Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ㅤTeleponWhatsappㅤ tokopedia toko lantai kayu shopee toko lantai kayu ☏ Office (022) 6078505

Keistimewaan Ulin "Kayu Besi" Khas Kalimantan Yang Terkenal

KAYU ULIN

Kayu Ulin merupakan Kayu yang memiliki kekerasan dan keunggulan yang tinggi, lalu apakah Anda tahu dengan jenis kayu yang satu ini? 

Kayu Ulin atau yang biasa disebut dengan Kayu Bulian dan Kayu Besi (Iron Wood). Merupakan jenis kayu yang berasal dari pohon di Indonesia, tepatnya pohon ini berasal dari daerah Kalimantan. 

daun kayu ulin

Kayu ulin sering dimanfaatkan untuk beberapa kebutuhan Bahan bangunan, Seperti Kontruksi Rumah, Jembatan, bahkan Kayu jenis ini sering dimanfaatkan untuk pembuatan Perkapalan.

Pasti Anda penasaran kan bagaimana karakteristik dari Kayu ulin yang dapat digunakan untuk pembuatan perkapalan, Penasaran? Mari kita simak karakteristik dari Kayu Ulin Kalimantan. 

Karakteristik dari Kayu Ulin Kalimantan

Kayu Ulin merupakan jenis pohon yang termasuk kedalam jenis pohon besar yang tingginya dapat mencapai 50 Meter dan diamaternya mencapai 120 cm. 

Kayu ulin juga merupakan jenis kayu yang memiliki ketehanan terhadap perubuhan suhu, Kelembapan dan pengaruh air Laut. 

kayu ulin

Kayu ulin memiliki sifat keras dan sifat sangat berat. Maka, Kayu ulin sering disebut dengan sebutan Kayu besi karena jenis kayunya yang sangat kuat dan tahan Banting.

Sifat keras dan Awet dari kayu Ulin masuk kedalam kelas yang tetinggi, yaitu kelas Awet kelas I dan kelas Keras Kelas I, dari kelas tersebut sudah kita ketahui bahwa kayu ulin merupakan Jenis kayu terkeras dan terawet tertiggi.

kayu ulin

Warna dan Serat dari Kayu ulin juga merupakan salah satu karaktersitik yang sangat unik dan dapat diunggulkan.

Kenapa tidak, bahwa kayu ulin memiliki warna coklat kekuningan dengan serat yang menyebar, dan hal yang paling menariknya. 

Kayu ulin jika terkena air terus menerus akan menjadi lebih keras dan warnanya akan menjadi lebih gelap. Membuat Kayu ulin semakin Menarik dan Elegan. 

warna kayu ulin jika terkena air

Karakteristik tersebut membuat kayu ulin sering digunakan untuk kebutuhan kebutuhan bahan baku yang berat, dan bahan baku yang membutuhkan tingkat tahan dalam perubahan suhu ekstream.

Keistimewaan Kayu Ulin Kalimantan

Ulin tumbuh dengan keistimewaan yang beragam bahkan keistimewaannya belum tentu dimiliki oleh Jenis kayu lainnya. 

Kayu ulin dapat tumbuh dengan diameter yang cukup besar dan Tinggi, Serta memiliki senyawa ion alami yang membuat jenis kayu ini tidak mudah dimakan rayap, tidak heran jika kayu ulin sering diburu oleh banyak masyarakat. 

Selain itu, Kayu ulin memiliki harga jual yang cukup tinggi. Banyak Manfaat yang dihasilkan dari Kayu ulin khas Kalimantan ini, Mari simak ulasannya : 

Manfaat yang dihasilkan dari Pohon Ulin kalimantan


Bahwa pohon ulin bukan hanya kayunya saja yang dapat bermanfaat untuk bahan baku bangunan, melainkan masih banyak manfaat yang dihasilkan dari pohon ulin Kalimantan. 

Berikut uraian dari Manfaat yang dihasilkan Pohon Ulin Kalimantan :

1Pohon Ulin dapat bermanfaat untuk segi Ekologi Makhluk Hidup


Kayu Ulin atau pohon ulin merupakan tempat Favorit bagi sekumpulan orang utan untuk membuat Rumah atau sarangnya. Orang utan juga dapat memakan daun-daun dari pohon ulin yang masih muda.

orang utan di pohon ulin

Apalagi pohon ulin mampu menahan air dari tanah itu sendiri, agar dapat mencegah terjadinya erosi maupun longsor yang merugikan Mahluk hidup lainnya

2Buah dan Biji ulin bermanfaat untuk Kesehatan


Bukan hanya dari segi ekologinya saja manfaat kayu ulin, melainkan kayu ulin dapat bermanfaat bagi kesehatan. Biji Ulin memiliki khasiat untuk Pengobatan. 

