidup.Apabila terkena air dalam jangka waktu lama, struktur kayu makin padat, tidak akan terjadi pembusukan. Harga Mulai Rp 730.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Decking Merbau

Decking kayu merbau

Kayu merbau memiliki karakteristik yang tahan untuk penempatan area outdoor, tidak perlu khawatir, meskipun terkena panas dan hujan langsung kayu akan rusak. Harga Decking kayu Merbau Mulai Rp 430.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Plafon kayu

Plafon kayu Lumberceiling

Selain untuk Plafon kayu, bisa juga digunakan untuk bahan dinding kayu, tersedia dari bahan kayu Bengirai dan bahan kayu Ulin. Harga mulai Rp 280.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Papan tangga Merbau

Papan tangga kayu Merbau

Ukuran telah di sesuaikan dengan tandar ukuran tangga, bisa custom ukuran.Tersedia papan tangga tanpa sambung dan sambung 2 layer, serta pilihan papan tangga polos atau dengan antislip. Harga mulai Rp 200.000,-/Pcs. Selengkapnya

London

Papan tangga kayu Jati

Papan tangga kayu jati salah satu produk yang cukup sulit, Karena ketersediaan bahan baku yang semakin susah. untuk pemesanan papan tangga jati tanpa sambung indent 1 bulan. Harga mulai Rp 400.000,-/Pcs. Selengkapnya

Produk Berkualitas, dan Bergaransi.Layanan pemesanan untuk seluruh wilayah Indonesia.