Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ㅤTeleponWhatsappㅤ tokopedia toko lantai kayu shopee toko lantai kayu ☏ Office (022) 6078505

Lantai Kayu Sonokeling : Mengenal Karakteristik & Harga Produk Terlengkap!

lantai kayu sonokeling

Dalam industri jual lantai kayu terdapat banyak sekali variasi jenis kayu yang digunakan untuk bahan dasarnya tetapi satu hal yang pasti semua jenis tersebut rata-rata berasal dari golongan kayu dengan tingkat kekerasan dan kekuatan yang tinggi seperti Jati, Sonokeling, Bengkirai, Merbau dan juga Kayu Ulin.

Di artikel kali ini kita akan membahas tentang Salah satu jenis lantai kayu tersebut yaitu lantai kayu sonokeling. 

Kayu yang satu ini terkenal di indonesia sebagai kayu mewah dikarenakan motif dan corak yang dimilikinya terkesan eksotis dan ekslusif, dengan warna hitam yang tidak terlalu pekat ditambah dengan selingan warna krem membuat sonokeling menjadi lantai kayu yang paling elegan dalam kelasnya.

Sebelum Anda lebih mengenal produk lantai kayu sonokeling, alangkah baiknya Anda mengenal terlebih dahulu bagaimana karakteristik dan asal muasal dari kayu sonokeling satu ini, Berikut informasinya: 

Karakteristik Kayu Sonokeling 

Tingkat keras Kayu Sonokeling

Kayu sonokleing merupakan kayu yang termasuk dalam kategori kayu keras, seperti yang sudah dibahas diawal. Kayu jenis ini memiliki berat jenis pada angka 0,77 hingga 0,86 dengan kadar air 15%. 

Kayu Sonokeling memiliki serat yang agak lurus dan ada juga yang memiliki serat bergelombang, hal tersebut dibedakan dari dimana kayu sonokeling ditanam. 

Warna Kayu Sonokeling

Kayu Keras atau bagian tengah dari kayu sonokeling memiliki warna yang unik, yaitu berwarna Cokelat kehitaman, namun ada yang memiiki corak loreng dengan warna cokelat  tua. 


Sedangkah gumbal dari batang kayu sonokeling berwarna putih atau berwarna putih kekungingan dengan ketebalan bisa mencapai 5 cm.

Kayu Sonokeling juga terkenal dengan kayu yang mudah diolah, bahkan kayu sonokeling bisa dibubut atau bisa diberi pelitur sehingga hasil dari pengolahan kayu sonokeling semakin sempurna dan Mewah

Untuk mengolah kayu sonokeling, sebaiknya menggunakan mesin dan tidak dengan cara memahatnya karena akan cukup sulit dan bisa memakan banyak waktu. Maka dari itu, kayu sonokeling bisa di manfaatkan untuk beberapa kebutuhan bahan bangunan seperti Lantai kayu.

Berikut beberapa daftar harga Produk Lantai Kayu Sonokeling

Daftar Harga Lantai Kayu Sonokeling

Nama Produk Ukuran Produk Harga Produk
Sonokeling Grade A 1,5 cm x 9 cm x 40 - 70 cm Rp 550.000,-
Flooring FJL Sonokeling 1,5 cm x 10 cm x 120 cm Rp 350.000,-
Flooring FJL 1,5 cm x 10 cm x 120 cm Rp 350.000,-
Flooring Grade B 1,5 cm x 9 cm x 30 - 90 cm Rp 420.000,-

*Harga diatas belum termasuk biaya pemasangan

Keunggulan dan kelemahan Kayu Sonokeling

Keunggulan Kayu Sonokeling

Kayu Sonokeling memiliki beberapa keunggulan lho, diantaranya kayu sonokeling memiliki tekstur yang halus sehingga Kayu sonokeling sangat cocok untuk dijadikan aneka furniture dan lantai kayu.
 
dengan memiliki tekstur halus, membuat Anda tidak perlu bersusah payah mengaplas atau membuat banyak lapisan awal kayu terlebih dahulu.

Keunggulan lainnya yaitu kayu sonokeling terkenal dengan kayu yang awet dan keawetan dari kayu sonokeling mampu menyaingi kayu jati karena kayu sonokeling tak hanya tahan lama saja, 

melainkan kayu sonokeling anti rayap. Kayu ini juga mampu menangkal jamur yang bisa membuat kayu menjadi lebih cepat busuk.

Hal tersebut membuat Anda tidak perlu meambahkan obat-obatan atau penangkal anti jamur dan rayap. karena kayu sonokeling memiliki getah alami untuk menangkal hal tersesbut. 

Sedangkan untuk pohonnya, kayu sonokeling dapat dipanen hingga 2 kali sehingga cukup effisien untuk para produsen kayu sonokeling, karena setelah 2 kali panen. Pohon sonokeling mampu tumbuh kembali.

Kelemahan Kayu Sonokeling

Kayu sonokeling berada di satu kelas dengan kayu jati, bahkan kayu sonokeling hampir tidak memiliki kelemahan ada kayunya. 



Walaupun ada, kayu sonokeling hanya disukai oleh beberapa orang saja karena kayu tersebut memiliki warna yang gelap dan tidak banyak orang yang menyukainya.

Namun, hal tersebut tidak akan menjadi masalah untuk Anda yang memiliki jiwa-jiwa seni yang tinggi, Hal tersebut akan sangat cocok jika Anda memiliki furniture atau lantai kayu dengan Kayu sonokeling yang cantik. 

