Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ㅤTeleponWhatsAppㅤ tokopedia toko lantai kayu shopee toko lantai kayu ☏ Office (022) 6078505

Kenali Karakteristik Pohon Keruing & Manfaat Dari Kayunya!

Kayu Keruing

Kayu Keruing (dipterocarpus- Beberapa interior rumah pasti membutuhkan material yang kuat dan tahan lama, ditambah jika material tersebut harus digunakan untuk area luar ruangan. Area luar ruangan tentunya membutuhkan material yang kuat dan tahan akan berbagai macam cuaca. 

Decking kayu yang biasa digunakan untuk area luar ruangan, namun tidak semua jenis kayu dapat digunakan untuk decking outdoor, melainkan hanya beberapa kayu saja yang bisa digunakan, seperti kayu ulin, bengkirai, merbau dan keruing. 


kayu keruing

Mungkin sebagian dari Anda sudah mengetahui jenis dan karakter dari kayu yang disebutkan diatas, tapi apakah Anda tahu dengan Kayu keruing? 

Kayu keruing merupakan jenis kayu yang memiliki keunggulan dan manfaat yang tinggi, yuk kita bahas manfaat dan karakteristiknya berikut ini:

Karakteristik Pohon Keruing dan Asal muasalnya 

Pohon Keruing 

Pohon keruing merupakan jenis pohon yang memiliki ukuran tinggi besar dengan batang pohonnya yang sering dimnafaatkan untuk beberapa kebutuhan perkayuan dan kontruksi.

pohon keruing

Kayu Keruing merupakan pohon yang berasal dari Indonesia, jenis kayu ini sangat terkenal di Mancanegara dan banyak diekspor karena memiliki daya jual yang tinggi.

Dengan banyaknya permintaan dari kayu keruing, membuat jenis kayu satu ini kian mengkhawatirkan bahkan bisa sampai punah. Kayu keruing juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan lain dan tidak hanya digunakan untuk kebutuhan pertukangan saja.

Sebaran dari Kayu Keruing

pohon keruing

Pohon keruing sudah tersebar di beberapa daerah asia tenggara seperti, Sri Lanka, Cina, Thailand, Filipina dan tentunya di Indonesia. Pohon keruing itu sendiri sering ditemukan dibeberapa wilayah di Indonesia, seperti kalimantan, Sumatera, Sumbawa, Bali dan Jawa.


Penyebaran dari pohon keruing dapat ditemukan disebelah barat Malaysia hingga wilayah Indonesia, istilah malesia merupakan penyebutan dalam biografi yang berarti wilayah yang membentang dalam zona ekologi Indomalaya, seperti Malaysia, Indonesia, Brunei, Papua dan Ausralia.

Karakteristik dari Kayu Keruing

Berat Kayu Keruing

Pohon keruing merupakan kayu yang banyak dimanfaatkan dalam dunia pertukangan dan kontruksi, karena kayu keruing memiliki ketahan yang cukup tinggi dan termasuk kedalam kayu awet kelas II dan kayu kuat kelas II, berat dari kayu keruing mencapai sekitar 0,51 sampai 1,01 kg.

Warna dan Teksture kayu Keruing

Pada umumnya kayu keruing memiliki warna merah kecoklat-coklatan dan ada juga beberapa kayu yang memiliki warna kuning kecoklatan, dilansir bahwa kayu keruing memiliki serat dan warna yang mirip dengan kayu jati. Tekstur dari kayu keruing terbilang agak kasar.

kayu keruing

Tidak hanya itu karena kayu keruing dapat dimanfaatkan untuk beberapa kebutuhan lainnya, yuk catat manfaat yang bisa dihasilkan dair kayu keruing.

Manfaat Kayu Keruing

Berikut ini beberapa manfaat dari pohon keruing, antara lain :

1. Minyak Kayu Keruing

Tidak hanya dimanfaatkan kayunya saja, melainkan kayu keruing dapat dimanfaatkan minyak atau getahnya. Minyak ini sering disebut dengan minyak lagan dan memiliki banyak manfaatnya. Salah satu contohnya, minyak kayu keruing dapat digunakan untuk industri pembuatan kosmetik.

2. Digunakan untuk kebutuhan Arang

Kayu keruing juga sering dimanfaatkan bagi beberapa masyarakat atau warga lokal sebagai kayu arang untuk bahan bakar dari dapur sehari-hari.

3. Dimanfaatkan untuk dunia pertukangan

Karakteristik yang kuat membuat kayu keruing dapat dimanfaatkan untuk dunia pertukangan, Antara lain : 
  • Bahan Kontruksi Bangunan
  • Pembuatan mebel
  • Bahan Baku kertas 
dengan begitu, banyaknya para supplier membuat bahan material dari kayu keruing,  karena kayunya yang memiliki keunikan dan daya jual yang tinggi. berikut akan kami sampaikan beberapa produk dari kayu Keruing

Produk - Produk terbaik dari Kayu keruing 

Jika tadi Anda mengenal karakteristik dan manfaat dari Kayu keruing, Namun anda jangan khawatir, karena Anda masih bisa merasakan bagaimana keunggulan dari kayu keruing dengan menggunakan produk terbaik. Berikut produk terbaik

Produk Flooring Kayu keruing

Flooring merupakan produk yang digunakan untuk Lantai Indoor, produk satu ini bertujuan untuk menampilan lantai rumah Anda semakin lebih estetik dan nyaman.