Karena biji yang sudah dihaluskan dapat bermanfaat untuk obat bengkak, dan bahkan dapat digunakan untuk menghitamkan Rambut seperti semir.

biji kayu ulin

Lalu, buah dari Kayu ulin dapat dimanfaatkan untuk dibuat minyak, dengan cara Kayu ulin dikeringkan terlebih dahulu, setelah itu dicampurkan dengan manfaat mintak kelapa. 

Setelah itu minyak tersebut dapat berkhasiat untuk menghitamkan rambut dan dapat mencegah tumbuhnya Uban.

3Kayu ulin bermanfaat bagi bidang kebudayaan

Manfaat dari kayu ulin satu ini, merupakan manfaat untuk pembuatan seni ukir dan kerajinan tangan, Karena yang sudah kita bahas sebelumnya bahwa kayu ulin memiliki warna dan serat yang cantik membuat kayu ini dapat dijadikan karya ukir.

kerajinan dari kayu ulin

Bahkan batang kayu ulin yang kuat dan kokoh membuat kerajinan ukir tersebut menjadi lebih kuat dan tidak mudah rusak.

4. Manfaat Pohon Ulin dibidang Ekonomi

Manfaat satu ini mungkin memiliki peranan yang besar untuk bidang perekonomian, Kenapa begitu? yang namanya kayu, pasti berasal dari pohon. 

Nah yang kita tahu bahwa pohon ulin merupakan pohon yang sangat diandalkan oleh masyarakat.

Sehingga dengan memperjuakan belikan pasti menguntungkan, apalagi yang kita ketahui bahwa kayu ulin memiliki harga yang cukup tinggi, dengan begitu pohon atau kayu ulin bisa menaikkan perekonoman Warga.

5. Dapat digunakan untuk Material Interior rumah

Mungkin manfaat yang satu ini sudah Anda ketahui, karena jika Anda menyimak dari awal pembahasan artikel ini, sudah Kami bahas sedikit. Maka dari itu, kami akan membahas secara detail. 

plafon kayu ulin

Kayu ulin merupakan kayu terkeras dan terawet yang kita ketahui, dengan itu karakteristik dari Kayu tersebut sangat cocok jika digunakan untuk beberapa material Interior Rumah. 

Material yang cocok dari Kayu Ulin diantara lainnya seperti, Decking, dan Plafon atau lambersering. Apakah Anda tahu dengan jenis produk tersebut? jika belum, kami akan ulas untuk anda. Berikut ulsaiannya : 

Produk Terbaik yang dihasilkan dari Kayu Ulin

1. Decking Kayu Ulin untuk Lantai Outdoor

Decking atau Lantai kayu Outdoor merupakan produk unggulan pertama yang akan kita bahas, yang kita ketahui. Lantai kayu outdoor meruapakan material yang harus mempunyai spesfikasi kayu yang keras dan awet. 

Dengan itu, kayu ulin merupakan jenis kayu yang sangat direkomendasi untuk pembuatan decking Kayu. 

deck kolam renang kayu ulin

Decking Kayu itu sendiri dapat membuat lantai Outdoor anda semakin lebih rapih dan lebih kuat untuk pijakan lantai outdoormu. 

Bayangkan saja jika pijak Outdoor anda tidak menggunakan decking kayu, mungkin akan terasa licin dan dapat membahayakan diri Anda sendiri.

Baca Artikel Populer SerupaHarga decking / lantai kayu Outdoor Ulin

2. Plafon dan Lambersering Kayu Ulin Kalimantan

Plafon atau lambersering merupakan produk kedua yang sangat populer dikalangan para kontruksi. 

Plafon dan Lambersering itu sendiri merupakan produk yang kegunaannya untuk menutupi atap atap dari rumah Anda atau untuk menutupi dinding Anda. 

lambersering kayu ulin

Dengan Menggunakan Plafon dan Lambersering membuat tampilan dinding dan Atap Anda semakin lebih berwarna dan berbeda dari atap pada biasanya. 

Bahkan dengan menggunakan Atap dan Lambersering tersebut membuat rumah Anda semakin terasa sejuk. Karena kelebihan dari kayu dapat menetralisir suhu udara ruangan Anda.