Jika tadi sudah dibahas bahwa kayu sonokeling dapat dimanfaatkan untuk material interior lantai kayu, ternyata kayu sonokeling dapat dijadikan untuk beberapa manfaat lainnya lho, berikut informasinya : 

Manfaat lain Kayu Sonokeling

kayu sonokeling tak hanya dapat dimanfaatkan untuk lantai kayu saja, melainkan kayu sonokeling dapat dimanfaatkan untuk aneka furniture seperti Lemari, Meja, Rak, kursi, dan sebagainya.


karena Corak dan warna kayu yang memiliki warna yang mewah dan cantik membuat kayu jenis ini sayang jika tidak digunakan untuk kebutuhan furniture. 

jika tadi mengungkit bahwa kayu sonokeling hampir sama karkateristiknya dengan kayu jati, namun apa saja perbandingan dari kedua kayu tersebut? berikut informasinya : 

Persamaan Lantai Kayu jati & Lantai Kayu Sonokeling


Sudah kita ketahui, bahwa kayu jati memiliki warna kuning kecoklatan dengan serat kayu yang mengembang, dan sedangkan kayu sonokeling memiliki warna hitam dengan serat yang hampir miri denga  kayu jati. 

Hal tersebut menjadi persamaan dari kayu jati dan kayu sonokeling, karena halnya kayu jati nampak seperti kayu sonokeling walau hanya berbeda warna dasarnya saja. 

Kedua jenis kayu tersebut tentunya memiliki karakteristik yang sama karena kayu jati dan kayu sonokeling terkenal dengan sifat keras dan awetnya yang tinggi. Hal tersebut membuat Anda dapat memilih kedua jenis kayu tersebut sebagai alternatif lantai kayu


Namun, perbandingan kedua jenis tersebut terapatok pada harganya saja. Karena kayu jati memiliki harga yang lebih tinggi dibanding kayu sonokeling. 

Bagaimana? jenis kayu mana yang ingin Anda gunakan? 

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan mengenai Kayu Sonokeling, terimakasih telah membaca artikel ini hingga tuntas, dan selamat menikmati Hunian terbaik Anda dengan Material kayu berkualitas.

OUR PRODUCK

Untuk Informasi atau Pemesanan Produk, bisa langsung menghubungi team marketing kami Nurwahid ✆ 0821-4444-8887 Chat Via WA ☎ (021) 5397273

Lantai kayu jati

Lantai Kayu Jati

salah satu produk Lantai Kayu yang terpopuler karena tingkat keawetan serta keindahan serat yang dimiliki, Harga Lantai Kayu jati mulai Rp 220.000,- per meter persegi Selengkapnya

Lantai kayu Merbau

Lantai kayu Merbau

Memiliki serat kayu minimalis dan tegas, memiliki tingkat keawetan yang sangat baik, cocok untuk gunakan untuk rumah rumah modern. Harga Lantai Kayu merbau mulai Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Vinyl

Lantai kayu Vinyl

Kelebihan Lantai Kayu Vinyl adalah sisitem pemasangan yang simple, serta biaya pasang yang murah, salah satu alternatif lantai kayu murah, Harga Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Kayu Laminated

Lantai kayu Laminated

Ragam corak Lantai Kayu Laminated banyak pilihan, bisa di bongkar pasang, cocok untuk penggunaan untuk apartement, pemasangannya mudah dan cepat. Harga Rp 210.000,-/ per meter persegi. Selengkapnya

Decking bengkirai

Decking kayu Bengkirai

Di luar negri di kenal dengan yellow ballau, penggunaan untuk area outdoor, memiliki sifat tahan terhadap kebusukan serta terpaan air hujan langsung. Harga Mulai Rp 380.000,- /meter persegi. Selengkapnya

Decking Ulin

Decking kayu Ulin

Termasuk 10 jenis Kayu terkuat di dunia, tingkat keawetan bisa seumur hidup.Apabila terkena air dalam jangka waktu lama, struktur kayu makin padat, tidak akan terjadi pembusukan. Harga Mulai Rp 730.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Decking Merbau

Decking kayu merbau

Kayu merbau memiliki karakteristik yang tahan untuk penempatan area outdoor, tidak perlu khawatir, meskipun terkena panas dan hujan langsung kayu akan rusak. Harga Decking kayu Merbau Mulai Rp 430.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Plafon kayu

Plafon kayu Lumberceiling

Selain untuk Plafon kayu, bisa juga digunakan untuk bahan dinding kayu, tersedia dari bahan kayu Bengirai dan bahan kayu Ulin. Harga mulai Rp 280.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Papan tangga Merbau

Papan tangga kayu Merbau

Ukuran telah di sesuaikan dengan tandar ukuran tangga, bisa custom ukuran.Tersedia papan tangga tanpa sambung dan sambung 2 layer, serta pilihan papan tangga polos atau dengan antislip. Harga mulai Rp 200.000,-/Pcs. Selengkapnya

London

Papan tangga kayu Jati

Papan tangga kayu jati salah satu produk yang cukup sulit, Karena ketersediaan bahan baku yang semakin susah. untuk pemesanan papan tangga jati tanpa sambung indent 1 bulan. Harga mulai Rp 400.000,-/Pcs. Selengkapnya

Produk Berkualitas, dan Bergaransi.Layanan pemesanan untuk seluruh wilayah Indonesia.