 
Produk flooring kayu keruing merupakan produk unggulan kayu keruing, karena produk tersebut sudah banyak digunakan oleh berbagai macam kalangan. Maka dari itu, jika Anda belum mencoba produk satu ini, kami pastikan Anda akan menyesal. 

Produk Decking Kayu Keruing

Jika flooring digunakan untuk lantai kayu indoor, berbeda dengan produk decking kayu keruing yang merupakan produk untuk Area lantai Outdoor. Sungguh komplit bukan lantai indoor ada, Outdoornya pun juga Ada. 



Dikenal harus memiliki ketahan dan tingkat awet yang tinggi, ternyata kayu keruing dapat mencapai itu semua. oleh sebab itu kayu keruing bisa digunakan untuk Lantai kayu Outdoor, Yuk coba!

Plapon dan Lambersering kayu Keruing

Untuk Anda yang ingin menggunakan penutup atap dengan kayu keruing, tenang karena produk dari kayu keruing tidak hanya untuk lantai saja, melainkan kayu keruing dapat digunakan untuk penutup dinding. 


Menggunakan penutup dinding dari kayu dapat membuat rumah Anda semakin nyaman dan sejuk, karena yang sudah dibahas tadi bahwa kayu dapat memberikan udara yang sejuk. Yuk segera pakai!


Bagaimana? sudah yakinkah Anda menggunakan Kayu keruing? atau Anda masih ragu? Tenang kami akan memberikan beberapa uraian mengenai Kelebihan dari Kayu Keruing.

Kelebihan dari Kayu Keruing

  • Kayu keruing memiliki tingkat keras dan awet yang tinggi
  • Corak dan warna kayu keruing merupakan warna yang cocok untuk digunakan sebagai material rumah
  • Dapat digunakan untuk beberapa interior rumah
  • Memiliki harga yang lebih murah dibanding kayu jati
  • Kualitas dari Kayu keruing bisa dibandingkan dengan Kayu Jati.
Dengan harga yang tejangkau Anda sudah dapat mengugnakan kayu dengan spesifikasi yang tinggi, mungkin Anda akan menyesal jika idak menggunakan kayu jenis keruing

Jadi, Produk mana yang akan Anda gunakan? 

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan dari Pohon keruing dan Manfaat yang dihasilkannya.
Terimakasih Telah membaca artikel ini hingga tuntas, dan Selamat menikmati hunian terbaik dengan Material kayu Berkualitas.

OUR PRODUCK

Untuk Informasi atau Pemesanan Produk, bisa langsung menghubungi team marketing kami Nurwahid ✆ 0821-4444-8887 Chat Via WA ☎ (021) 5397273

Lantai kayu jati

Lantai Kayu Jati

salah satu produk Lantai Kayu yang terpopuler karena tingkat keawetan serta keindahan serat yang dimiliki, Harga Lantai Kayu jati mulai Rp 220.000,- per meter persegi Selengkapnya

Lantai kayu Merbau

Lantai kayu Merbau

Memiliki serat kayu minimalis dan tegas, memiliki tingkat keawetan yang sangat baik, cocok untuk gunakan untuk rumah rumah modern. Harga Lantai Kayu merbau mulai Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Vinyl

Lantai kayu Vinyl

Kelebihan Lantai Kayu Vinyl adalah sisitem pemasangan yang simple, serta biaya pasang yang murah, salah satu alternatif lantai kayu murah, Harga Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Kayu Laminated

Lantai kayu Laminated

Ragam corak Lantai Kayu Laminated banyak pilihan, bisa di bongkar pasang, cocok untuk penggunaan untuk apartement, pemasangannya mudah dan cepat. Harga Rp 210.000,-/ per meter persegi. Selengkapnya

Decking bengkirai

Decking kayu Bengkirai

Di luar negri di kenal dengan yellow ballau, penggunaan untuk area outdoor, memiliki sifat tahan terhadap kebusukan serta terpaan air hujan langsung. Harga Mulai Rp 380.000,- /meter persegi. Selengkapnya

Decking Ulin

Decking kayu Ulin

Termasuk 10 jenis Kayu terkuat di dunia, tingkat keawetan bisa seumur hidup.Apabila terkena air dalam jangka waktu lama, struktur kayu makin padat, tidak akan terjadi pembusukan. Harga Mulai Rp 730.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Decking Merbau

Decking kayu merbau

Kayu merbau memiliki karakteristik yang tahan untuk penempatan area outdoor, tidak perlu khawatir, meskipun terkena panas dan hujan langsung kayu akan rusak. Harga Decking kayu Merbau Mulai Rp 430.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Plafon kayu

Plafon kayu Lumberceiling

Selain untuk Plafon kayu, bisa juga digunakan untuk bahan dinding kayu, tersedia dari bahan kayu Bengirai dan bahan kayu Ulin. Harga mulai Rp 280.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Papan tangga Merbau

Papan tangga kayu Merbau

Ukuran telah di sesuaikan dengan tandar ukuran tangga, bisa custom ukuran.Tersedia papan tangga tanpa sambung dan sambung 2 layer, serta pilihan papan tangga polos atau dengan antislip. Harga mulai Rp 200.000,-/Pcs. Selengkapnya

London

Papan tangga kayu Jati

Papan tangga kayu jati salah satu produk yang cukup sulit, Karena ketersediaan bahan baku yang semakin susah. untuk pemesanan papan tangga jati tanpa sambung indent 1 bulan. Harga mulai Rp 400.000,-/Pcs. Selengkapnya

Produk Berkualitas, dan Bergaransi.Layanan pemesanan untuk seluruh wilayah Indonesia.