Berhubung Mengenai kelebihan dari Kayu, apakah Anda tahu kelebihan dan kekurangan dari Kayu Ulin Kalimantan? Berikut urainnya :  

karakteristik kayu ulin

Kelebihan dari Kayu Ulin Kalimantan

Dengan banyaknya minat terhadap si Iron Wood ini tidak lepas dari banyaknya kelebihan yang dimilikinya, karena itulah banyak orang memburu jenis kayu satu ini.
  • Kayu ulin dapat tahan terhadap Rayap dan Jamur
  • Kayu ulin memiliki tingakt keras dan awet tinggi
  • Kayu ulin tahan terhadap perubahan suhu dan kelembapan
  • Kayu ulin sering digunakan untuk cendera Mata

Kekurangan Kayu Ulin Kalimantan

Karena memang setiap jenis kayu memiliki kekurangan dan pada jenis kayu ulin tidak banyak kekurangan yang dimilikinya, yaitu hanya:
  • Kayu ulin sedikit Sulit jika dipaku karena teksturnya yang keras
  • Harganya yang relatif mahal
Bagaimana? tertarik dengan menggunakan material atau bahan baku dari Kayu Ulin ?

Demikianlah pembahasan dari kayu ulin dengan karakteristiknya. Terimakasih telah membaca artikel ini hingga selesai, dan selamat menikmati hunian terbaik dari material terbaik Kayu Ulin.

Untuk informasi seputar produk dekorasi dari kayu ulin seperti decking kolam renang, plafon atau lambersering dapat berkonsultasi bersama kami secara gratis.

OUR PRODUCK

Untuk Informasi atau Pemesanan Produk, bisa langsung menghubungi team marketing kami Nurwahid ✆ 0821-4444-8887 Chat Via WA ☎ (021) 5397273

Lantai kayu jati

Lantai Kayu Jati

salah satu produk Lantai Kayu yang terpopuler karena tingkat keawetan serta keindahan serat yang dimiliki, Harga Lantai Kayu jati mulai Rp 220.000,- per meter persegi Selengkapnya

Lantai kayu Merbau

Lantai kayu Merbau

Memiliki serat kayu minimalis dan tegas, memiliki tingkat keawetan yang sangat baik, cocok untuk gunakan untuk rumah rumah modern. Harga Lantai Kayu merbau mulai Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Vinyl

Lantai kayu Vinyl

Kelebihan Lantai Kayu Vinyl adalah sisitem pemasangan yang simple, serta biaya pasang yang murah, salah satu alternatif lantai kayu murah, Harga Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Kayu Laminated

Lantai kayu Laminated

Ragam corak Lantai Kayu Laminated banyak pilihan, bisa di bongkar pasang, cocok untuk penggunaan untuk apartement, pemasangannya mudah dan cepat. Harga Rp 210.000,-/ per meter persegi. Selengkapnya

Decking bengkirai

Decking kayu Bengkirai

Di luar negri di kenal dengan yellow ballau, penggunaan untuk area outdoor, memiliki sifat tahan terhadap kebusukan serta terpaan air hujan langsung. Harga Mulai Rp 380.000,- /meter persegi. Selengkapnya

Decking Ulin

Decking kayu Ulin

Termasuk 10 jenis Kayu terkuat di dunia, tingkat keawetan bisa seumur hidup.Apabila terkena air dalam jangka waktu lama, struktur kayu makin padat, tidak akan terjadi pembusukan. Harga Mulai Rp 730.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Decking Merbau

Decking kayu merbau

Kayu merbau memiliki karakteristik yang tahan untuk penempatan area outdoor, tidak perlu khawatir, meskipun terkena panas dan hujan langsung kayu akan rusak. Harga Decking kayu Merbau Mulai Rp 430.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Plafon kayu

Plafon kayu Lumberceiling

Selain untuk Plafon kayu, bisa juga digunakan untuk bahan dinding kayu, tersedia dari bahan kayu Bengirai dan bahan kayu Ulin. Harga mulai Rp 280.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Papan tangga Merbau

Papan tangga kayu Merbau

Ukuran telah di sesuaikan dengan tandar ukuran tangga, bisa custom ukuran.Tersedia papan tangga tanpa sambung dan sambung 2 layer, serta pilihan papan tangga polos atau dengan antislip. Harga mulai Rp 200.000,-/Pcs. Selengkapnya

London

Papan tangga kayu Jati

Papan tangga kayu jati salah satu produk yang cukup sulit, Karena ketersediaan bahan baku yang semakin susah. untuk pemesanan papan tangga jati tanpa sambung indent 1 bulan. Harga mulai Rp 400.000,-/Pcs. Selengkapnya

Produk Berkualitas, dan Bergaransi.Layanan pemesanan untuk seluruh wilayah Indonesia.